KONTROVERSI LALU RALAT: Setelah Sebut Politik-Agama Dipisah, Kini J0k0wi Bilang Keduanya Harus Disambung

Presiden J0k0 Wid0d0 (J0k0wi) kesimpulannya mengklarifikasi pernyataannya terpaut politik dan juga agama wajib dipisah.

semata - mata menegaskan, pada 24 maret 2017 dikala J0k0wi meresmikan tugu titik nol peradaban islam nusantara di kecamatan barus, tapanuli tengah, sumut, ia pernah mengimbau buat tidak mencampuradukkan antara politik dan juga agama.

J0k0wi: politik dan juga agama wajib dipisah betul
https: //news. detik. com/berita/d - 3456602/J0k0wi - politik - dan - agama - harus - dipisah - betul

tetapi, kali ini di pondok pesantren singo ludiro, presiden J0k0wi menarangkan kalau yang dia maksudkan merupakan supaya politik dan juga agama disambungkan dalam konteks yang benar, bukan dipisahkan sama sekali.

" jadi benar politik dan juga agama wajib disambungkan dalam konteks yang benar, " kata presiden J0k0wi dikala meresmikan masjid dan juga gedung singo ludiro di sukoharjo, sabtu (8/4/2017).

" bahwa kebijakan dilandasi spiritualitas, moralitas, nilai - nilai dedikasi dan juga nilai - nilai lain yang dianjurkan agama islam ya seperti itu sambungnya politik dan juga agama, " imbuh J0k0wi.

" sebagian minggu kemudian aku mengantarkan, aku memperingatkan dikala itu kalau jangan mencampuradukkan antara politik dan juga agama. apa artinya? peringatan itu konteksnya merupakan dalam rangka persatuan negeri kita. sekali lagi dalam rangka persatuan negeri kita. jangan hingga agama dipolitisasi jadi suatu komoditas, " ungkap presiden.

apa yang dimaksudkannya, bukan berarti memisahkan nilai - nilai agama dalam politik. " agama amat berarti dalam berpolitik. semisal, kita mau membikin kebijakan, bahwa tanpa dilandasi nilai agama, moralitas, kejujuran, dedikasi pada rakyat bangsa negeri tentu luput kebijakan itu. jadi benar poltik dan juga agama harus
disambung dalam konteks yang benar, " tegasnya. (sindonews)

statment presiden J0k0 Wid0d0 terpaut pembelahan antara politik dan juga agama pernah menuai polemik paling utama dari tokoh - tokoh umat islam.

antara lain:

(1) beda dengan J0k0wi, kepala mui sebut agama dan juga politik tidak terpisahkan

kepala majelis ulama indonesia (mui) kh maruf amin memiliki pemikiran berubah dari presiden J0k0 Wid0d0 terpaut politik dan juga agama. baginya, politik tidak dapat dilepaskan dari kehidupan beragama. dalam pemikirannya, politik dan juga agama sepatutnya dapat silih menopang supaya kehidupan berbangsa jadi kokoh.

" agama dan juga politik itu kan silih pengaruhi, kehidupan politik kebangsaan itu pula wajib mendapatkan pembenaran dari agama, bahwa tidak harus ya gimana? , " kata maruf, di hotel crowne plaza, jakarta pusat, senin (27/3).

https: //www. merdeka. com/politik/beda - dengan - J0k0wi - ketua - mui - sebut - agama - politik - tak - terpisahkan. html

(2) ahli hukum tata negeri profesor. yusril menghitung statment presiden J0k0wi tidak mempunyai pijakan

http: //nasional. republika. co. id/berita/nasional/hukum/17/03/29/onl08s377 - agama - pisah - dari - politik - yusril - pernyataan - presiden - J0k0wi - tak - punya - pijakan

(3) pengamat: pisahkan politik dan juga agama, J0k0wi dinilai mau ri jadi sekuler

presiden J0k0 Wid0d0 (J0k0wi) dinilai menginginkan indonesia jadi negeri sekuler yang menganut pembelahan antara negeri dan juga agama.

komentar itu di informasikan ‎pengamat politik dari universitas jayabaya igor dirgantara, menjawab imbauan presiden J0k0wi supaya seluruh pihak memisahkan perkara politik dan juga agama.

https: //nasional. sindonews. com/read/1192229/12/pisahkan - politik - dan - agama - J0k0wi - dinilai - ingin - ri - jadi - sekuler - 1490699307

dan juga masih banyak lagi.

syukurlah bahwa saat ini presiden J0k0wi meralat perkataannya yang sudah membikin polemik.

jangan sampau i dont think what i said

serupa dahulu: i dont read what i sign





( sumber: http:// www. portal- islam. id/2017/04/setelah-sebut-politik-agama-dipisah. html )