Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup Sampai Sekarang?

Dari banyak cerita dan juga sejarah kehidupan para nabi yang dikisahkan dalam alquran, salah satu yang begitu menempel dalam ingatan merupakan tentang nabi yunus as.

salah satu cerita yang begitu populer dan juga mukzijat nabi yunus merupakan dikala dia dimakan oleh seekor ikan besar di tengah lautan. dia dimakan hidup - hidup dan juga tinggal di dalam perut ikan raksasa yang konon merupakan ikan paus. sepanjang sebagian waktu dia terombang - ambing di dalam perut ikan tersebut. dibawa mengarungi samudera.

tetapi berkat tobat dan zikir yang diucapkan, ikan itu kesimpulannya memuntahkan isi perutnya sampai - sampai nabi yunus turut keluar dalam kondisi masih bernyawa. ikan ini setelah itu berulang ke lautan dan juga meninggalkan nabi yunus sendirian.

cerita antara keduanya benar cuma hingga di sana aja. tetapi, di dikala nabi yunus sudah wafat ribuan tahun silam, si ikan malah dikira masih hidup sampai saat ini. benarkah demikian?

ikan itu masih hidup?

spekulasi tentang masih hidupnya ikan tersebut timbul merujuk firman allah dalam tulisan ash shaaffaat ayat: 145. allah mencerahkan bila dikala itu nabi yunus tidak bertobat, hingga dia hendak tinggal di dalam perut ikan hingga hari kiamat.

" (139). sebetulnya yunus betul - betul salah seseorang rasul, (140). (ingatlah) kala dia lari, ke kapal yang penuh muatan, (141). setelah itu dia turut berundi kemudian ia tercantum orang - orang yang kalah dalam undian. (142). hingga dia dimakan oleh ikan besar dalam kondisi tercela. (143). hingga bahwa sekiranya ia tidak tercantum orang - orang yang banyak mengingat allah, (144). tentu dia hendak senantiasa tinggal di perut ikan itu hingga hari berbangkit. (145). (q. s. ash shaaffaat ayat: 139 - 145).
“doa dzun nuun (nabi yunus) kala dia berdoa dalam perut ikan paus merupakan: laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin (tidak terdapat tuhan yang berhak disembah kecuali engkau, maha suci engkau, sebetulnya saya merupakan tercantum diantara orang - orang yang berbuat aniaya). sebetulnya bukanlah seseorang muslim berdoa dengannya dalam sesuatu permasalahan melainkan allah kabulkan menurutnya. ” (hr. tirmidzi nomor. 3505. syaikh angkatan laut (AL) albani berkata kalau hadits ini shahih).

dzikir dan juga taubat nabi yunus setelah itu didengar oleh seisi lautan. mereka mendekati ikan nun dan juga menjajaki tasbih yang di ucapkan si nabi dari dalam perut ikan. keadaan ini membikin ikan nun yang menelan yunus cemas dan juga kaget. dia ketakutan karna banyak hewan lain dan juga tanaman yang mendekat kepadanya.

" kenapa aku wajib cemas, bukankah yang memerintahkan merupakan allah swt? " " tetapi yang saya telan merupakan kekasih - nya, gimana ini? " dalam kondisi bingung, ikan nun kian mengeraskan suara tasbihnya sampai dasar laut jadi hiruk pikuk.

taubat dan juga doa nabi yunus juga kesimpulannya dihijabah allah. ia setelah itu memerintahkan ikan supaya keluarkan nabi yunus as ke permukaan laut dan juga membuangnya di sesuatu pulau yang didefinisikan oleh allah swt. badan nabi yunus as setelah itu dimuntahkan dan juga jatuh ke daratan dalam kondisi kurus kering. tetapi, atas izin allah swt, badan nabi yunus as dapat berulang sehat dan juga fit.

setelah itu allah memerintahkan ikan itu memuntahkan yunus ke pinggir tepi laut, kemudian allah tumbuhkan di situ suatu tumbuhan sejenis labu yang mempunyai daun yang rimbun yang mampu menaungi nabi yunus dan juga menjaganya dari panas terik matahari. cerita nabi yunus dan juga ikan berakhir hingga disana, tidak terdapat yang mengenali gimana nasib ikan tersebut dikala ini. cuma allah swt yang maha mengenali.

terimakasih sudah membaca. silahkan membagikan pendapat kamu buat menaikkan pengetahuan terpaut topik seragam, supaya jadi rujukan ekstra untuk penulis dan juga pembaca yang lain.


bagi para pakar tafsir

bersumber pada tafsir dari bermacam sumber, arti " senantiasa tinggal di perut ikan itu hingga hari berbangkit (145) " , ialah perut ikan itu hendak jadi kuburnya hingga hari berbangkit. perihal ini setelah itu diasumsikan bila ikan tersebut masih hidup sampai dikala ini.





( sumber: http:// www. wawker. com/2016/12/ikan-yang-menelan-nabi-yunus-masih. html )