Bela Myanmar, Cina Kerahkan Kekuatan Penuh, Dari Militer Hingga Warga Sipil

Gelombang besar mujahidin yang bergerak ke myanmar membikin Tiongkok takut peninggalan berarti mereka tersendat. tidak tanggung - tanggung, menteri pertahanan Cina mengatakan hendak mengerahkan kekokohan tempurnya demi membela myanmar.

serupa dikutip dari web russia today, menteri pertahanan Cina chang wanquan memohon kepada militer, polisi, dan juga masyarakat sipil supaya siap membela dan juga mempertahankan kedaulatan myanmar.

“ancaman keamanan nasional terus menjadi sungguh - sungguh. paling utama, tiba dari daerah laut. karna itu, militer, aparat penegak hukum, dan masyarakat negeri sipil wajib mempersiapkan diri dalam perang rakyat, ” ucapnya.
kekhawatiran wanquan ini amat beralasan. aksi mujahidin yang hendak habis - habisan demi membela etnis rohingya hendak mengganggu pipa gas dan juga minyak bernilai ratusan trilyun kepunyaan Tiongkok.

berikut informasi kepemilikan saham Tiongkok di myanmar :

pipa gas (mulai beroperasi 1 juli 2013, dengan kapasitas 193, 6 juta kubik kaki per hari) dan juga pipa minyak (mulai beroperasi 1 desember 2013 dengan kapasitas 400 ribu barrels per hari) dari kyauk phyu ke perbatasan Cina sejauh 803 kilometer. dikelola oleh cnpc (Cina)

blok - blok minyak dan juga gas di semenanjung rakhine, di mana daewoo international (korea) , ongc (india) , moge (myanmar) , gail (india) , kogas (korea) , woodside petroleum (australia) , cnpc (Cina) , shell (belanda/inggris).

wilayah semenanjung rakhine dilaporkan mempunyai cadangan teruji sebesar 7, 836 triliun kaki kubik gas dan juga 1, 379 miliyar barel minyak, yang sebagian blok di antara lain berproduksi semenjak 2013, ditawarkan tahun ini bagaikan penemuan baru. sebagian blok lain, jatuh tempo kontraknya tahun 2017 ini.

terakhir, blok - blok minyak dan juga gas di daratan arakan di kelola north petro - chem corp (Cina) , gold petrol (myanmar) , interra resources (singapore) , geopetrol (prancis).

di wilayah terakhir itu, dilaporkan mempunyai cadangan teruji sebesar 1, 744 triliun kaki kubik gas dan juga 1, 569 miliyar barel minyak, yang sebagian blok di antara lain jatuh tempo kontraknya pada tahun 2017 ini.





( sumber: http:// www. rakyatsumatera. online/2017/09/bela-myanmar-cina-kerahkan-kekuatan. html )