Mengapa Rasul Memerintahkan Padamkan Lampu Jika Mau Tidur di Malam Hari? Inilah Jawabannya

Rasul muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita buat memadamkan lampu - lampu di malam hari (kala bakal tidur) , dan juga sehabis sebagian tahun dicoba pengkajian ilmiah modern tentang dampak sinar terhadap manusia dan juga lingkungannya, hingga kajian itu berkata: ” begitu benar nabinya kalangan kalangan muslimin. ” hingga mematikan lampu di malam hari merupakan salah satu wujud mukjizat ilmiah nabawiyah yang melindungi manusia dan juga lingkungannya dan juga pencemaran sinar, yang timbul diakibatkan sinar yang berlebih, yang menimpa badan seorang di malam hari.

kenapa rasul memerintahkan padamkan lampu bila ingin tidur di malam hari? inilah jawabannya

hadits - hadits nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang permasalahan ini

nabi kita yang tercinta, muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah memperingatkan kita tentang bahaya lampu, apabila kita membiarkannya menyala kala kita tidur. dan juga peringatan dari nabi tersebut ada dalam banyak riwayat, di antara lain terdapat yang disebutkan sebab dari peringatan tersebut, ialah takut terjalin kebakaran, dan juga sebagiannya lagi tidak disebutkan sebab dari perintah memadamkan lampu di malam hari, supaya perintah tersebut berlaku universal, dan juga bagaikan wujud kasih sayang nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada segala makhluk di tiap tempat dan juga era. di antara hadits - hadts tersebut merupakan bagaikan berikut:

riwayat - riwayat yang disebutkan di dalamnya sebab buat memadamkan lampu kala bakal tidur di malam hari.

1. dari abu musa radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan: “pada sesuatu malam terjalin kebakaran di salah satu rumah penduduk di madinah (kala penghuninya tertidur). kemudian perihal itu dikisahkan kepada nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. dia bersabda: ” sebetulnya api ini merupakan musuh kamu, karna itu apabila kamu bakal tidur, hingga padamkanlah dia lebih dulu. ” (hr. al - bukhari)

2. dari jabir bin abdullah radhiyallahu ‘anhuma ia mengatakan; rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “tutuplah tempat air kamu, pintu rumah kamu, dan juga matikanlah lampu - lampu kamu, karna dapat jadi tikus hendak menarik sumbu lampu sampai - sampai menyebabkan kebakaran yang mengenai para penunggu rumah. ” (hr. al - bukhari)

3. dari jabir bin abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: “tutuplah oleh kamu bejana - bejana, rapatkanlah tempat - tempat minuman, tutuplah pintu - pintu, dan juga matikanlah lampu, karna setan tidak mampu membuka jalinan tempat minum, pintu, dan juga bejana. bila kamu tidak memperoleh penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya dan juga menyebut nama allah, hingga lakukanlah. karna tikus mampu mengganggu owner rumah dengan membakar rumahnya. ” (hr. muslim)

4. dari jabir bin abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: “tutuplah oleh kamu pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana - bejana, dan juga matikanlah lampu, karna setan tidak mampu membuka pintu terturup, melepas jalinan tempat minum, dan juga membuka bejana. dan juga sebetulnya tikus mampu mengganggu owner rumah dengan membakar rumahnya. ” (hr. imam malik dalam al - muwatha’ dan juga at - tirmidzi dalam sunan - nya dan juga dishahihkan oleh al - albani rahimahumullah)






( sumber: http:// beritasemasa. net/mengapa-rasul-memerintahkan-padamkan-lampu-jika-mau-tidur-di-malam-hari-inilah-jawabannya/ )