Mendulang Pahala Saat Tidur, Ikuti 5 Sunnah Nabi Ini

Allah ta’ala sungguhlah amat pengasih dan juga penyayang. rabbul izzah tidak sempat segan melimpahkan pahala kepada para hamba - nya terlebih lagi di dikala para hamba tersebut tengah terlelap sekalipun.

tidur yang menggambarkan kegiatan pelepas letih nyatanya mampu jadi suatu ibadah. betapa nikmatnya tidur menyirnakan penat setelah itu jadi amalan pendulang pahala.

kita acapkali mendengar kalau di bulan ramadhan tidur juga jadi ibadah. sementara itu ini tidak cuma berlaku di bulan puasa aja melainkan tiap hari tiap kali kita tidur.

gimana dapat tidur yang nikmat itu mampu jadi ibadah? jawabannya karna terdapatnya sunnah rasulullah yang mampu dicoba tiap kali bakal tidur.

sedikitnya terdapat 4 amalan sunnah yang mampu dicoba saat sebelum kita terlelap. sunnah disini artinya ialah rutinitas yang biasa dicoba rasulullah sepanjang hidup dia.

dengan melaksanakan amalan sunnah ini hingga bukan cuma menjajaki rasulullah tetapi pula menaruh banyak pahala. berikut keempat sunnah tersebut.

1. berwudhu
wudhu yang lazimnya dicoba saat sebelum shalat, dicoba pula saat sebelum tidur. sebab melaksanakan ini ialah supaya kita dalam kondisi suci dikala tidur.

seandainya kita menemui ajal dikala tidur, hingga kita wafat dalam kondisi suci. tidak hanya itu, sunnah ini pula mampu melindungi kita dari kendala syaithan dan juga membawakan kita pada mimpi yang baik.

dari (AL) bara bin azib, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “apabila kalian menghadiri tempat tidur kamu, hingga berwudhulah kalian sebagaimana wudhumu buat shalat, ” (hr. (AL) bukhari dan juga muslim).

dikala terbangun di tengah malam, nabiyullah muhammad juga berwudhu berulang. sebagaimana dalam hadits dari ibnu abbas. dia radhiyallahu ‘anhu berkata,

“rasulullah terpelihara di sesuatu malam kemudian dia menunaikan hajatnya setelah itu membilas muka dan juga tangannya (berwudhu) kemudian tidur, ” (hr. (AL) bukhari dan juga abu dawud).

2. mensterilkan tempat tidur
sunnah selanjutnya ialah mensterilkan tempat tidur dengan trik mengibaskannya. perihal ini tercantum adab tidur yang menjadikan tidur kita lebih bernilai pahala di sisi allah.

sementara itu, guna mensterilkan tempat tidur sekedar karna kebaikan hamba supaya bebas bahaya dibalik tempat tidur. dapat aja disitu ada fauna melata maupun serangga beresiko yang mampu menusuk kapan aja dikala kita terlelap.

rasulullah bersabda, “apabila salah seseorang dari kamu beranjak mengarah tempat tidurnya, hingga hendaklah ia mengibas (mensterilkan) tempat tidurnya karna ia tidak mengenali apa yang hendak terjalin setelah itu. ” (hr. (AL) bukhari dan juga muslim).

3. menghadap ke kanan
sudah jadi sunnah rasulullah buat tidur menghadap kanan ataupun lebih tepatnya tidur di atas lambung kanan. dia juga memerintahkan kerutinan tidur ini kepada umat dia shallallahu ‘alaihi wasallam. nabi muhammad bersabda,

“lalu istirahatlah di atas lambungmu yang kanan. ” (hr. (AL) bukhari dan juga muslim).

kerutinan nabiyullah ini diperuntukan supaya lebih gampang dikala bangun di pagi hari. di masa modern saat ini dikenal kalau trik tidur demikian sangat baik buat kesehatan badan paling utama dalam sistem pencernaan.

lagi - lagi, sunnah yang sebetulya mempunyai khasiat buat hamba malah mampu jadi amalan berpahala.

4. menyimpan tangan di pipi
sunnah selanjutnya ialah menyimpan tangan bagaikan alas pipi kala tidur. inilah yang jadi kerutinan rasulullah sebagaimana dikabarkan shahabat hudzaifah. dia menggambarkan, “apabila tidur di malam hari, rasulullah meletakkan tagan dia di atas pipi. ” (hr. (AL) bukhari).

5. berdoa dan juga berdzikir
yang terakhir ialah berdoa dan juga berdzikir jangan hingga luput dibaca saat sebelum tidur. terdapat sebagian lafadz dzikir saat sebelum tidur. ada juga berdoa sebagaimana yang telah populer dan juga dihafal semenjak kecil, yang maksudnya,

“ya allah, dengan menyebut nama - mu saya hidup dan juga dengan menyebut namamu saya mati (tidur) , ” (hr. muslim dan juga ahmad).

banyak hadits yang mengatakan hal - hal dzikir rasulullah saat sebelum tidur. sebagian antara lain ialah mengucapkan tasbih sebanyak 33 kali, tahmid 33 kali dan juga takbir sebanyak 34 kali. tidak hanya itu pula berdzikir dengan membaca 3 tulisan proteksi, ialah (AL) ikhlas, (AL) falaq dan juga an nas.

ummul mukminin aisyah mengabarkan, “apabila rasulullah hendak tidur, dia meniup kedua tangan dia dan juga membaca mu’awwidzat (ayat - ayat proteksi) kemudian mengusap dengan itu keseluruh jasadnya, ” (hr. (AL) bukhari, muslim, ahmad, abu dwud, ibnu majah).

dalam hadits lain yang pula dari ummul mukminin, diterangkan kalau rasulullah membaca tulisan tersebut setelah itu mengusap badan.

triknya ialah dengan menghimpun kedua telapak tangan setelah itu meniupnya dan juga membaca 3 tulisan tersebut. selepas itu, usaplah dengan tangan ke segala badan diawali dari kepala, muka setelah itu penggalan depan badan. perihal ini dicoba sebanyak 3 kali.

tidak hanya diucap diatas, masuh bermacam - macam doa dan juga dzikir rasulullah kala bakal tidur. cukuplah yang telah disebutkan bagaikan pendulang pahala sampai membikin tidur kita seperti ibadah.






( sumber: muslimahdaily. com )