Ternyata 4 Jenis Orang Ini Tidak Akan Tersentuh Api Neraka

Mau merasakan jilatan api neraka di badan kita? tentu tidak yaa.. .

jangankan api neraka, tersundut api dari korek ataupun putung rokok yang masih menyala aja sudah merasa nyeri di kulit.

nah, bila berharap tidak dijamah api neraka, jadilah salah 1 dari 4 tipe manusia serupa ini yang disabdakan oleh rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berikut ini:

‎ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ

" maukah kamu saya tunjukkan orang yang haram menurutnya tersentuh api neraka? "

para teman mengatakan,
" ingin, wahai rasulallah! "

dia menanggapi:
" (yang haram tersentuh api neraka merupakan) orang yang * " hayyin, layyin, qarib, sahl " *
(h. r. at - tirmidzi dan juga ibnu hiban)

apa itu hayyin? nyatanya yakni orang yang mempunyai ketenangan dan juga keteduhan lahir ataupun batin. cirinya tidak gampang memaki, melaknat teman , dan teduh jiwanya.

sudahkah kita mempunyai watak orang yang hayyin?

setelah itu layyin. ialah, orang yang lembut dan juga santun, baik dalam bertutur - kata ataupun berlagak ataupun berprilaku. tidak kesat, tidak semaunya seorang diri. lemah lembut dan juga senantiasa menginginkan kebaikan buat sesama manusia.

mirip dengan hayyin, layyin pula tidaklah jenis orang yang gampang mengatakan kesat ataupun jorok. tetap mengharapkan kebaikan buat teman .

berikutnya, jenis qarib. ialah, orang yang kilat dekat dengan siapa aja. kilat akrab, ramah dan juga lezat diajak bicara, mengasyikkan untuk orang yang diajak bicara. dan juga murah senyum bila berjumpa. tidak jutek ataupun galak pada teman .

terakhir, jenis sahl. ialah, orang yang mempermudah urusan teman /sesama. ringan tangan orang yg tidak mempersulit suatu. senantiasa terdapat pemecahan untuk tiap kasus.

subhanallah.. . mudah - mudahan kita jadi penggalan dari orang - orang yang allah haramkan api neraka atasnya






(sumber: majalahummi. com  )