Hidupmah Sederhana Aja, Jangan Selalu Memandang Keatas!

allah menyarankan kita hidup sederhana… allah pula melarang kita buat berfoya - foya, terlebih hingga menuruti gengsi setelah itu meminjam duit riba. hiduplah simpel, karna ini nikmat yang hendak kita miliki. sudah jadi tabiat manusia, dia hendak lebih konsumtif menghamburkan duit, manakala mulai mengenyam kehidupan yang mapan dan juga kemudahan ekonomi. seolah - olah kekayaan kurang berarti banyak apabila pemiliknya tidak mempergunakannya buat keperluan yang lebih besar dan juga kemewahan.

begitu pula orang yang awal mulanya hidup pas - pasan, demi menuruti gengsi seluruh trik dicoba. yang lebih seram setelah itu terjerat riba, dan juga hukumnya pedih dunia akhirat.

allah subhanahu wa ta’ala berfirman :


وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

dan juga jikalau allah melapangkan rizki kepada hamba - hamba - nya tentulah mereka hendak melampaui batasan di wajah bumi, namun allah merendahkan apa yang dikehendaki - nya dengan dimensi. sebetulnya ia mahamengetahui (kondisi) hamba - hamba - nya lagi mahamelihat. [asy - syûra/42: 27].

agama islam menyarankan supaya umatnya sentiasa hidup simpel dalam seluruh aksi, perilaku dan juga amal.

islam merupakan agama yang berteraskan nilai kesederhanaan yang besar. kesederhanaan merupakan satu karakteristik yang universal untuk islam dan juga salah satu perwatakan utama yang membedakan dari umat yang lain.

rasulullah s. a. w. telah bersabda dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh imam tirmizi: yang maksudnya :

“ “sebaik - baik masalah itu merupakan pertengahannya””.

al - quran mengajak buat hidup simpel, bagi al - quran jalur yang tersadu merupakan jalur tengah. sebagaimana firman allah swt:

“dan orang - orang yang apabila membelanjakan (harta) , mereka tidak kelewatan, dan juga tidak (pula) kikir, dan juga merupakan (pembelanjaan itu) di tengah - tengah antara yang demikian”.. ( (AL) furqaan: 67)


interesting for youmgid

trik menciptakan duit dari ponsel anda

duit senantiasa tiba melimpah, bila barang ini terdapat dirumah!

kerja cuma 1 jam satu hari tetapi berpenghasilan 80 juta perbulan

wanita pelajar mengadakan diet buat orang malas. - 32 kilogram selamanya!
hidup berjalan ibarat roda. kadangkala berposisi di atas menangguk bermacam kenikmatan. tetapi siapa sangka, seketika berposisi di dasar, hidup penuh dengan kesusahan. sampai - sampai tidak terdapat pihak lain yang bersalah kecuali pribadinya seorang diri.

imam an - nawawi rahimahullah mencerahkan sebab berkaitan dengan larangan menghambur - hamburkan. dia rahimahullah mengatakan: “sesungguhnya pemborosan harta hendak menimbulkan orang meminta - minta apa yang dipunyai teman . sebaliknya pada pemeliharaan harta tercantunm kemaslahatan untuk dunianya. ada juga kestabilan maslahat duniawinya hendak mempengaruhi pada kemaslahatan agamanya. karena dengannya, seorang mampu fokus dalam urusan - urusan akhiratnya”

nikmat hidup sederhana

tentu aja, oarang yang hidup simpel hendak mempunyai kerasa damai dan juga pula tenang. ada juga ditinjau dari aspek khasiat, perintah buat tidak bergaya hidup berfoya - foya, mempunyai pengaruh positif yang berulang kepada diri orang tersebut.

ia hendak lebih gampang menyesuaikan diri mengalami tiap pergantian dalam mengalami kehidupan. kadangkala mengasyikkan dan juga kadangkala wajib hidup penuh keprihatinan. dan juga seandainya kondisi ekonomi keluarga ditakdirkan hadapi kesusahan, hingga paling tidak seorang itu tidak terlampau kaget dengan pergantian yang terjalin secara seketika.

syaikh al - ‘utsaimin rahimahullah mengatakan: “orang yang terbiasa hidup dalam kemewahan, hendak merasakan susah mengalami bermacam kondisi. karena, tidak menutup mungkin tiba kepadanya persoalan - persoalan yang tidak membolehkan orang tersebut menyelesaikannya dalam kenyamanan”.

nilai positif lain dari trik hidup simpel, mampu mendesak seorang jadi individu yang pandai bersyukur dan juga toleran, menghargai nikmat - nikmat allah sekecil whatever.

karna masih banyak orang yang berposisi di bawahnya secara ekonomi. dengan itu, keimanannya hendak meningkat.

rasulullah saw bersabda, “perhatikanlah orang yang berposisi di bawahmu dan juga jangan kalian mencermati orang yang berposisi di atasmu, karna yang demikian itu lebih pantas supaya kalian seluruh tidak menyangka sepele nikmat allah yang telah dikaruniakan kepadamu. ” (hr bukhari dan juga muslim).

firman allah swt:

“ketahuilah kalau sebetulnya kehidupan dunia itu cumalah game dan juga sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan juga bermegah - megah antara kalian dan berbangga - banggaan tentang banyaknya harta dan juga anak, serupa hujan yang tanam - tanamannya luar biasa para petani; setelah itu tumbuhan itu jadi kering dan juga kalian amati rupanya kuning setelah itu jadi sirna. dan juga di akhirat (nanti) terdapat azab yang keras dan juga ampunan dari allah dan keridhaan - nya. dan juga kehidupan dunia ini tidak lain cumalah kesenangan yang menipu, ” (qs al - hadid: 20).

yang butuh kita ingat, kebahagiaan hakiki tidaklah cuma di dunia tetapi pula di akhirat. demikian, wallahu a’lam.


( sumber: bermacam media online )