Masyaallah... Agar Anak Mengerti dan Rajin Sholat, Berikut Cara Mengajari Sedari Umur 0 Hingga 10 Tahun Keatas

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnyya, pribahasa ini dapat kita peruntukan buat mengajar anak belajar menunaikan sholat dari ayunan. didalam konteks tutorial kesatu buat kanak - kanak, kita bertanggungjawab buat mengajar anak buat sholat yakni salah satu amanah yang amat berarti dan juga berat untuk orang tua. mengajar dan juga mendidik anak buat sholat tidak semudah kita mengarahkan anak abc dan juga 123. kita bertanggungjawab atas perihal besar ini dan juga tentu muncul bermacam tes dan juga cobaan ini membutuhkan bunda ayah yang bijaksana.

yang kesatu merupakan jadilah bunda dan juga ayah baik yang dapat jadi teladan
bunda ayah yakni teladan yang tersadu dan juga terdekat buat diiringi oleh anak. ayah yang slalu berangkat ke masjid, mamanya yang slalu siap, kala mendengar adzan dan juga berkata pada anak buat sholat berjema’ah ialah teladan yang tersadu buat kanak - kanak ayah bunda sekaligus.

buat usia anak 0 – 2 tahun wujudkan atmosfer yang sholeh sholehah
biarpun kanak - kanak kala kecil, tiada faham dan juga paham, tetapi area yang bahagia dan juga shalehah hendak menjadikan atmosfer biasa. ia terbiasa memandang bunda dan juga ayahnya shalat pas waktunya, shalat berjama’ah, dan juga tau tentang adzan dan juga mencermati teks ayat - ayat al - qur’an.

berkata - lah dengan kata mengasyikkan dan juga pula menceritakan dengan sianak, contohnya ”tunggu disebelah bapak / bunda ya nak, bunda ingin shalat. ” ataupun dapat pula ” terima kasih anakku sayang karna telah tunggu bapak/bunda shalat. ”

buat usia anak 2 – 3 tahun – ajaklah anak anda
kita bagaikan bunda bapak tidak butuh merasakan jenuh buat slalu mengajak anak shalat. biarpun mereka tidak biasa dengan ajakkan kita. walaupun mereka cuma mencermati dan juga tiada dikuti, teruslah menyebut masing - masing kali kita mahu shalat. ”yukk turut ummi/abi shalat! ”

buat usia anak 4 – 6 tahun – buat apa kita sholat?
telah datang waktunya buat bunda bapak berkisah tentang kepentingan shalat pada anak kamu. pencerahan dalam wujud cerpen dapat berikan cerminan yang bagus dan juga jelas pada anak.

katakan pada kanak - kanak secara kerap tentang masjid. ajaklah anak ke masjid. kenalkan ahklak adab - adabnya, shalat jama’ah, ikatan sosial warga dengan
jama’ah yang lain dan juga lain sebagainya.

kepada usia ini pula bunda bapak telah dapat mengantar anak ke tk islamiyah yang mengarahkan anak tentang shalat biarr anak lebih paham dan juga bahagia buat shalat.

buat usia 7 – 9 tahun – penekanannya dan juga tanggungjawab
ini menggambarkan tahun pengokohan untuk azas shalat buat anak. bunda bapak telah menampilkan teladan, ajakan dan juga pemahamannya dari semenjak lahir. masa ini anak sepatutnya telah tau apa aja yang berarti dikerjakan kala adzan, trik mengambilkan air wudhuk, gerakan shalat dan juga bacaannya di dalam shalat.

biarpun tiada bisa dengan mudah dan juga tidak teliti, sekurang - nya anak telah terdapat azas. mencapainya usia 9 tahun, bunda bapak telah mulai dikit tegas dan juga slalu ingatkan anak buat shalat.

buat usia 10 tahun ke atas – denda dan juga hukumannya
dalam hadist bab shalat, nabi muhammad saw membetulkan kita buat memukul mereka yang tidak shalat waktu dia usianya 10 tahun. tetapi saat sebelum bapak bunda memukul, terdapatkah kita sudah membagikan penafsiran dan teladan yang baik buat anak?

tiada gampang buat bunda bapak menjatuhi hukuman dan juga memukul anaknya. tetap kita mudah - mudahan jadi pemimpin yang adil dalam memastikan hukuman dan juga denda terhadap kanak - kanak.

yang terakhir merupakan doa
senantiasa mengamalkan do’a nabi ibrahim as.

رَبِّ هَبْ
initial; background - origin: initial; background - position: initial; background - repeat: initial; background - size: initial; font - size: 13pt; line - height: 115 persen ; " >لى مِنَ الصَّالِحينَ

“ya tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seseorang anak) yang tercantum orang - orang yang saleh. ”qs. ash - shaaffaat (37)


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

“ya robbku, jadikanlah saya dan juga anak cucuku orang yg senantiasa melakukan sholat… ya robb kami , perkenankanlah doaku” (qs. ibrahim: 40 )

bermacam sistem butuh dianjurkan oleh bapak bunda dilingkungan dalam mengajak anak buat shalat keterpaksaan dan juga kekerasan cuma mampu membuntukan sistem azas pengetahuan shalat mereka.

supaya kanak - kanak kita mampu mengerjakan shalat 5 waktu yang menggambarkan salah satu ibadah yang amat berarti buat seseorang muslim dan juga muslimah. bagaikan bapak bunda kita sewajarnya membagikan tarbiyah shalat sedini bisa jadi pada kanak - kanak kita menjajaki usia mereka.





( sumber: https:// 7keluarga-cemara. blogspot. co. id/2017/04/masyaallah-agar-anak-mengerti-dan-rajin. html )