Perhatikan ini Waktu-Waktu yang Diharamkan Untuk Sholat Dhuha

Hati - hati, jangan shalat dhuha pada waktu - waktu ini

sering - kali seorang bimbang kapan wajib melakukan shalat dhuha. nah, seperti makan, shalat dhuha ini dilaksanakan pada pagi hari sampai saat sebelum datangnya adzan dzuhur. namun, jangan hingga kamu shalat pada waktu - waktu yang diharamkan. kapankah itu?

dikutip dari islampos, waktu kesatu yang diharamkan buat melakukan shalat dhuha merupakan kala seusai shubuh sampai matahari tersebut timbul ataupun memperlihatkan mukanya dekat jam 06. 00 - o7. 30. waktu kedua yang diharamkan buat melaksanakan shalat dhuha merupakan kala merambah dzuhur sampai tergelincirnya matahari ataupun jam 11. 30 - 12. 15.

baca pula : mencuri kain kafan, penggali kubur ini malah disuguhkan azab orang meninggal

kedua waktu tersebut diharamkan buat melakukan shalat dhuha bersumber pada penentuan larangan dari rasulullah ﷺ. berikut ini hadis - hadis rasulullah yang menampilkan waktu - waktu yang diharamkan buat shalat dhuha.



dari ibnu abbas mengatakan, “datanglah orang - orang yang diridhai dan juga dia ridha kepada mereka ialah umar, dia mengatakan bahwasanya nabi ﷺ melarang shalat seusai shubuh sampai matahari bersinar, dan juga seusai ashar sampai matahari terbenam, ” (hr. bukhari).

dari zaid bin arqam, kalau dia memandang orang - orang mengerjakan shalat dhuha (pada waktu yang belum begitu siang) , hingga dia mengatakan, “ingatlah, sebetulnya mereka telah mengenali kalau shalat dhuha pada tidak hanya saat - saat serupa itu merupakan lebih utama. karna sebetulnya rasulullah ﷺ bersabda, “shalatnya orang - orang yang berulang kepada allah merupakan pada waktu kanak - kanak unta sudah bangun dari pembaringannya karna tersengat panasnya matahari, ” (hr. muslim).

baca pula : menyesal karna tidak menuntun orang tua menyebut asma allah dikala wafat, jalani doa dan juga amalan ini buat orang tua

dari ibnu umar mengatakan, “rasulullah ﷺ bersabda, ‘apabila cahaya matahari terbit hingga akhirkanlah (jangan melaksanakan) shalat sampai matahari besar. dan juga apabila cahaya matahari terbenam, hingga akhirkanlah (jangan melaksanakan) shalat sampai matahari terbenam’, ” (hr. bukhari).

tidak cuma itu salah satu sebab kenapa kedua waktu tersebut diharamkan buat melakukan shalat dhuha merupakan karna terdapatnya setan yang menjajaki waktu - waktu itu.
rasulullah ﷺ bersabda, “matahari terbit dengan diiringi setan. pada waktu mulai terbit, matahari berposisi dekat dengan setan, dan juga kala telah mulai meninggi berpisah darinya. pada waktu matahari berposisi pas di tengah - tengah langit, dia berulang dekat dengan setan, dan juga kala telah zawal (cenderung ke arah barat) dia berpisah darinya. pada waktu kira - kira terbenam, dia dekat dengan setan, dan juga sehabis terbenam dia berpisah lagi darinya, ” (hr. nasa’i).

baca pula : kematian senantiasa mengintai kamu karna malaikat maut kunjungi kita tiap 21 menit sekali buat jalani ini

tulah waktu - waktu yang dilarang buat melakukan shalat dhuha. kita butuh mencermati perihal ini. jangan hingga ibadah kita percuma cuma karna salah waktu dalam melakukan shalat. lebih berhati - hatilah dalam melakukan shalat sunnah, walaupun bernilai ibadah, tetapi pula dapat jadi petaka bila melaksanakan kesalahan




( sumber: http:// www. wajibbaca. com/2017/10/perhatikan-ini-waktu-waktu-yang. html )