10 Gambaran Azab Neraka Jahanam yang Sangat Menakutkan

Secara bahasa kata neraka diucap naar, yang berarti api yang menyala. secara sebutan, neraka berarti tempat balasan berbentuk siksaan untuk orang yang berbuat dosa dan juga kesalahan. neraka merupakan tempat penyiksaan dimana wujud hukumannya yang amat amat menyiksa ditafsirkan bagaikan api.

hukuman yang hendak diterima para penunggu neraka hendak bertingkat - tingkat. karna neraka memiliki bermacam tingkatan, dimana satu tingkatan hukumannya lebih pedih daripada tingkatan yang lain, hingga para penunggu neraka hendak mendapatkan tingkatan hukuman yang berubah.

jahanam (bahasa arab: jahannam) merupakan neraka tempat penyiksaan yang mempunyai 7 pintu dan juga tiap pintu (tingkatan) , telah diresmikan buat kalangan tertentu dari para makhluk - nya. gerbang jahannam dipandu oleh malaikat malik dan juga mempunyai malaikat penyiksa yang berjumlah sebanyak 9 belas malaikat yang diucap zabaniyah.

neraka jahannam salah satu neraka yang penuh dengan bermacam berbagai siksa. celakalah, orang kesimpulannya masuk ke dalamnya. terlebih apabila berposisi di dalamnya selama - lamanya.

firman allah swt, “kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan juga petang, dan juga pada hari terbentuknya kiamat”. (qs. ghafir: 46)

dari ibnu umar ra bahawasanya rasulullah saw bersabda, “sesungguhnya apabila salah seseorang di antara kamu mati, hingga hendak ditampakkan kepadanya calon tempat tinggalnya pada waktu pagi dan juga sore. apabila ia tercantum calon penunggu surga, hingga ditampakkan kepadanya surga. apabila ia tercantum calon penunggu neraka, hingga ditampakkan kepadanya neraka, dikatakan kepadanya, ‘ini calon tempat tinggalmu, sampai allah swt membangkitkanmu pada hari kiamat”. [hr. muttafaqun ‘alaih]

yazid ar raqqasyi dari anas bin malik ra. mengatakan: jibril tiba kepada rasulullah pada waktu yang dia tidak biasa tiba dalam kondisi berbeda wajahnya, hingga ditanya oleh rasululah saw:

“mengapa saya memandang kau berbeda wajah (muka) ? ” jawabnya: “ya muhammad, saya tiba kepadamu di dikala allah menyuruh biar dikobarkan penyalaan api neraka, hingga tidak layak untuk orang yang mengenali kalau neraka jahannam itu benar, siksa kubur itu benar, dan juga siksa allah itu terbanyak buat bersuka - suka saat sebelum dia terasa nyaman daripadanya“.

kemudian rasullulah saw bersabda:

“ya jibril, jelaskan padaku watak jahannam”.

jawabnya: “ya. kala allah menjadikan jahannam, hingga dinyalakan sepanjang 1000 tahun sampai - sampai merah, setelah itu dilanjutkan 1000 tahun sampai - sampai putih, setelah itu 1000 tahun sampai - sampai gelap, kemudian jadi gelap hitam, tidak sempat padam nyala dan juga baranya. demi allah, andaikan terbuka sebesar lubang duri tentu hendak mampu membakar seluruh penduduk dunia karna panasnya. demi allah, andaikan satu pakaian pakar neraka itu digantung di antara langit dan juga bumi tentu hendak mati penduduk bumi karna panas dan juga basinya. demi allah, andaikan satu pergelangan dari rantai yang diucap dalam al - quran itu diletakkan di atas bukit, tentu hendak cair hingga ke dasar bumi yg ke 7. demi allah, andaikan seseorang di ujung barat tersiksa, tentu hendak dibakar orang - orang yang di ujung timur karna amat panasnya. jahannam itu amat dalam, perhiasannya besi dan juga minumannya air panas bercampur nanah, dan juga pakaiannya merupakan potongan - potongan api. api neraka itu terdapat 7 pintu, jarak antar pintu sepanjang 70 tahun, dan juga masing - masing pintu panasnya 70 kali dari pintu yg lain”.

banyak sekali azab yang hendak dikasih kepada para penunggu neraka jahannam. azab - azab tersebut hendak diterima oleh kalangan manusia yang tidak mematuhi perintah allah swt. berikut sebagian karena dan juga azab yang hendak didapat oleh orang - orang yang melanggar larangan allah swt yang gambaranya setimpal dengan tuntunan al - qur’an dan juga as - sunnah. mudah - mudahan kita sekaligus tidak tercantum dalam kalangan orang - orang tersebut.

1. azab yang amat ringan
dari nu’man bin basyir ra: saya mendengar rasulullah saw bersabda: “sesungguhnya seringan - ringan siksaan siksaan penunggu neraka pada hari qiamat yakni seorang yang diletakkan di dasar 2 telapak kakinya 2 bara api neraka sampai - sampai mendidih otak yang terdapat di kepalanya. (dari karena panasnya kedua bara api neraka tersebut) ia mengira kalau tidak terdapat teman yang lebih dashyat siksaan daripadanya, sementara itu dialah orang yang amat ringan siksaannya”. [hadist riwayat bukhari dan juga muslim]

bukhari dan juga muslim meriwayatkan dari abu sa’id al - khudri kalau dia mendengar rasulullah saw bersabda, kala menyebut - nyebut paman dia, abu thalib, “mungkin syafaatku hendak menolongnya pada hari kiamat, sampai - sampai dia mampu ditempatkan di penggalan neraka yang dangkal, dimana api neraka hendak menjalar hingga ke pergelangan kakinya yang menimbulkan otaknya mendidih”.

2. azab untuk para peminum khamar
azab untuk peminum khamar di neraka merupakan allah hendak memberikannya minuman dari sungai ghuthah. lalu, apa sungai ghutah itu? sungai ghuthah merupakan sungai yang airnya mengalir dari kemaluan para pelacur yang nyatanya mempunyai bau yang menusuk.

3. azab untuk para perempuan yang tidak ingin menyusui anaknya
azab untuk para perempuan yang enggan menyusui anaknya merupakan dikala mereka di neraka, puting susunya hendak digigit ular. butuh kalian tahu, satu gigitan ular di neraka dapat menimbulkan panas demam sepanjang 40 masa.

“rasulullah saw mengkabarkan kalau bila ular di neraka menusuk satu gigitan, hendak menimbulkan panas demam sepanjang 4 puluh masa. demikian pula ketika jengking di neraka, apabila menggigit satu gigitan hendak menimbulkan panas demam sepanjang 4 puluh musim”. [hr. al - baihaqi]

4. azab untuk para pezina
azab untuk pezina pria dan juga wanita di neraka bagi sabda rasulullah saw yang diriwayatkan oleh ibnu hibban dan juga ibnu khuzaimah merupakan mereka memiliki badan yang besar dan juga kurang baik buat ditatap, setelah itu keluarlah bau busuk dari badannya yang baunya serupa tempat pembuangan kotoran.

5. azab untuk orang yang berbuka di bulan ramadhan saat sebelum datang waktunya buat berbuka
bagi sabda nabi yang diriwayatkan oleh ibnu hibban dan juga ibnu khuzaimah, azab untuk orang yang berbuka di bulan puasa saat sebelum waktunya merupakan mereka digantung dalam posisi kaki mereka di atas dan juga mulutnya robek - robek sampai - sampai darah mengalir begitu deras dari mulutnya.

6. azab untuk orang kafir
ibn ‘abbas mengatakan: “hukuman untuk orang - orang yang ekstrim dalam kekafirannya dan juga suka berbuat musibah di wajah bumi, dan juga mengajak teman kepada kekafiran, tidak hendak sama dengan hukuman atas orang - orang kafir yang tidak melaksanakan perihal yang demikian itu”.

rasulullah saw bersabda: “sesungguhnya, tebal kulit seseorang kafir (di neraka) merupakan 42 hasta dimensi orang kokoh yang besar. giginya sebesar gunung uhud, dan juga begitu tempat duduknya ia di jahannam seluas makkah dan juga madinah”. [hr. at - tirmidzi dan juga al - hakim]

allah swt pula berfirman dalam tulisan an - nisa ayat ke 56 yang berbunyi: “sesungguhnya orang - orang yang kafir kepada ayat - ayat kami, nanti hendak kami masukkan mereka ke dalam neraka. tiap kali kulit mereka hangus, kami ubah kulit mereka dengan kulit yang lain, biar mereka merasakan azab. sebetulnya allah maha perkasa lagi maha bijaksana”.

7. azab untuk orang yang mati bunuh diri
azab untuk pezina pria dan juga wanita di neraka bagi sabda rasulullah saw yang diriwayatkan oleh ibnu hibban dan juga ibnu khuzaimah merupakan mereka memiliki badan yang besar dan juga kurang baik buat ditatap, setelah itu keluarlah bau busuk dari badannya yang baunya serupa tempat pembuangan kotoran.

8. orang yang amat seram azabnya
bagi sabda nabi yang diriwayatkan oleh imam ahmmad, orang yang amat seram azabnya pada hari kiamat merupakan orang - orang yang menggambar makhluk yang bernyawa. tidak hanya itu orang yang membikin berhala pula memperoleh azab ataupun siksaan yang amat seram.

dari ibnu mas’ud radhiyallahu ‘anhu, rasulullah saw mengatakan:

“orang yang amat dahsyat siksanya pada hari kiamat merupakan orang - orang yang menggambar (makhluk bernyawa) “. [hr. ahmad]

dari ibnu mas’ud radhiyallahu ‘anhu pula, rasulullah saw mengatakan, “sesungguhnya orang yang amat dahsyat siksanya pada hari kiamat merupakan seorang yang menewaskan nabi ataupun dibunuh oleh nabi, dan juga seorang yang membikin berhala“. [hr. ahmad]

dari khalid bin walid radhiyallahu ‘anhu, rasulullah saw mengatakan, “manusia yang amat dahsyat siksanya merupakan orang yang amat bengis kala menyiksa manusia di dunia” [hr. ahmad]

9. azab untuk orang yang perkataannya tidak setimpal dengan perbuatannya
dari usamah bin zaid, dia mengatakan: saya mendengar rasulullah saw bersabda:

“akan dihadirkan seorang setelah itu ia dicampakkan ke neraka. hingga ia di situ berbalik serupa berputarnya keldai di tempat penggilingannya, sampai para penduduk neraka berkumpul mengelilinginya. mereka mengatakan kepadanya: “wahai fulan, bukankah engkau dahulu di dunia yang menyuruh kami kepada yang baik dan juga melarang kami dari yang mungkar? ” usamah mengatakan, ia menanggapi: “aku dahulu menyuruh kalian kepada yang baik (tetapi) saya tidak melaksanakannya. dan juga saya melarang kalian dari yang kurang baik, (tetapi) saya melakukannya“. [shahihul jami ‘]

dari anas bin malik kalau rasulullah saw bersabda:

“pada malam isra ‘aku dibawa kepada sebagian kalangan yang lidah mereka dipotong dengan gunting api. tiap kali tuntas dipotong, lidah itu berulang lagi. saya mengatakan: “siapa mereka itu, wahai jibril? ” jibril mengatakan: “mereka merupakan para penceramah dari golongan umatmu yang mereka mengucapkan apa yang tidak mereka jalani dan juga mereka membaca kitabullah, tetapi tidak mengamalkannya“. [shahihul jami ‘: 128]

10. azab untuk owner harta yang tidak menunaikan zakatnya
dalam shahih al - bukhari ada riwayat dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu, sabda rasulullah shallallahu’ alaihi wassalam,

“tidak seseorang juga owner harta yang tidak menunaikan zakatnya, melainkan hartanya nanti hendak diperlihatkan di hadapannya dalam bentuk seekor ular botak. ular itu memiliki 2 titik gelap di atas matanya. ia mematuk pangkal dagu orang itu seraya dia mengatakan, “akulah hartamu, akulah simpananmu“. [hr. al - bukhari]

dalam riwayat lain dikisahkan, “orang itu lari menghindarinya, tetapi ular itu mengejarnya. kemudian ia berlindung darinya, tetapi ular itu mematuk tangannya dan juga melilitnya”.






( sumber: masirul. com )