20 Tindakan Durhaka Suami Terhadap Istri yang Dilarang Agama

Banyak orang sehabis memutuskan buat berkeluarga, tanpa disadari oleh mereka tidak tidak sering mereka yang sudah jadi seseorang suami melaksanakan tindakan - tindakan yang menyimpang dari syarat allah swt dan juga telah melanggar norma - norma dalam agama dan melanggar hak - hak isterinya. jadi para suami dikala ini wajib ketahui tindakan - tindakan yang dalam islam dikategorikan bagaikan aksi durhaka suami terhadap istri, dan juga berikut ini sebagian sikap yang kerap para suami jalani, ialah:

1. menelantarkan belanja istri

dari ‘abdullah bin ‘amr, dia mengatakan: ”rasululluah bersabda: ’seseorang cukup ditatap berdosa apabila dia menelantarkan belanja orang yang jadi tanggung jawabnya. ’” (hr. abu dawud nomor. 1442 cd, muslim, ahmad, dan juga thabarani)

pada hadist tersebut diterangkan kalau suami yang menelantarkan belanja istri dan juga anak nya berati sudah melaksanakan perbuatan yang dosa. karna seseorang majikan yang menelantarkan honor karyawannya sampai - sampai mereka tidak dapat penuhi kebutuhannya pula dikatakan dosa. hingga begitu pula dengan seseorang pemimpin yang menelantarkan kebutuhan rakyatnya, hingga dia berdosa. sudah jadi kewajiban kalau seseorang suami wajib membagikan belanja kepada istri dan juga pula anak mereka serupa semisal buat membeli baju, santapan, dan juga pula kebutuhan yang lain. apabila tidak dan juga cuma dapat menelantarkan aja berarti suami tersebut sudah berbuat durhaka kepada istri.

dari”asyah ra, kalau hindun binti utbah sempat mengatakan: ’wahai rasulullah, sebetulnya abu sufyan merupakan orang yang kikir dan juga tidak ingin membagikan kepadaku belanja yang cukup buat saya dan juga anakku, sampai - sampai terpaksa saya mengambil dari hartanya tanpa sepengetahuannya. ”beliau besabda: ’ambillah semata - mata cukup buat dirimu dan juga anakmu dengan normal. ” (hr. bukhari nomor. 4945 cd, muslim, nasa’i, abu dawud, ibnu majah, ahmad, dan juga darimi)

hadist tersebut mencerahkan kalau istri yang diberi nafkah tidak setimpal dengan kebutuhannya sementara itu suami memiliki harta yang cukup hingga diperbolehkan mengambil seorang diri harta itu tanpa sepengetahuan suaminya semata - mata buat penuhi kebutuhannya dan juga anaknya secara normal. suami yang melaksanakan kedurhakaan ini bisa jadi diakibatkan oleh :

suami jengkel terhadap perilaku boros istrinya
suami memiliki selingkuhan, sampai - sampai kurang ingat hendak istrinya dan juga keluarganya
suami lebih mementingkan kegemarannya seorang diri (egois)
istri memiliki pemasukan seorang diri jadi suami berpikiran tidak butuh lagi berikan duit belanja sendiri
suami lebih mementingkan saudaranya/ortunya

para suami sebaiknya menyadari kalau sepanjang dia menelantarkan belanja istri, sepanjang itu pula dosa yang telah diperbuuat kepada si istri. oleh karna itu dia harus memohon maaf kepada istrinya dan juga berikutnya bertaubat kepada allah. dia harus menyadari kalau tidak membelanjai istri termsuk mendurhakai allah swt. karna dosanya tidak cuma semata kepada istri tetapi pula kepada allah swt.

2. tidak berikan tempat tinggal yang aman

“tempatkanlah mereka (para istri) di tempat kamu bertempat tinggal bagi keahlian kamu dan juga janganlah menyusahkan mereka buat menyempitkan (hati) mereka. bila mereka (istri yang di thalaq) itu lagi berbadan dua, berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka melahirkan…” (qs. ath - thalaaq (65) : 6)

allah menarangkan kepada para suami yang menceraikan istrinya diharuskan buat senantiasa membagikan tempat tinggal untuknya sepanjang masa iddah dan juga tidak boleh kurangi belanja istrinya ataupun mengusirnya dari rumah karna mau menyusahkan hatinya ataupun memaksanya mengembalikan harta yang sempat dikasih kepadanya ataupun tujuan yang lain. bila mantan istrinya yang masih dalam masa iddah aja wajib memperoleh hak nafkah dan juga tempat tinggal yang baik, hingga lebih utama dan juga lebih harus lagi untuk istri sahnya buat memperoleh perlakuan yang lebih baik dari pada itu.

3. menjadikan istri bagaikan pemimpin rumah tangga

dari abu bakrah, dia mengatakan: ”rasulullah saw. bersabda: ‘tidak hendak beruntung sesuatu kalangan yang dipandu oleh seseorang perempuan. ’ “ (hr. ahmad n0. 19612 cd, bukhari, tirmidzi, dan juga nasa’i)

rasul mengantarkan kalau sesuatu kalangan (tercantum didalamnya suami) tidak hendak sempat mendapatkan kejayaan ataupun keberuntungan apabila menjadikan seseorang perempuan (tercantum istri) jadi seseorang pemimpin. wujud ketidak beruntungan ini merupakan hilangnya wibawa suami sampai - sampai berikan kesempatan buat istri berlaku sesukanya dalam mengendalikan rumah tangga tanpa memperdulikan komentar suami (sebutan kerennya ipsti=ikatan para suami cemas istri). menyuruh istri mencari nafkah dan juga mengendalikan urusan rumah tangga tercantum menjadikan istri bagaikan pemimpin. suami yang berbuat demikian berarti melanggar syarat yang diresmikan allah dan juga rasul - nya. sebagian aspek pemicu kedurhakaan ini:

suami seseorang pemalas yang enggan memikul tanggung jawab bagaikan kepala rumah tangga.
suami yang telah uzdur sampai - sampai tidak dapat melangsungkan tugas dan juga kewajibannya bagaikan pemimpin rumah tangga
suami sangat padat jadwal dengan pekerjaannya dan juga hobinya sampai - sampai tidak dapat mengurus kepentingan keluarga tidak hanya cuma berikan duit belanja aja. karna benar tanggung jawab suami tidak cuma meberikan nafkah aja, para suami pula wajib membimbing anak dan juga pula istri mereka supaya memiliki akhlak yang baik.

mengingat besarnya tanggung jawab dan juga akibat yang ditimbulkan akibat kedurhakaan ini, jadi para suami harus menjauhi perbuatan tersebut. dan juga wajib lekas memohon maaf terhadap istri dan juga bertaubat kepada allah swt.

4. tidak melunasi mahar

dari maimun al - kurady, dari ayahnya, dia mengatakan: ”saya mendengar nabi saw. (bersabda) : ’siapa aja laki laki yang menikahi seseorang wanita dengan mahar sedikit ataupun banyak, namun dalam hatinya bermaksud tidak hendak menunaikan apa yang jadi hak wanita itu, berarti dia telah mengacuhkannya. apabila dia mati saat sebelum menunaikan hak wanita itu, kelakpada hari kiamat dia hendak berjumpa dengan allah bagaikan orang yang fasiq…’” (hr. thabarani, al - mu; jamul, ausath ii/237/1851 cd)

bagi hadist ini seseorang suami yang telah menetapkan mahar buat istrinya, namun setelah itu tidak membayarkan mahar yang dijanjikan kepada istrinya, berarti menipu ataupun mengicuh istrinya. bila dia tidak mempunyai mahar hingga dia boleh mengutang kepada istrinya. dalam qs. al - baqarah (2) : 237 mencerahkan kalau “jika kamu menceraikan istri istri kamu saat sebelum kamu bercampur dengan mereka, sementara itu kamu sudah memastikan maharnya, bayarlah setengah dari mahar yang telah kamu tentukan itu, kecuali bila istri istri kamu itu telah memaafkan ataupun dimaafkan oleh orang yang memegang jalinan nikah. pemberian maaf kamu itu merupakan lebih dekat kepada taqwa. janganlah kamu melupakan kebaikan antara sesama kamu. sebetulnya allah maha memandang apa yang kamu kerjakan. ”.

suami yang berutang mahar kepada istrinya dengan hasrat tidak hendak melunasinya wajib mempertanggung jawabkannya di akhirat nanti. suami yang tidak melunasi maharnya bisa jadi sekali diakibatkan oleh aspek aspek :

suami berpikiran kalau mahar sudah tidak butuh lagi dia bagikan karna saat ini sudah jadi satu keluarga, baginya tidak terdapat perhitungan hutang piutang untuk orang yang sudah terikat dalam ikatan suami istri.
istri tidak sempat menagih sampai - sampai suami berpikiran istri tidak lagi memerlukannya.

whatever sebab yang menjadikan dasar buat suami melaksanakan kedurhakaan ini senantiasa tidak dibenarkan. karna seluruh berbagai utang harus dilunasi baik oleh suami ataupun istri dan juga buat melunasinya tidak butuh menunggu ditagih. jadi benar wajib dilunasi supaya tidak terjalin perihal yang mendurhakai antara suami dengan istri.

5. menarik mahar tanpa keridhaan istri

(20) “jika kamu (para suami) mau mengubah istri dengan istri yang lain, lagi kamu telah membagikan kepada salah seseorang diantara mereka itu mahar yang banyak, janganlah kamu mengambilnya berulang sedikitpun. apakah kamu kamu hendak mengambilnya berulang dengan trik trik yang licik dan juga dosa yang nyata? (21) gimana kamu hendak mengambilnya berulang, sebaliknya kamu satu dengan yang lain sudah silih bercampur (bagaikan suami istri) dan juga mereka ( istri istri kamu) telah membikin perjanjian yang kuat dngan kamu, ” (qs. an - nisaa’ (4) : 20 - 21)

ayat tersebut dengan tegas mencela suami yang memohon ataupun menarik berulang mahar yang telah dikasih kepada istrinya, baik sebagian ataupun seluruhnya. tujuan islam menetapkan mahar dalam pernikahan merupakan buat menghormati peran istri yang pada jaman saat sebelum islam tidak memperoleh hak buat mempunyai dan juga memahami harta kekayaan whatever, baik dari orang tuanya ataupun suaminya. disamping itu mahar menggambarkan lambang kekuasaan wanita yang dikasih oleh islam buat memastikan opsi atas laki laki yang hendak mempersuntingnya. aspek yang menimbulkan suami melaksanakan aksi ini bisa jadi diakibatkan oleh :

suami yang jengkel atas perlakuan dan juga pelayanan istrinya yang dianggapnya tidak setimpal dengan harapanya. trik serupa ini sudah dengan jelas salah hendaknya suami tersebut menasehati dengan dengan trik yang pas yang sudah ditetapnya dalam syariat islam.
suami bakal memperoleh modal kerja. bila ini terjalin suami sebaiknya memohon ijin kepada istrinya dan juga bila istri menolak hingga tidak boleh mengambilnya secara paksa.
suami mau menikah lagi. aksi serupa ini pula tidak benar karna bagaikan suami pula sepatutnya mengenali kalau istri pula memiliki hak buat tidak dimadu.

suami yang benar sudah terlanjur menarik maharnya tersebut hendaknya wajib lekas memohon maaf kepada si istri dan juga pula lekan meminta ampun kepada allah swt.

6. mengabaikan kebutuhan intim istri

dari anas ra, nabi saw bersabda: ”jika seorang diantara kamu bersenggama dengan istrinya, hendaklah dia melaksanakannya dengan penuh intensitas. berikutnya, apabila dia telah menuntaskan kebutuhannya (menemukan kepuasan) saat sebelum istrinya memperoleh kepuasan, janganlah dia buru buru (mencabut penisnya) hingga istrinya menciptakan kepuasan. ” (hr. ’abdur razzaq dan juga abu ya’la, jami’ kabir ii/19/1233)

rasullullah saw bersabda: ”janganlah sekali kali seorang diantara kamu menyenggamai istrinya serupa seekor hewan bersenggama, namun hendaklah terdapat pendahuluan diantara keduanya. ’ada yang bertanya”apakah pendahuluan itu? ”beliau bersabda : ”ciuman dan juga perkataan (romantis). ” (hr abu syaikh)

penuhi kebutuhan intim istri ialah mengusahakan supaya istri memperoleh kepuasan sebagaimana yang suami miliki. bagaimanapun triknya (dapat dengan minum jamu, olah raga, ataupun dengan perihal yang lain) sebisa bisa jadi suami wajib berupaya dan juga mencermati kebutuhan intim istri dan juga tidak boleh mengabaikannya karna berarti melanggar perintah agama.

7. melanggar persyaratan istri

“hai orang orang yang beriman, penuhilah janji janji kamu.. ” (qs. al - maaidah (5) : 1)

“dari uqbah bin “amir ra, dia mengatakan: ”rasulullah saw bersabda: ’syarat yang palling berhak buat kamu memenuhi yakni ketentuan yang menjadikan kamu halal berwenggama dengan istri kamu. ’” (hr. bukhari nomor 2520 cd, muslim, tirmidzi, abu dawud, ibnu majah, ahmad dan juga darimi)

allah memerintahkan orang - orang yang beriman buat penuhi janji yang dibuatnya dengan orang - orang yang ikut serta dengan perjanjian. dalam hadist tersebut rasulullah saw mencerahkan suami istri wajib penuhi perjanjian yang telah dibuatnya, terlebih lagi perjanjian serupa itu amat pantas dipadati dengan sebaik baiknya. islam membetulkan pemberian ketentuan yang diajukan oleh pihak istri ataupun keluarga istri sepanjang tidak berlawanan dengan syariat islam kepada calon suami. jadi para suami pula wajib senantiasa melindungi komitmen dini yang sudah mereka buat dan juga setujui.

8. menyenggamai istri dikala haidh

“mereka bertanya kepadamu tentang haidh, katakanlah: ’ haidh itu merupakan sesuatu kotoran. ’ oleh karna itu, hendaklah kamu menjauhkan dirindari perempuan pada waktu haidh dan juga janganlah kamu mendekati mereka saat sebelum mereka bersuci. apabila mereka telah suci, campurilah mereka ditempat yang diperintahkan allah kepada kamu. sebetulnya allah menggemari orang orang yang bertaubat dan juga menggemari orang orang yang menyucikan diri. ” (qs al - baqarah (2) : 222)
baca pula
kuserahkan pada tuhan sajadah yang kuhamparkan
jadi orang tua demokratis? libatkan anak dalam diskusi
ayo mendefinisikan ulang arti toleransi
cerita anak smp yang lumpuh karna bangkunya ditarik oleh temannya yang iseng ini jadi viral
kotoran cicak apakah tercantum najis ? nyatanya ini hukum nya

follow kami di mari :
perempuan yang lagi haidh berposisi dalam kondisi sakit. artinya yakni hadapi kondisi yang membikin kesehatannya tersendat karna keluarnya darah kotor dari dalam rahimnya.. menyenggamai istri dikala haidh merupakan sesuatu perbuatan yang dilarang karna sama halnya dengan menyakitinya dan juga menggambarkan sesuatu aksi yang mengusik keselamatannya. di sebut darah kotor karna didalamnya tercantunm bibit penyakit yang bila dituntut melaksanakan ikatan intim kuman tersebut tidak cuma menjangkiti kepunyaan istri tetapi pula kepunyaan pria pula turut terkena. lagi pula apa tidak terasa jijik apa? tidak hanya itu perempuan yang dalam kondisi nifas pula dilarang buat disetubuhi karna bagi pakar penggalan dalam dari perlengkapan vitalnya terluka jadi tidak membolehkan buat diajak bersetubuh. dalam kehidupan berumah tangga bukan tidak bisa jadi suami melaksanakan aksi ini. perihal ini bisa jadi dicoba disebabkan :

suami tidak dapat menahan diri (hypersex) buat tidak bercampur dengan istrinya
suami mau melaksanakan keluarga berencana. melaksanakan kb tidak wajib dengan trik serupa ini karna masih banyak trik lain yang tidak melanggar syariat islam.

begitu berdosa untuk para suami yang benar melaksanakan perbuatan keji yang mampu menyakiti istrinya.

9. menyenggamai istri melalui duburnya

dari ibnu abbas, dia mengatakan: ”’umar (ibnu khaththa) tiba kepada rosulullah saw. , dia bertanya: ’ya rosullullah, aku telah binasa. ’ dia bertanya: ’apa yang menimbulkan kalian binasa? ’ dia menanggapi: ’semalam aku telah membalik posisi istriku. ’akan namun dia tidak menanggapi sedikitpun, kemudian turun kepada rosulullah saw ayat. ’istri kamu merupakan lading untuk kamu, hingga datangilah lading kamu dimana dan juga kapan aja kamu kehendaki. ’ (berikutnya dia bersabda: ’datangilah dari depan ataupun balik, namun jauhilah dubur dan juga kala haidh. ’” ( hr tarmidzi nomor. 2906)

perbuatan menyenggamai istri pada duburnya menggambarkan aksi yang membinasakan individu muslim, tiap suami muslim harus menjauhinya, karna perihal ini menggambarkan aksi yang dimurkai oleh allah dan juga menggambarkan kedurhakaan terhadap istri. jadi para suami benar wajib senantiasa menginggat hendak perihal yang dilarang dalam agama yang sudah jadi syarat dari allah swt.

10. menyebarkan rahasia ikatan dengan istri

ikatan suami istri haruslah dicoba ditempat yang tidak nampak teman , terlebih lagi suaranya juga tidak boleh terdengar teman . suami istri harus melindungi kehormatan tiap - tiap terlebih dihadapan teman . suami yang menyebarkan rahasia diri dan juga istrinya kala bersenggama berarti telah melaksanakan perbuatan durhaka terhadap istri. hingga dari itu wajib betul - betul melindungi antara suami dengan istri supaya tidak terbentuknya perihal yang mampu merangsang aksi serupa itu. (kabarmuslimah)


berikut ini lanjutan dari 20 aksi durhaka suami terhadap istri yang dilarang agama, ialah:

11. memeras istri

“ …dan janganlah kamu menerukan jalinan perkawinan dengan mereka (istri - istri) guna menyusahkan mereka. benda siapa berbuat demikian, hingga begitu ia telah menganiaya pribadinya sendiri…” (qs. al - baqarah (2) : 231)

motif yang menimbulkan suami tega melaksanakan perbuatan tercela ini memeras istri mereka bisa jadi merupakan bagaikan berikut :

suami bermaksud memperoleh harta istri lewat permintaan cerai istri, karna dalam islam bila istri memohon cerai suami berhak mengambil berulang maharnya ataupun memohon tebusan si istri
suami mau menikah lagi, jadi membikin tipu energi supaya istri yang memohon cerai dari suami
suami mau hidup lezat tanpa bekerja keras. sesungguhnya itu menggambarkan trik yang salah karna benar sudah jadi tanggung jawab untuk tiap suami buat bekerja dan juga menafkahi istri dan juga anak mereka.

12. menuduh istri berzina

(6) “dan orang orang yang menuduh istri mereka berzina, sementara itu mereka tidak memiliki saksi mata saksi mata tidak hanya diri mereka seorang diri, hingga kesaksian satu orang dari meeka merupakan bersumpah 4 kalli dengan nama allah kalau sebetulnya ia merupakan tercantum orang orang yang benar (dalam tuduhannya) (7) dan juga kelima kalinya (dia mengucapkan) kalau laknat allah hendak mengenai dirinyajika nyatanya dia terkategori orang orang yang berdusta. ” (qs. an - nuur (24) : 6 - 7)

ayat tersebut berikan syarat buat melindungi istri dari tuduhan suami. karna tuduhan itu mampu mengganggu kehormatan dan juga harga diri istri. oleh karna itu, butuh dicoba pengaturan ketat supaya suami tidak mampu sembarangan menuduh istrinya berzina tanpa fakta yang dipertanggung jawabkan bagi syariat islam. dan juga benar bila seseorang suami menuduh dengan tegas si istri wajib mempunyai fakta kokoh yang menampilkan bila si istri betul - betul berzina.

13. mengganggu martabat istri

dari mu’awiyah al - qusrayiri, dia mengatakan: ”saya sempat tiba kepada rosulullah saw. ’ dia mengatakan lagi: ’saya kemudian bertanya: ’ya rosulullah, apa aja yang engkau perintahkan (buat kami perbuat) terhadap istri - istri kami? ’beliau bersabda: ’…janganlah kamu memukul dan juga janganlah kamu menjelek - jelekan mereka. ’” (hr abu dawud nomor 1832)

nabi saw melarang para suami menjelek jelekan ataupun merendahkan martabat istri. suami dilarang memakai kata yang bernada merendahkandan, menghina martabat istri baik di hadapannya ataupun dihadapan teman . karna meski istri berasal dari keluarga yang lebih rendah status ekonominya dibandingkan pribadinya.

14. memukul (tanpa peringatan terlebih dulu)

disini berarti bila suami sudah memakai kekerasan para istri benar wajib mengambil keputusan tegas dengan melaporkannya pada komnas proteksi anak dan juga wanita. karna sudah masuk jenis kekerasan dalam rumah tangga. karna dalam rumah tangga bila benar terdapat permasalahan dapat dituntaskan secara baik - baik dan juga kepala dingin tanpa terdapatnya kekerasan yang menimbulkan istri terluka.

15. mengajak istri berbuat dosa

para suami sepatutnya membimbing istri dan juga anak mereka kejalan yang benar supaya mempunyai sikap dan juga akhlak yang baik. jangan malah mengajak istri buat berbuat dosa serupa semisal karna kebutuhan ekonomi yang wajib lekas dipadati suami mengajak istri buat menipu ataupun terlebih lagi mencuri. itu menggambarkan perbuatan dosa yang wajib lekas diperbaiki dan juga mohon ampun kepada allah swt.

16. mengikat istri dengan saudari ataupun bibinya

sebetulnya seseorang istri pula mempunyai hak buat ingin ataupun tidaknya dimadu. jadi suami pula wajib paham dan juga jangan memaksakan bila benar si istri tidak ingin dimadu. dan juga kebalikannya bila benar istri ikhlas daan siap buat dimadu.

17. mengasyikkan hati istri dengan melanggar agama

disini maksudnnya mengasyikkan hati istri dengan melanggar agama artinya serupa membagikan hadiah serupa cincin tetapi dengan duit ataupun hasil yang tidak halan serupa hasil curian. jadi coba buat bahagia hati istri dengan yang halal meski itu dengan kesederhanaan.

18. menceraikan istri solehah

bila suami menceraikan istri yang solehah hingga merugilah apa yang mereka jalani karna tidak gampang buat jadi seseorang istri soleha. terlebih bila suami menceraikan buat memilah perempuan lain yang menggodanya hingga sunggu mereka mendurhakai si istri. oleh karna itu dia harus memohon maaf kepada istrinya dan juga berikutnya bertaubat kepada allah.

19. berat sebelah dalam menggilir istri

jadi seseorang suami yang benar mempunyai istri lebih dari satu wajib berlagak adil kepada seluruh istri mereka. jangan berat sebelah dalam menggilir para istri mereka karna alesan sudah bosan ataupun benar lebih menggemari istri muda. tidak serupa itu suami yang benar memilah buat mengikat wajib mempunyai perilaku adil dan juga jangan hingga menyakiti hati dari sebagian istri mereka.

20. mengusir istri dari rumah

jangan cuma karna emosi sesaat permasalahan yang dapat dituntaskan dengan baik - baik, mampu membikin kamu bagaikan seseorang suami mengambil aksi yang parah. jangan sekali - sekali mengusir istri dari rumah karna permasalahan yang masih dapat dielesaikan dengan omongan yang baik. jangan hingga teman pula tau permasalahan rumah tangga bila benar masih dapat dituntaskan berdua.

demikianlah tadi sebagian aksi yang tidak disukai oleh allah swt dan juga benar dilarang didalam agama dan juga menggambarkan kedurhakaan terhadap istri yang bila para suami langgar hingga rahmat dan juga nikmat dari allah tidak hendak sempat mereka rasakan. mudah - mudahan mampu berguna dan juga mampu diperuntukan pelajaran buat membangun suatu rumah tangga yang harmonis. (kabarmuslimah)






(sumber : http: //wowmuslim. blogspot. com/2017/09/20 - tindakan - durhaka - suami - terhadap. html )