Ternyata Seperti Ini Wujud Asli Sumur Air Zam-zam

Air zamzam jadi satu diantara sisi utama dari ekspedisi sejarah islam yang panjang. air ini dipercaya bagaikan air suci yang menyimpan khasiat dan juga keberkahan seorang diri buat umat muslim yang meminumnya.

perihal semacam ini tidak lepas dari momen utama yang melatarbelakangi kemunculan air zamzam. sekitaran 4000 th. kemudian.

dikala itu, nabi ibrahim as bertepatan istrinya siti hajar dan juga putranya yang masihlah balita, ismail, tiba dan juga tinggal di satu gurun yang gersang dan juga tandus. tidak terdapat satupun manusia yang sempat menghuni gurun itu.

satu dikala ibrahim as berangkat buat sebagian lama meninggalkan istri dan juga anaknya itu. persediaan santapan dan minuman mereka pula habis. terlebih lagi pula asi siti hajar pula mengering.

hidup bunda dan juga anak lelaki itu terancam kehausan dan kelaparan. siti hajar kemudian berupaya mencari air dengan berlari - lari kecil dari bukit safa ke bukit marwah sembari meminta pada allah.

seusai 7 kali berlari - lari kembali berangkat, terjalin keajaiban. air memancar diantara ke - 2 kaki putranya. perihal itu sudah tentu atas kehendak allah swt yang memerintahkan malaikat jibril buat menghentak bumi hingga terpancarlah air yang saat ini diketahui air zamzam.

sebagian tahun kemudian, nabi ibrahim as tiba dan juga lekas bersujud pada allah. dia kemudian bangun dan juga meninggikan berulang baitullah dibantu anaknya ismail. kemudian, peruntukan tempat itu bagaikan tempat beribadah pada allah swt.

sumur mata air zamzam itu ada di posisi yang dikala ini jadi masjidil haram, tepatnya di samping tenggara kabah.

sumur zamzam lebih kurang ada 11 mtr. dari kabah, berkedalaman 42 mtr.. bagi narasi yang sahih, sumur ini dapat menyedot air beberapa 11 - 18, 5 liter per detik.

sampai dapat membuahkan 660 liter air per menit dan juga 39. 600 liter perjamnya. dari mata air ini, terdapat celah ke arah hajar aswad dengan panjang 75 centimeter, dengan besar 30 centimeter yang pula membuahkan air begitu banyak.

dahulu, diatas sumur ini, terdapat bangunan. namun bangunan itu dikala ini ditiadakan buat meluaskan tempat tawaf. sampai, rubrik minum air zamzam dipindahkan ke rubrik dasar tanah, dibawah tempat tawaf, dengan 23 anak tangga yang dilengkapi ac.

tempat masuknya dipisah pada laki dan perempuan. di sana terdapat 350 keran air minum, 220 terdapat di segi rubrik lelaki dan juga 130 bekasnya di ruang wanita.

nah penasaran dengan penampakan asli sumur air zamzam yang pasokan airnya tidak sempat habis mulai semenjak 4000 th. kemudian itu? begini bentuknya.

nyatanya serupa ini bentuk asli sumur air zam - zam detail





( sumber: wordkesehatan. com )