Seperti Inilah Ciri-ciri Istri yang Hebat

Tiap perempuan muslimah yang sudah menikah sebetulnya dapat jadi seseorang istri yang hebat. bagaimanakah wujud istri yang hebat? berikut merupakan identitas istri yang hebat diiringi contoh - contoh dari shahabiyah. kamu yang belum menikah juga butuh membacanya bagaikan bekal berumah tangga.

1. tidak gampang panik dikala mengalami masalah
karakteristik kesatu istri yang hebat merupakan tidak gampang panik dikala mengalami permasalahan. ummu sulaim jadi contoh yang amat baik dalam perihal ini.

ummu sulaim tidak serupa itu. dia tidak panik. terlebih lagi dikala abu thalhah kembali, dia tidak langsung memberitahukan laporan duka itu kepada suaminya. dia pula tidak menampakkan isyarat kesedihan. disambutnya si suami dengan muka berseri, disiapkan keperluannya, dipersilahkan menyirnakan keletihan dan juga kepenatannya.

terlebih lagi ummu sulaim malam itu tampak mempesona dan juga melayani abu thalhah dengan penuh cinta di peraduan. dikala abu thalhah berangkat, putra mereka yang bernama abu umair wafat dunia sehabis sebagian hari sakit. istri yang biasa - biasa aja, bisa jadi dia hendak amat terpukul dan juga panik. serupa dirasakan perempuan yang sempat meraung - raung di pemakaman baqi’ dan juga dinasehati tabah oleh rasulullah, tetapi dia malah dimarahi.

tuntas bercinta, kala atmosfer santai ummu sulaim mengatakan kepada abu thalhah. “seandainya terdapat seorang yang meminjamkan suatu kemudian sebagian waktu setelah itu dia mengambil pinjaman itu, apakah engkau hendak menolaknya? ”

“tidak”

“kalau begitu bersabarlah, anak kita telah wafat dunia”

“mengapa kau tidak memberitahuku dikala saya datang? ” abu thalhah pernah marah. kemudian pagi harinya mengadukan kepada rasulullah. tetapi rasulullah malah menyanjung ummu sulaim dan juga mendoakan keberkahan atas apa yang mereka jalani tadi malam. nanti, abu thalhah dan juga ummu sulaim dikaruniai 9 anak dan juga seluruhnya hafal angkatan laut (AL) qur’an.

banyak perempuan yang kilat panik dikala mengalami permasalahan. listrik mati, panik dan juga ketakutan. lpg habis, panik cemas tidak dapat memasak. suami terlambat kembali kerja, panik dan juga marah - marah. anak jatuh, panik.

istri yang hebat merupakan istri yang tidak gampang panik dikala mengalami permasalahan. kesabaran jadi pondasi ketenangannya dan juga dengan ketenangan dia dapat berpikir lebih jernih dan mengambil aksi tersadu atas seluruh permasalahan yang dihadapinya. istri yang tidak gampang panik pada kesimpulannya hendak membikin suami terus menjadi cinta dan juga keluarga terus menjadi senang.

2. berikan motivasi dikala suami mengalami tekanan
hari itu rasulullah tiba dengan muka pucat dan juga badan menggigil. serupa orang ketakutan. “selimuti saya, selimuti saya, ” kata dia kepada istri tercinta, khadijah radhiyallahu ‘anha.

“jangan takut wahai suamiku, ” kata khadijah dengan nada meyakinkan, “berbahagialah, sebetulnya allah tidak bisa jadi menghinakanmu. sepanjang ini engkau senantiasa menyambung silaturahim, jujur dalam berdialog, meringankan beban orang yang sulit, menolong orang yang lemah, menghormati tamu dan juga senantiasa membela kebenaran. ”khadijah lekas menyelimuti rasulullah dan juga menenangkan dia. kemudian dia juga menggambarkan apa yang baru aja dialaminya di gua hira; berjumpa makhluk yang aneh, mendekapnya sampai susah bernafas, kemudian membacakan sebagian kalimat yang tidak lain merupakan tulisan angkatan laut (AL) ‘alaq. “aku amat ketakutan, ” pungkas dia mengakhiri ceritanya.

demikianlah ummul mukminin khadijah radhiyallahu ‘anha. dia mencontohkan gimana menenangkan dan juga memotivasi suaminya. atas kedudukan khadijah, hari - hari kesatu suaminya jadi nabi berlangsung dengan baik. atas sokongan dan juga motivasinya.

tiap suami tentu sempat hadapi tekanan. entah tekanan karna pekerjaan, tekanan dalam mualamah, tekanan dalam berhubungan dengan sahabat dan juga kolega, ataupun tekanan dikala berdakwah. istri yang hebat merupakan istri yang dapat menenangkan dan juga memotivasi suaminya. tekanan yang didapat di luar rumah, lekas hendak ternetralisir di dalam rumah karna berjumpa kamu, istrinya tercinta. tekanan pikiran dikala mengalami permasalahan di luar rumah lekas mengendor di dalam rumah kala berjumpa dengan kamu, istrinya tercinta.

3. berikan inspirasi dan juga pemecahan dikala suami mengalami masalah
kebanyakan teman tidak terima. mereka berangkat ke makkah bernazar buat berhaji. tetapi orang - orang kafir quraisy menghadang mereka dan juga membikin perjanjian damai dengan rasulullah. salah satu isi perjanjian hudaibiyah itu merupakan mereka tidak dapat berhaji tahun ini. mereka tidak boleh masuk makkah.

untungnya, dikala itu dia bawa ummu salamah radhiyallahu ‘anha. mengalami suaminya ‘bingung’ serupa itu, ummu salamah menenangkan dia dan juga menganjurkan suatu ilham brilian. “wahai rasulullah, bila engkau bertahalul dan juga memotong hewan qurban, insya allah mereka hendak lekas menirumu. ”ketika rasulullah menyuruh mereka ber - tahalul (memotong rambut) dan juga menyembelih hewan qurban, mereka diam. mereka masih marah dan juga tidak terima dengan keputusan tersebut. perihal itu membikin rasulullah kecewa. tidak sempat para teman tidak merespon perintah serupa ini.

rasulullah bahagia mendengar ilham dari istrinya tersebut. tanpa mengucap perintah whatever, dia bertahalul dan juga memotong hewan qurban. dan juga benar, para teman setelah itu turut bertahalul dan juga memotong hewan qurban tidak lama sehabis itu.

istri yang hebat merupakan istri yang dapat mengurai permasalahan suaminya. memberinya ilham, memberinya inspirasi, menolong menciptakan pemecahan. bukan kebalikannya malah membikin rumit permasalahan, membikin pelik perkara dan juga menaikkan ruwet perkara.

bila suamimu kembali mengeluhkan pekerjaan, jangan engkau marahi: “kerja gajinya kecil, senantiasa terdapat permasalahan. dasar suami bodoh. ” astagfirullah… betapa kacaunya hati suami memperoleh pendapat serupa itu. lebih baik sambut dengan mesra, siapkah teh manis, dengarkan tiap keluh - nya dan juga berpikirlah sejernih bisa jadi seraya berdoa. mudah - mudahan engkau serupa ummu salamah yang dapat membagikan ilham dan juga inspirasi buat suami tercinta.

4. jadi pelipur lara untuk suami
saudah radhiyallahu ‘anha merupakan contoh istri yang pandai bercanda dan juga menghibur suaminya, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. walaupun umurnya terkategori sudah lanjut, dia kerap membikin rasulullah tersenyum dengan cerita dan juga kata - katanya.

kala umurnya terus menjadi lanjut, saudah membagikan hari gilirannya kepada aisyah. dia ketahui kalau rasulullah amat menyayangi aisyah dan juga dia mau mengasyikkan hati rasulullah dan juga aisyah. orang yang amat berbahagia dengan perilaku saudah itu merupakan aisyah. sesuatu pagi saudah menceritakan pada rasulullah, “wahai rasulullah, tadi malam saya turut shalat di belakangmu. kala ruku’, engkau menyenggolku sampai - sampai saya memegang hidungku karna cemas keluarkan darah. ” mendadak rasulullah tersenyum mendengar penuturan istrinya tersebut.

“aku tidak sempat menciptakan seseorang perempuan yang lebih kusukai bila diriku jadi pribadinya kecuai saudah binti zam’ah, ” kata aisyah, “seorang perempuan yang kekokohan jiwanya luar biasa. ”

istri yang hebat, dia dapat menghibur suaminya. tidak cuma lewat urusan ranjang, namun pula lewat canda - canda berdua. betapa senangnya suami yang ditemani oleh istri yang periang dan juga buatnya tersenyum, di dikala pribadinya di luar rumah kerap berhadapan dengan perihal sungguh - sungguh yang menghabiskan benak dan juga menghabiskan tenaga.

5. jujur dan juga memohon maaf bila melaksanakan kesalahan
seseorang shahabiyah, terlebih lagi istri rasulullah juga sempat melaksanakan kesalahan yang membikin suaminya marah.

takut ketahuan telah membuntuti rasulullah, aisyah memesatkan langkahnya sampai datang di rumah. malam itu giliran aisyah radhiyallahu ‘anha. rasulullah telah melepas pakaian luarnya dan juga bersiap tidur. dia nampak tenang serupa orang yang telah tidur. tetapi sehabis itu dia berulang mengenakan bajunya dan juga berangkat keluar. aisyah yang populer bagaikan istri nabi amat pencemburu setelah itu mengendap - endap menjajaki dia dari balik sampai nampak olehnya rasulullah masuk ke pemakaman baqi, berdiri di situ dan juga berdoa.

“mengapa nafasmu tersengal - sengal? ” tanya rasulullah.

“tidak apa - apa ya rasulullah. ”

“engkau berkata kepadaku ataupun allah yang hendak berikan ketahui saya? ” mendengar persoalan itu, aisyah menarangkan kalau pribadinya tadi menjajaki rasulullah.

rasulullah pernah agak marah, tetapi aisyah lekas mengenakan triknya buat memohon ridha dia dan juga meredam kemarahannya.

rasulullah tidak jadi marah, malah membagikan banyak pelajaran berharga kepada aisyah malam itu.

sempat pula aisyah, hafshah dan juga istri rasulullah yang lain memohon ekstra nafkah kepada dia. sementara itu berliau tidak lagi mengurusi perihal duniawi serupa itu, dia amat zuhud dan juga langsung menyedekahkan apa yang dia miliki. cuma mengambil seperlunya buat keluarga. rasulullah pernah marah kala itu dan juga setelah itu allah merendahkan tulisan angkatan laut (AL) ahzab ayat 28 - 29 yang berisi opsi apakah mereka ingin senantiasa berbarengan rasulullah dalam kesederhanaan ataupun ingin gemerlapnya dunia tetapi diceraikan oleh rasulullah. kesimpulannya mereka seluruh bertaubat kepada allah dan juga memohon maaf kepada rasulullah.

demikianlah istri yang hebat. bila dia salah, dia jujur dan juga ingin memohon maaf. persoalah gengsi dan juga tidak ingin memohon maaf menggambarkan penyakit beresiko dalam rumah tangga. betapa banyak pendamping yang berpisah karna pendamping suami istri bersama mengedepankan ego dan juga gengsinya. tidak terdapat yang ingin mengalah, tidak terdapat yang ingin memohon maaf walaupun salah.

istri yang hebat merupakan istri yang tidak gengsi buat memohon maaf dan juga memohon ridha suami, terlebih kala pribadinya siuman kalau dia baru aja melaksanakan kekeliruan. wallahu a’lam bish shawab.






( sumber: kabarmakkah. com )