Turki Kirim 1.000 Ton Bantuan untuk Muslim Rohingya

Turki hendak mengawali pengiriman dorongan pertamanya pada rabu ke penggalan barat laut myanmar, tempat ratusan muslim rohingya tewas dan juga kira - kira 125 ribu masyarakat melarikan diri ke perbatasan bangladesh dalam 10 hari baru - baru.

seseorang juru bicara presiden tayyip erdogan telah menggambarkan kekerasan terhadap muslim rohingya di wilayah itu bagaikan upaya pemusnahan etnis. dia berkata, pengiriman dorongan itu disetujui sehabis erdogan lewat telepon dengan pemimpin myanmar aung san suu kyi pada selasa.

juru bicara ibrahim kalin berkata, kira - kira 1. 000 ton dorongan yang terdiri dari santapan, baju dan juga obat - obatan hendak dibagikan memakai helikopter militer.

ia menghitung, myanmar telah membagikan persetujuannya kepada para pejabat lembaga dorongan turki, tika, buat merambah daerah negaranya dan juga menyalurkan dorongan. mereka berkoordinasi dengan pemerintah wilayah di negeri penggalan rakhine.

suu kyi mengalami kenaikan tekanan dari negara - negara berpenduduk muslim buat menghentikan kekerasan terhadap muslim rohingya yang telah mendesak mereka melarikan diri ke bangladesh.

wartawan reuters memandang ratusan lagi masyarakat rohingya yang keletihan datang, dengan menumpang kapal, di dekat desa shamlapur, bangladesh pada selasa. ini menampilkan kalau upaya melarikan diri secara besar - besaran masih sinambung.

erdogan berkata kepada suu kyi, kekerasan terhadap rohingya merupakan pelanggaran hak asasi manusia melaporkan keprihatinan dunia muslim terhadap kekerasan di situ. [beritaislam24h. informasi / rci]



( sumber: http:// www. beritaislam24h. info/2017/09/turki-kirim-1000-ton-bantuan-untuk. html )