Kisah Mantan Tukang Becak Lulusan SD yang Menjadi Pengusaha Sukses di Swiss

Siapa sangka bila perilaku jujur nyatanya sanggup mengganti kehidupan seorang jadi lebih baik dari sebelumnya. mirip pada kisah - kisah di sinetron, tetapi perihal ini benar nyata terjalin pada kehidupan seseorang laki - laki bernama pono geneng. dari yang lampaunya cuma seseorang tukang becak di yogyakarta, laki - laki lulusan sd ini sukses jadi pengusaha kaya raya.

tidak cuma itu, pono menggambarkan seseorang pengusaha di fribourg, swiss, yang fasih berbahasa asing serupa inggris british dan juga inggris amerika, italia, jerman, dan juga perancis. jauh dari kehidupannya dulu bagaikan tukang becak, cerita laki - laki yang bersekolah di sd kepuh yogyakarta ini amat berliku dan juga penuh petuah yang inspiratif.

saat sebelum diketahui sukses bagaikan pengusaha, laki - laki bernama asli pujiono ini menggambarkan seseorang tukang becak yang biasa bawa sayur - mayur dari suatu tempat yang bernama geneng di prawirotaman, yogyakarta dekat tahun 1992. karna kerap berposisi di situ, nama geneng juga tersemat pada pribadinya. jadilah pono geneng pembawa sayur dengan becak miliknya.

walaupun cuma jadi seseorang tukang becak, toh pono mempunyai prinsip hidup sangat jarang yang tidak banyak dipunyai teman di negara sebesar indonesia ini, ialah kejujuran. terlebih lagi dengan perihal itu pula, siapa sangka bila nasib pono berbeda 180 derajat. kejadian itu berawal dikala pribadinya menciptakan suatu tas berisi duit dollar pada tahun 1992 di dekat prawirotaman, yogyakarta.

photo pono geneng dalam suatu peluang  
duit dollar yang berposisi di dalam tersebut bernilai sebesar rp42 miliyar. pada tahun 1992, jumlah demikian sangat besar. tentu perihal ini hendak jadi godaan untuk siapa aja yang memilikinya. tercantum pono yang pada dikala itu menciptakan tas tersebut. walaupun terasa memperoleh rezeki nomplok, dia tidak lalu terasa hitam mata.

tidak lama, pono juga bawa kembali tas tersebut dan juga ditunjukkan pada si bunda. “temuan duit tersebut aku ceritakan ke bunda, aku bilang kita dapat beli rumah, mobil dan juga lain - lain. ini duit banyak sekali, mobil carry yang bagus waktu itu biayanya rp 14 juta, ” kata pono geneng dikala bertutur di kediamannya, di fribourg, swiss yang dilansir dari news. koranbernas. id (08/02/2020).

pono geneng dalam suatu kegiatan 
karna disebutkan dapat dipakai buat membeli mobil, si bunda menasehatinya bila terjalin apa - apa (musibah) dengan mobil tersebut, malah jadi permasalahan yang menakutkan keluarganya. “kalau nanti nyetir terus terjalin suatu malah bablas (kecelakaan - red) , piye (gimana) malah medeni (seram) , ”ujar giyem si bunda.
kesimpulannya, pono juga mengembalikan duit tersebut ke pemiliknya – yang nyatanya berasal swiss bernama charli morandi dan juga si istri yang menginap di hotel garuda, sehabis mencari dan juga bertanya ke situ kemari. usai mengembalikan duit, pono tidak memperoleh ‘hadiah’ apa juga bagaikan balas jasa atas kejujurannya tersebut.

pono (amat kiri) berbarengan rekan - rekannya  
yang terdapat, malah becaknya yang lenyap karna tidak digembok dikala diparkir di areal hotel. ibarat pepatah, “sudah jatuh tertimpa tangga”, pono menerima nasibnya ketika itu dengan besar hati. “ya sudah ingin terlebih, kembali jalur kaki. seluruh aku ceritakan ke orang tua, ya gimana lagi, ” kata pono geneng yang dilansir dari news. koranbernas. id (08/02/2020).

dikala kesatu kali berangkat ke swiss  
tetapi tidak lama setelah itu, pendamping suami istri itu berulang menemui pono melalui alamat ktp yang difotonya dikala dia mengembalikan duit tersebut. keduanya langsung mengarah yogyakarta usai bepergian dari bali. oleh mereka, wujud pono dinilai istimewa karna kejujurannya yang luar biasa tersebut. pada tahun 1992 pula, tukang becak jujur itu kesimpulannya diajak ke swiss bagaikan ungkapan kerasa terima kasih mereka.
sepanjang berposisi di swiss, pono diajari trik bercocok tanam karna charli morandi dan juga istrinya nyatanya seseorang petani. 3 tahun lalu dihabiskan oleh pono dengan bertani. dia juga sudah dikira bagaikan anak seorang diri oleh pendamping suami istri asal swiss tersebut. sayang, kehangatan tersebut tidak lama terjalin lantaran orang tua angkatnya itu wafat dunia karna penyakit gula.

pono geneng masih bahagia jadi tukang becak dikala kembali ke rumahnya 
saat sebelum wafat dunia, charli morandi dan juga si istri mewasiatkan supaya segala harta dan juga kekayaanya diwariskan pada pono. di ujung kehidupannya itu, pendamping suami istri itu masih mengingat hendak kejujuran pono di masa kemudian. suatu perilaku yang sukses meluluhkan hati mereka. kesimpulannya sehabis 6 bulan kedua orang tuanya meninggal, segala harta kekayaan yang ditinggalkan jadi kepunyaan pono.
baca pula : cerita masa kemudian pengusaha ahmad sahroni yang pernah jadi tukang semir dan juga ojek payung

menempuh kehidupan di swiss, pono menempuh usaha bagaikan distributor kopi buat cafe - cafe yang berposisi di situ. terlebih lagi dikala kembali ke yogyakarta, dia tidak kurang ingat dengan rekan - rekannya sesama tukang becak dan juga sering turut ‘narik’ berbarengan mereka. pono juga dikira bagaikan wujud yang menginisiasi persatuan perkumpulan pengemudi becak prawirotaman (p2bp) di yogyakarta.




( sumber: Berbagai Media Online )