Jangan Takut Uang Habis Jika Diberikan Pada Istri Sendiri, Karena Istri Adalah Penyebab Dimudahkannya Rezeki Suami

Satu dinar yang kau belanjakan di jalur allah swt dan juga satu dinar buat istrimu. hingga yang amat besar pahalanya merupakan yang engkau bagikan pada istrimu. ” (hr. bukhari muslim)

hadits di atas menarangkan kalau harta yang dikasih kepada keluarga lebih utama daripada menafkahkan harta buat perjuangan islam.

kemudian gimana dengan seseorang lelaki yang memiliki istri tetapi kerap ditinggalkan dakwah. sebaliknya keadaan kanak - kanak dan istrinya tidak terurus?

rasulullah saw bagaikan nabi pembawa risalah dan juga berjuang menegakkan islam, tetapi dia tidak sempat mengabaikan kebutuhan lahir dan juga batin istri - istrinya.

rasulullah saw amat mencermati hak - hak kalangan hawa sampai - sampai nabi saw mengarahkan kalangan adam cara - cara memuliakan perempuan. dia amat tidak rela memandang seseorang istri yang mengidap akibat ulah suami yang amat pelit dan juga menelantarkan istrinya.

para suami hendaknya ketahui kalau nafkah yang ia bagikan pada keluarganya tidak bernilai percuma di depan allah swt. terlebih lagi, nafkah dapat terhitung bagaikan sedekahnya. sebagaimana bunyi hadits di dasar ini:


“apabila seseorang muslim membagikan nafkah pada keluarganya dan juga ia mengharapkan pahala dengannya hingga nafkah tadi dikira bagaikan sedekah. ” (hr. bukhari dan juga muslim)

satu suapan yang dikasih oleh suami kepada si istri dikira amalan sedekah oleh si suami.

“dan whatever yang engkau bagikan hingga itu dikira bagaikan sedekah bagimu hingga suapan yang kalian bagikan ke mulut istrimu. ” (hr. albukhari)

begitu besar penghormatan rasulullah kepada kalangan hawa sampai - sampai dia tidak bahagia dengan perilaku seseorang suami yang tidak bertanggung jawab kepadanya. beruntung sekali istri yang memiliki suami yang dermawan.

rasulullah menggambarkan suami yang amat dermawan kepada para istri. tidak hanya itu, dia pula dermawan terhadap teman, saudara, dan juga tetangganya.

kedermawanan rasululllah ini menjadikan si istri menyayangi dan juga sayang kepadanya. sampai - sampai istri terasa kalau suaminya merupakan yang amat sempurna di dunia ini.


( Sumber: Berbagai Informasi Online )