Inilah Keutamaan Puasa-Senin Kamis yang Perlu Diketahui

Sudah menyesuikan diri berpuasa sunah senin - kamis? mengerti kah apa aja keutamaan puasa senin kamis yang butuh dikenal oleh tiap muslim?

jangan hingga kita berpuasa cuma karna kondisi, semisal karna bertepatan pada tua, karna mau berdiet, karna mau sehat, sementara itu keutamaan puasa senin kamis melampaui itu seluruh.

terdapat banyak pemicu kenapa puasa senin kamis jadi begitu diutamakan, berikut ini sebagian hadits yang menjelaskannya:

1. 2 hari opsi rasulullah buat berpuasa sunah
dari 7 hari dalam satu minggu, rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam menyesuikan pribadinya berpuasa sunah di hari senin dan juga kamis. tidak salah bila kita bagaikan umatnya meniru teladan dia ini bagaikan amalan teratur.
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menyimpan opsi berpuasa pada hari senin dan juga kamis. ” (hr. an nasai nomor. 2362 dan juga ibnu majah nomor. 1739. all hafizh abu thohir berkata kalau hadits ini hasan. syaikh angkatan laut (AL) albani berkata kalau hadits ini shahih)

2. pintu surga ar - rayyan yang dipersiapkan spesial untuk orang - orang yang gemar berpuasa
orang yang suka merutinkan puasa in syaa allah hendak mampu merambah surga dari pintu spesial yang bernama ar rayyan.

“sesungguhnya di surga terdapat satu pintu yang namanya “ar - rayyan, ” yang hendak di masuki oleh orang - orang yang kerap berpuasa nanti pada hari kiamat, tidak hendak masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. ” (hr bukhori dan juga muslim).

3. salah satunya amalan yang dinilai langsung oleh allah
terdapat amalan yang balasannya dilipatgandakan 10 sampai 7 ratus kali lipat, tetapi puasa merupakan amalan istimewa yang langsung dinilai oleh allah.

“setiap amalan kebaikan yang dicoba oleh manusia hendak dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang misalnya sampai 7 ratus kali lipat. allah ta’ala berfirman (yang maksudnya) , ‘kecuali amalan puasa. amalan puasa tersebut merupakan untuk - ku. saya seorang diri yang hendak membalasnya. diakibatkan ia telah meninggalkan syahwat dan juga santapan karena - ku. untuk orang yang berpuasa hendak memperoleh 2 kebahagiaan ialah kebahagiaan kala ia berbuka dan juga kebahagiaan kala berjumpa dengan rabbnya. begitu bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi allah daripada bau minyak kasturi’. ” (hr. muslim nomor. 1151)

4. senin dan juga kamis merupakan hari dimana amalan kita dihadapkan pada allah
rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam melaporkan kalau di hari senin dan juga kamis amalan - amalan manusia dihadapkan pada allah.

hingga seperti itu rasulullah amat suka berpuasa di hari senin dan juga kamis karna dia menginginkan dalam keadaan berpuasa kala amalannya di hadapkan pada rabb semesta alam.

“aku mengatakan pada rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam - , “wahai rasulullah, engkau nampak berpuasa sampai - sampai dikira tidak terdapat waktu bagimu buat tidak puasa. engkau pula nampak tidak puasa, sampai - sampai dikira engkau tidak sempat puasa. kecuali 2 hari yang engkau berjumpa dengannya dan juga berpuasa kala itu. ” nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “apa 2 hari tersebut? ” usamah menanggapi, “senin dan juga kamis. ” kemudian dia bersabda, “dua hari tersebut merupakan waktu dihadapkannya amalan pada rabb semesta alam (pada allah). saya amat suka kala amalanku dihadapkan lagi saya dalam kondisi berpuasa. ” (hr. an nasai nomor. 2360 dan juga ahmad 5: 201. angkatan laut (AL) hafizh abu thohir berkata kalau sanad hadits ini hasan).

5. pintu surga dibuka pada senin dan juga kamis
kecuali orang - orang yang bermusuhan, tiap hamba allah hendak diampuni dosanya dan juga sebetulnya pintu surga dibuka pada tiap senin dan juga kamis. hingga pastikanlah kita berpuasa senin kamis dalam keadaan tidak bermusuhan dengan siapapun pula,

“pintu surga dibuka pada hari senin dan juga kamis. tiap hamba yang tidak berbuat syirik pada allah sedikit juga hendak diampuni (pada hari tersebut) kecuali seorang yang mempunyai percekcokan (permusuhan) antara pribadinya dan juga saudaranya. nanti hendak dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka hingga mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka hingga mereka berdua berdamai. ” (hr. muslim nomor. 2565).

6. bila sudah terbiasa puasa senin - kamis, sekalipun sakit hingga pahala amalan ini hendak senantiasa dicatatkan untuknya

“jika seseorang hamba itu sakit ataupun bepergian hingga dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang sempat ia jalani kala di rumah ataupun kala sehat. ” (hr. bukhari 2996).

7. lebih sanggup mengatur nafsu syahwat
orang yang kerap melaksanakan puasa senin kamis lebih sanggup dan juga mahir mengatur hawa nafsu yang senantiasa bergejolak dalam hati dan juga pikirannya. paling utama untuk para single dan juga jomblo yang tetap bergejolak syahwatnya, amat dapat diredam dengan berpuasa.

“wahai para pemuda, apabila siapa di antara kamu yang telah mempunyai ba’ah (keahlian) hingga menikahlah, kerena menikah itu melindungi pemikiran dan juga kemaluan. untuk yang belum sanggup hingga puasalah, karna puasa itu bagaikan pelindung. ” (hr muttafaqun ‘alaih).

8. amalan yang dicintai allah dan juga rasulullah, simpel tetapi dicoba secara kontinyu terus - menerus
puasa senin kamis terkategori amalan yang simpel. berubah dengan puasa sunah nabi daud di mana satu hari puasa dan juga satu hari berbuka berselang - seling yang tentu aja lebih berat dicoba.

oleh karena itu, melaksanakan amalan yang kontinyu walaupun simpel menggambarkan suatu yang dicintai allah dan juga rasulnya dibanding melaksanakan amalan berat luar biasa tetapi cuma dicoba sedangkan waktu aja.
”amalan rasulullah merupakan amalan yang kontinu (teratur dicoba). siapa aja di antara kamu tentu sanggup melaksanakan yang dia shallallahu ’alaihi wa sallam jalani. ” (hr. muslim)

9. keluarkan toksin tubuh
“tidaklah seseorang anak adam penuhi sesuatu kantung yang lebih kurang baik dibandingkan perutnya. apabila tidak terdapat opsi, hingga cukuplah menurutnya sepertiga dari perutnya buat santapan, sepertiga yang lain buat minuman dan juga sepertiga yang lain buat nafasnya. ” (hr. ahmad at - tirmidzi, an - nasa’i dan juga oleh al - albani dinyatakan bagaikan hadits shahih)

tanpa riset dari para ilmuwan, kita juga mampu berpikir secara logika, bahwasanya puasa puasa senin kamis mampu meneluarkan racun ataupun toksin dalam badan. toksin yang bercampur dalam lemak, darah, ataupun penggalan yang lain itu berasal dari santapan dan juga minuman yang kita mengkonsumsi tiap hari.

buat mengeluarkannya bukan cuma dengan berolah raga aja. tetapi, kita wajib menyudahi komsumsi santapan dan juga minuman minimun sepanjang satu hari, supaya toksin mampu dikeluarkan dengan efisien. pengeluarannya mampu melalui keringat, urine, ataupun dikala buang air besar.

tata cara puasa senin kamis benar dipercaya jitu buat mengelurkan toksin yang sudah mengendap dalam badan. bila racun - racun tersebut sudah keluar, hingga kita hendak merasakan badan lebih sehat dan juga fit.

10. belajar buat tidak berlebih - lebihan dalam makan dan juga minum
terdapat orang yang demi memuaskan kemauan hendak santapan dan juga minuman, rela antri berjam - jam buat membeli sesuatu menu. ataupun rela memacu kendaraan begitu jauh cuma buat wisata kuliner.

nah, dengan menyesuikan diri puasa senin kamis, kita dapat belajar buat tidak kelewatan dalam makan dan juga minum.

“sahabat abdullah bin amr bin al - ‘ash, menggambarkan kalau rasulullah bersabda, “makan, minum, bersedekah dan juga berpakaianlah asal tidak engkau tidak berlagak angkuh dan juga berlebih - lebihan. ” (hr. ahmad, an - nasa’i dan juga oleh al - albani dinyatakan bagaikan hadits hasan)






( sumber: ummi - online. com )