Muslimah Sholat Berjamaah Memakai Mukena Warna Warni? Muslimah Wajib Baca!! Inilah Hukumnya...

Mukena menggambarkan peralatan sholat untuk kalangan muslimah, tetapi saat ini mukena tidak cuma spesial buat ibadah melainkan buat menjajaki tern yang terdapat, serupa pada era saat ini banyak perempuan yang menggunakan mukena corak warni, dengan opsi banyak motif dan corak yang mengundang mata buat menatapnya.

tetapi mengerti kah kamu kalau mukena yang corak warni dan bercorak berbagai – berbagai ini tidak mampu digunakan kala kamu sholat berjamaah terlebih sholat berjamaah dimasjid. kenapa demikian?


karena mukena dengan corak warni menawan berkilau dan dengan bermacam motif serupa polkadot, bunga, dan juga yang lain sudah tentu dapat mengundang atensi teman .

sedangkan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan kita buat menjauhi baju yang mengundang atensi orang. dia bersabda:

“siapa yang mengenakan baju syuhrah di dunia, hingga allah hendak memberinya baju hina pada hari kiamat. ” (ahmad, abu daud, nasai dalam sunan al - kubro, dan juga dihasankan al - arnauth).

“maksud hadist, seorang tidak diperbolehkan mengenakan baju yang amat bagus dan juga indah, hingga mengundang atensi banyak orang. ataupun mengenakan baju yang amat kurang baik ataupun lusuh, hingga mengundang atensi banyak orang. yang kesatu, sebabnya karna kelewatan sedangkan yang kedua karna menampilkan perilaku sangat pelit. yang tersadu yakni pertengahan. ” (al - mabsuth, 30: 268)

ada juga uraian lain menimpa makruhnya mengenakan mukena yang ada gambar ataupun motif padanya.

" dimakruhkan sholat mengenakan baju ataupun mukena yang ada gambar. " (nihayatuzzain hlm 48)

" diantara kemakruhan shalat yakni shalat yang di hadapannya ada suatu yang mampu jadi pusat perhatiannya serupa gambar hewan ataupun yang lain. tetapi bila gambar - gambar tersebut tidak menarik atensi hingga bukanlah makruh. ini menggambarkan komentar dari madzhab malikiyah dan juga syafiiyah. " (  (AL) fiqh ala madzahi AL) arbaah juz 1 perihal 252)

seperti itu uraian menimpa hukum mengenakan mukena corak warni dikala sholat paling utama sholat berjamaah, hukum menggunakan mukena yang mempunyai energi corak yang mencolok dan motif yang rupa – rupa yakni makruh karena mampu mengundang mata buat melihatnya sampai - sampai mungkin menjadikan sholatnya kurang khusu’ karena memandang mukena tersebut.






( sumber : ummi - online. com  )