6 Keistimewaan Bulan Rajab yang Bakal Membuatmu Ogah Berbuat Maksiat

dalam kalendar islam, ada 12 bulan yang tiap - tiap mempunyai ciri. sebagian di antara lain mempunyai keistimewaan karna dimuliakan oleh nabi muhammad saw dan juga umat islam. salah satunya merupakan bulan rajab, bulan ketujuh di penanggalan hijriyah yang dikala ini telah kita masuki.

nama bulan rajab berasal dari kata tarjib, yang berarti terhormat. dari namanya aja dapat kita tebak bahwa rajab tidaklah bulan biasa. walaupun kemuliaannya tidak lebih dari ramadhan, bulan rajab pula berikan peluang pada umat muslim buat melaksanakan penebusan dosa dan juga mengumpulkan pahala sebanyak - banyaknya. tidak hanya itu, rajab pula mempunyai banyak keistimewaan.


bulan haram

tahan diri dari seluruh perbuatan maksiat [image source]
allah berfirman: “sesungguhnya bilangan bulan pada sisi allah merupakan 2 belas bulan, dalam ketetapan allah di waktu ia menghasilkan langit dan juga bumi, di antara lain 4 bulan haram. seperti itu (ketetapan) agama yang lurus, hingga janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang 4 itu. ” (qs. at taubah: 36)
bulan rajab tercantum ke dalam 4 bulan haram berbarengan dengan bulan dzulhijjah, dzulqa’dah, muharram. bulan haram merupakan saat - saat allah mengharamkan kita menyakiti teman , whatever dalihnya. menyakiti teman aja dilarang, terlebih menyakiti diri seorang diri. kita pula diajarkan menjauhi seluruh perbuatan dosa karna perhitungannya di bulan ini hendak dilipatgandakan.


bulan dengan imbalan surga

memperbanyak sholawat dan juga doa [image source]
manusia tidak sempat luput dari dosa. tetapi bukan berarti seluruh orang hendak masuk ke dalam neraka. barangsiapa yang berpuasa dan juga beribadah di bulan rajab, hingga allah hendak menutup pintu - pintu neraka menurutnya dan juga membukakan pintu surga. di dalam surga, ada sungai yang airnya cuma dapat diminum oleh mereka yang berpuasa dan juga membaca sholawat di bulan rajab.

bulan dengan pahala berlipat ganda

menikah tercantum ibadah dan juga amat diajarkan dicoba di bulan rajab [image source]
di bulan istimewa ini, siapa aja yang berpuasa sepanjang satu hari, hingga dia seakan - akan telah berpuasa sepanjang satu bulan. luar biasa, kan! kapan lagi kita dapat memperoleh pahala puasa sebanyak itu cuma dalam waktu satu hari. pastinya, tidak hanya puasa, pahala dari ibadah yang lain pula dihitung berkali lipat lebih banyak dari lazimnya.
bulannya allah

pintu ampunan dibuka saat ini [image source]
ini merupakan keistimewaan tersadu di antara yang lain. rasulullah saw bersabda: “rajab itu bulannya allah, sya’ban bulanku, dan juga ramadan bulannya umatku. ” para ulama menafsirkan hadis tersebut bagaikan rajab bulan istigfar, sya’ban bulan sholawat atas nabi muhammad, dan juga ramadhan bulan al - qur’an. nah, siapa sih yang tidak ingin beribadah di waktu - waktu istimewa ini?
bulan isra’ mi’raj

ilustrasi buraq, kendaraan yang bawa nabi muhammad ke sidratul muntaha [image source]
kapan tepatnya isra’ mi’raj terjalin benar masih jadi perdebatan. tetapi diyakini, kejadian agung dan juga suci tersebut terjalin pada bertepatan pada 27 rajab. ini menaikkan keistimewaan rajab. di bulan inilah nabi muhammad saw menemukan perintah buat melakukan sholat 5 waktu.
bulan buat menyongsong ramadhan

puasa minimun satu hari di bulan ini [image source]
bulan ramadhan merupakan waktu yang amat dinanti kalangan muslim. tiap hari mengarah bulan suci ini merasa istimewa. rajab jatuh 2 bulan saat sebelum ramadhan. tiap kali merambah rajab, umat muslim bersuka cita karna itu berarti ramadhan hendak lekas datang.
malam kesatu di bulan rajab benar malam yang amat istimewa bila dibandingkan malam - malam yang lain. walaupun momen itu di tahun ini sudah lalu, bukan berarti sudah terlambat untuk kita yang tidak ketahui keistimewaannya buat mulai beribadah. masih terdapat 27 hari lagi buat banyak memohon ampunan dan juga perbanyak amal ibadah.





( sumber: https: //www. boombastis. com/keistimewaan - bulan - rajab/98050 )