Subhanallah !! Inilah Nasihat Seorang Ibu Kepada Putrinya yang Akan Menikah (Merinding Banget Bacanya)

Nasehat dan juga wasiat dari teman rasulullah saw. umamah binti (AL) harits ra, yang ditujukan pada putrinya pada hari pernikahannya:

wahai putriku, andai aja nasehat itu tidak bermanfaat buat orang yang mempunyai keutamaan dalam akhlak ataupun generasi yang terhormat, pastilah engkau tidak membutuhkan nasehat, namun nasehat ini buat menegaskan orang yang bisa jadi kurang ingat, ataupun bagaikan olahan pertimbangan buat seorang yang berakal.

wahai putriku, andai aja istri tidak membutuhkan suami karna terasa cukup cuma kedatangan orang tuanya dan juga kecintaan keduanya yang begitu terhadap putrinya, hingga engkaulah orang yang amat tidak memerlukan perkawinan. namun sudah kodrat, bahwa perempuan dicipta buat jadi pendamping laki - laki. dan demikian kebalikannya, laki - laki terbentuk buat jadi pendamping perempuan.

wahai putriku, dikala ini, engkau sudah meninggalkan lingkunganmu yang dulu dan juga rumah tempat engkau di besarkan kedalam alam yang serba - serbi baru bagimu berbarengan pendamping yang sebelumnya engkau tidak mengenalnya. jadi mulai semenjak hari ini, engkau sudah jadi kepunyaan seorang. jadilah engkau sebaik - baik pelayannya, tentu dia hendak jadi suami yang baik bagimu.

wahai putriku, jagalah 10 masalah yang hendak kuberikan padamu, tentu hendak jadi kekayaan berharga dan juga masa kemudian bagimu.

kesatu dan juga kedua, temanilah suamimu dengan watak qana’ah (apa terdapatnya) dan juga dengar dan juga taatilah perintahnya. sebetulnya dengan watak qana’ah, hatimu hendak tenang. dan juga mendengar dan juga patuh padanya, engakau hendak mendapatkan ridha dari rabb - mu.

ketiga dan juga ke 4, jaga hidung dan juga matanya. jangan sempat matanya amati pada dirimu sesuatu perihal yg tidak menyenangkannya. ataupun hidungnya mencium darimu, kecuali bau yang harum. hingga celak ialah sebaik - baik hiasan mata dan juga air cukup buat menyirnakan bau.

ke 5 dan juga ke 6, ingatlah waktu makannya dan juga tenanglah kala tidurnya. karena lazimnya gejolak lapar hendak membakar amarah. lagi kurang tidur hendak menimbulkan emosi.
ketujuh dan juga kedelapan, hormati dan juga pelihara keluarga, kanak - kanak dan hartanya. apabila engkau dapat melindungi hartanya, nyatanya engkau hendak mendapatkan kehormatannya. apabila engkau melindungi hak keluarga dan juga anak - anaknya hingga hendak buatnya berlaku baik padamu.

kesembilan dan juga kesepuluh, jangan sempat engkau membeberkan rahasianya dan menentang perintahnya. apabila engkau membocorkan rahasianya, jangan berharap engkau selamat dari pembalasannya. apabila engkau menentang perintahnya hingga engkau hendak membikin dadanya bergejolak. kemudian jaganlah engkau bergembira kala dia berkecil hati, ataupun juga bersedih dikala dia lagi bergembira. karena, yang kesatu ialah wujud minimnya perhatianmu. dan juga yang ke - 2 hendak mengeruhkan hubunganmu dengannya. upayakan semaksimal bisa jadi buat menghormatinya mungkin besar ia hendak berikan penghormatan untukmu. serupa itu pula, jadilah engkau teman yang amat setia kepadanya, nyatanya ia hendak berbuat sama terhadapmu.

ketahuilah wahai putriku, bahwa engkau mustahil mendapatkan cintanya sampai dirimu ikhlas buat mengalah dan juga memprioritaskan apa yang diinginkannya daripada wajib menjajaki apa yang engkau kehendaki.

mudah - mudahan allah senantiasa berikan kebaikannya padamu dan juga menjagamu. 

mudah - mudahan allah memberkahi yang berikan dan juga yang siap menerima nasihat.


allahu alam










( sumber: https:// 9muslimiracle. blogspot. com/2017/04/subhanallah-inilah-nasihat-seorang-ibu. html )