Hebat, Kini Rektor Dipilih Oleh Presiden, Biar Mudah Dikontrol

Menteri dalam negara (mendagri) tjahjo kumolo berkata penentuan pemimpin di akademi besar negara ataupun rektor saat ini diwajibkan diseleksi presiden. baginya perihal ini dilatarbelakangi oleh tanggung jawab rektor dalam proses penyeragaman.

“penentuan rektor ya sepanjang ini oleh dikti, hasil komunikasi kami dengan mensesneg dengan ayah presiden, pak mendikti, aku kira terakhir (penentuannya) wajib dari ayah presiden, ” kata tjahjo di kantor kemendagri, jalur medan merdeka utara, gambir, jakarta pusat, kamis (1/6/2017).
perihal tersebut di informasikan tjahjo karna kekhawatiran terdapatnya pandangan hidup tidak hanya pancasila yang menyusup dalam akademi besar. tidak hanya itu, ia pula berkata pemerintah merangkul seluruh akademi besar negara ataupun swasta karna memiliki komitmen sama.

“salah satunya, kemudian gerakan - gerakan aktualisasi kampus ini benar wajib diperhatikan, benar pak mendikti (meter nasir, red) sudah mengantarkan rektor wajib bertanggung jawab, tetapi proses buat penyeragaman, aku kira wajib ayah presiden, ” ucapnya.

“arahnya benar pak mendikti memohon ya, kalau permasalahan dorongan, permasalahan donasi, permasalahan kerjasama, itu jangan dibedakan antara akademi besar negara dan juga swasta, karna whatever mereka pula memiliki program dan juga memiliki komitmen yang sama, ” imbuh tjahjo.

soal mekanisme pemilihan rektor itu, kata tjahjo, prosesnya sama serupa pemilihan gubernur. tetapi ia tidak ingin menarangkan soal mekanisme tersebut secara rinci karna masuk dalam ranah kemenristek dikti.

“silahkan tanya pada pak mendikti, aku kira mekanisme bakunya sudah terdapat, tetapi sama dengan sekda, bupati, wali kota, sama dengan gubernur dengan sepengetahuan ayah presiden, ” ucapnya.

“supaya utuh aja lah, aku tidak dapat mendefinisikan, hampir terdapat forum konsultasi antara pak mendikti dan juga ayah presiden, buat memutuskan siapa yang jadi rektor, ” lanjut tjahto.





( sumber: http:// www. republik. in/2017/06/pol-hebat-kini-rektor-dipilih-oleh. html )