Viral, Kucing Piaraan Gus Sholah ‘Bersedih’ dan Tidur di Makam

Tersebar photo yang cukup menggelitik usai meninggalnya penjaga pondok pesantren tebuireng jombang kh salahuddin wahid (gus sholah).

kucing yang sepanjang ini dipelihara oleh gus sholah seolah turut bersedih kala ditinggal si majikan.

kucing bercorak campuran gelap putih tersebut tidur di sebelah makam gus sholah. terdapat pula photo kucing itu berbaring di atas peti jenazah.

tentu aja, beredarnya 2 photo lewat media sosial memantik pendapat panjang.

terlebih di photo itu diberi tulisan ‘dan kucing - kucing di rumah gus sholah juga terasa ketiadaan beliau’.

pengurus pesantren tebuireng jombang teuku azwani membetulkan potret - potret tersebut.

bagi azwani, photo kucing berbaring di makam gus sholah itu benar asli. terlebih lagi azwani seorang diri yang mengabadikan momen tersebut.

“saya yang memotret kucing itu dikala tidur di makam, ialah pada jumat 7 februari kemarin, ” kata azwani kala dikonfirmasi, minggu (9/2/2020).

azwani mengatakan, sepanjang hidup gus sholah gemar memlihara kucing. bukan cuma tipe anggora, kucing kampung sekalipun dirawat.

hewan - hewan tersebut dibuatkan rumah spesial di kediaman gus sholah.

“dikasih makan, dimandikan, terlebih lagi bahwa sakit pula dibawa ke dokter, ” ucap azwani berkisah.

“makanya begitu ditinggal dia (gus sholah) , kucing - kucing itu seolah terasa ketiadaan. sementara itu, pada hari - hari biasa (saat sebelum gus sholah wafat) , hewan itu tidak sempat bermain di makam. aku pula heran. kok kucing itu tidur di makam, makanya aku abadikan sketsanya, ” ucap azwani.

gus sholah mengembuskan napas terakhirnya pada minggu (2/2/2020) dekat jam 20. 55 di rumah sakit harapan kita jakarta usai menempuh pembedahan penyakit jantung.

gus sholah merupakan penjaga pesantren tebuireng yang ketujuh ataupun 2006 sampai 2020, semenjak generasi si kakek kh hasyim asy’ari (penjaga tebuireng 1899 - 1947).

gus sholah, lahir di jombang 11 september 1942. mantan wakil kepala komnas ham ini menggambarkan putra ketiga dari 6 bersaudara dari pendamping kh wahid hasyim dan juga nyai hj. sholihah.

gus sholah menempuh tarbiyah universal mulai dari sd perwari salemba, smp negara 1 cikini, setelah itu sma negara 1 budi utomo sampai menamatkan kuliahnya di jurusan arsitek itb (institut teknologi bandung).









( Sumber: Berbagai Informasi Online )