Nikmatnya “Berselingkuh” Namun Keluarga Tetap Utuh

Berselingkuh merupakan toksin rumah tangga. ini seragam jarum dalam daging. berselingkuh menjadikan keluarga rapuh, dan rumah tangga runtuh. nikmat sesaat, tetapi dilaknat sampai akhirat.

tetapi, mengerti kah kamu, kalau terdapat tipe ‘’berselingkuh’’ yang malah mengharmoniskan keluarga. ingin ketahui? nah, ini ia 12 jurus jitu ‘’berselingkuh’’ yang menjadikan keluarga senantiasa utuh. selamat bereksplorasi.

“b” bermesraan dengan literatur buat membina keharmonisan rumah tangga. tidak dipungkiri lagi ilmu pengetahuan merupakan kunci di dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan juga warohmah. dengan membaca bermacam rujukan, pendamping muda pula mampu mempraktikkan ilmu parenting ala rasulullah saw. tetapi hendaklah jangan melupakan rujukan sejati nan amat hakiki, ialah kitab suci alquran.

“e” tenaga dicurahkan buat perihal yang positif. sibukkanlah diri berbarengan pendamping buat beribadah dalam makna luas. bekerja secara pintar, ikhlas buat menafkahi keluarga. mengarahkan ilmu buat mencerdaskan warga. berbagi kebahagiaan buat sesama. seluruh perihal positif ini hendak menuntun kita mengarah sumber tenaga, ialah ilahi.

“r” rencanakan masa depan bersama - sama. tiap - tiap pribadi orang saat sebelum menikah pastilah mempunyai visi - misi di dalam hidup dan juga kehidupannya. nah, sehabis menikah, betapa indah apabila visi - misi ini disinergiskan sampai - sampai kedua insan mampu silih menolong buat mewujudkannya. masa depan gemilang merasa indah apabila dilalui berdua, berbarengan, tetap dalam naungan ridanya.

“s” senyumlah, syukurilah seluruh karunia allah swt. senyumlah, nikmatilah kicau burung dan juga sejuk embun di pagi hari, cerah mentari di siang hari, dan juga gemerlap bintang di malam hari. dunia ini merasa indah apabila dilihat dengan senyuman. tidak hanya senyuman, pendamping muda butuh mempunyai hati yang penuh kerasa syukur. syukurilah seluruh keadaan dikala ini. di balik kesusahan, pastilah terdapat kemudahan. dengan tetap bersyukur, hingga allah tentu membagikan berjuta keberlimpahan dan juga kebahagiaan.

“e” empati dan juga simpati tetap diasah dan juga dipertajam. triknya gampang. sesekali ajaklah pendamping ‘’berbulan madu’’ mendatangi rumah sakit, panti asuhan, tempat penampungan korban, ataupun tempat - tempat musibah alam. dengarkanlah jeritan gelandangan, fakir - miskin, korban penggusuran, korban kekerasan dalam rumah tangga. hadirlah dan juga bernyanyilah berbarengan mereka. inilah salah satu trik buat menajamkan mata hati.

“l” jalani seluruh perihal sepenuh hati dan juga segenap jiwa, ikhlas mengharap rida allah semata. jauhi mengharap kepada manusia. sebagian manusia itu mempunyai pamrih, sampai - sampai berharap kepada manusia sudah tentu berbuah nyeri. keseluruhan di dalam berupaya, dilandasi tawakkal kepada allah, tentu membuahkan hasil nan manis.

“i” ingatlah senantiasa kepada negara akhirat. salah satu triknya merupakan dengan mengingat kematian. kematian merupakan dikala terindah buat menemui si pacar. waspadalah, kematian ini pada hakikatnya begitu dekat. berhati - hatilah, pesona duniawi merasa amat menarik. ingatlah, kehidupan ini sangat pendek, sedangkan beban bagaikan kholifah fil ardh merasa begitu berat. marilah mengisi kehidupan dengan perihal yang berguna, demi kehidupan nanti di akhirat.

“n” nabi muhammad saw bagaikan suri teladan yang sempurna buat seluruh manusia. beliaulah teladan di seluruh bidang. di bidang agama dan juga spiritual, kepemimpinan, rumah tangga, seni berperang, pengajaran, penyembuhan, seni sastra, diplomasi, perdagangan/bisnis, dan juga masih banyak lagi. dia seseorang suami yang amat mesra, romantis, penuh atensi, lembut, dan juga mencintai keluarganya. cukuplah alquran dan juga sunah rasulullah yang jadi pedoman kita.

“g” gemar berinvestasi. investasi bukan berupa harta barang, simpanan emas, tanah, dolar, dinar, dirham, kerajaan bisnis, ataupun perihal duniawi yang lain. investasi yang bertabiat kebendaan tidak hendak mengekalkan, tidak pula membahagiakan, terlebih lagi condong menyengsarakan. investasi tersadu dan juga terbanyak di dalam kehidupan ini merupakan ilmu pengetahuan, kebaikan, cintakasih. ketiga investasi inilah investasi nan sejati, investasi yang membukakan jalur manusia, mengarah sinar keabadian.

“k” komunikasi efisien. berbicara merupakan trik manusia buat berhubungan, mengatakan perasaan dan juga keinginannya. di dalam membina rumah tangga, komunikasi ini jadi pondasi dasar keharmonisan keluarga. acapkali kesalahpahaman dan juga perihal sepele memunculkan keretakan ataupun perselisihan, akibat buruknya komunikasi. komunikasi dari hati ke hati, komitmen, keterbukaan diri, kebersamaan, kebersinambungan komunikasi, silih yakin, silih yakin, silih penafsiran jadi perihal fundamental buat melanggengkan perkawinan.

“u” utamakan kebahagiaan pendamping. tundalah kesenangan individu, demi membahagiakan pendamping. laki - laki yang memuliakan wanita, pada hakikatnya telah menyelamatkan satu generasi. wanita yang memuliakan suami, berbakti semata mencari ridanya, dengan penghormatan setimpal tuntunannya, hingga dia layak merambah pintu surga dari manapun yang dia mau, dan mendampingi suaminya itu berbarengan bidadari nanti di surga.

“h” hiasi hati dan hari - hari kehidupan dengan berzikir, lantunan ayat - ayat suci, dan juga perbanyak melaksanakan amalan sunah. di dalam badan ini terdapat segumpal daging. apabila rusak dia, hingga rusaklah badan seluruhnya. apabila baik dia, hingga baik badan seluruhnya. seperti itu hati. hati disini bermakna majazi, artinya hati dalam penafsiran ruhani. jadi bukan organ hati secara anatomis, melainkan hati secara filosofis. dosa itu berpotensi mengotori hati dan juga mengeruhkan jiwa. kebaikan dan juga cintakasih itu mensucikan hati dan juga mencemerlangkan jiwa.

ditulis oleh: dito anurogo
pemerhati problematika keluarga/rumah tangga beserta dinamikanya, dokter digital/online di detik. com, peraih ‘’gadjah mada awards’’ 2015 jenis mahasiswa terinspiratif dan juga penulis tersadu, sertifikasi cme dari harvard dan juga oxford university, penulis 18 novel [salah satunya the art of medicine, gramedia, 2016, dipromosikan di amazon. com], pembina network–preneur initiative center, ceo/founder teman literasi indonesia [indonesia literacy fellowship], riset s - 2 ilmu medis dasar [ikd] biomedis fakultas medis universitas gadjah mada [fk ugm] yogyakarta, email ditoanurogo@gmail. com






( sumber: ummi - online. com )