3 Tanda Alam Jika Dajjal Sudah Muncul

Bisa jadi banyak dari kita yang merasakan kalau dunia ini terus menjadi tidak bersahabat. kita mulai teringat dengan akhir era. ya, dimana bumi dan juga seisinya hendak sirna. terlebih lagi, ala semesta juga turut sirna. tidak hendak terdapat satu makhluk hidup juga yang dapat bertahan hidup.

nah, saat sebelum seluruh itu terjalin, kita hendak kehadiran seorang yang jadi musuh nyata manusia. dia mempunyai misi yang sangat kurang baik pada manusia, ialah menyesatkan mereka, sampai - sampai berpaling dari allah subhanahu wa ta’ala. dialah dajjal, yang dalam riwayat dikatakan mempunyai mata satu.

kita tidak sempat ketahui kapan dajjal hendak datang. tetapi, kita dapat mengenali kedatangannya lewat tanda - tandanya. ya, terdapat 3 ciri alam yang menampilkan dajjal telah datang yang dilansir dari islampos. apa sajakah itu?

1. menurunnya danau tiberias

salah satu fenomena alam yang mencirikan kemunculan dajjal merupakan menurunnya danau tiberias. secara geografis wilayahnya terletak di palestina dan juga suriah, tetapi dikala ini sudah dipahami oleh israel. sungai yang diucap pula dengan sungai galilee ini saat ini dipakai oleh penduduk israel buat pertanian, perkebunan, air minum dan juga sanitasi.

ironisnya, sungai ini debitnya saat ini makin menurun. perihal ini diakibatkan karna rendahnya curah hujan di daerah tersebut, dan populasi masyarakat israel yang malah hadapi kenaikan. perihal ini tentu bukan jadi musibah untuk masyarakat israel aja. tetapi pula umat islam, alasannya dengan keringnya danau tiberias, jadi ciri kalau wujud yang tidak di idamkan hendak lekas timbul. ya, dajjal.

2. terjalin kekeringan sepanjang 3 tahun
saat sebelum kemunculan dajjal, kejadian alam yang hendak terjalin merupakan kekeringan panjang. 3 tahun saat sebelum kemunculannya, allah subhanahu wa ta’ala hendak menahan air dari langit - nya. keadaan ini terjalin secara bertahap. dimana pada tahun kesatu, allah menahan sepertiga dari air hujannya, pada tahun kedua, langit hendak menahan 2 pertiga dari air hujannya, dan juga tahun ketiga, langit hendak menahan air hujan seluruhnya. tidak terbayangkan keadaan pada dikala itu, mengingat air menggambarkan sumber kehidupan makhluk hidup yang terdapat di bumi.

nabi ﷺ bersabda, “tiga tahun saat sebelum keluarnya ad - dajjal, langit hendak menahan sepertiga dari air hujannya, dan juga bumi menahan sepertiga dari tumbuh - tumbuhannya. pada tahun yang kedua, langit hendak menahan 2 pertiga dari air hujannya dan juga bumi hendak menahan 2 pertiga dari tumbuh - tumbuhannya. pada tahun yang ketiga langit hendak menahan air hujan seluruhnya dan juga bumi pula hendak menahan tumbuh - tumbuhan seluruhnya, ” (hr ahmad – dengan sanad laa ba’sa bihi).


3. terjalin kelaparan panjang


dapat diyakinkan apa yang terjalin sehabis kekeringan. nyatanya, manusia hendak hadapi kelaparan hebat. alasannya, tanpa air, tanaman dan juga ternak tidak mampu bertahan hidup. terlebih, sudah dipaparkan dalam hadist di atas kalau allah memerintahkan bumi buat menahan tumbuh - tumbuhan buat berkembang di atasnya.

“sesungguhnya 3 tahun saat sebelum kemunculan ad - dajjal, di tahun kesatu, langit menahan sepertiga air hujannya, bumi menahan sepertiga hasil tumbuhannya, dan juga di tahun kedua, langit menahan 2 pertiga air hujannya, dan juga bumi pula menahan 2 pertiga hasil tanamannya. dan juga di tahun ketiga langit menahan segala yang terdapat padanya dan juga begitu pula bumi, sampai - sampai binasalah tiap yang mempunyai gigi pemamah dan juga kuku, ” (“kisah dajjal” - syaikh muhammad nashiruddin al - albani; pustaka imam asy - syafi’i; hlm. 92).

arti dari binasalah tiap yang mempunyai gigi pemamah dan juga berkuku merupakan hewan yang mampu berikan protein untuk manusia. hewan - hewan serupa kambing, domba, sapi kerbau dan juga unta hendak binasa karna mereka pula tidak mempunyai santapan buat bertahan hidup.

gimana dengan santapan kalangan mukmin? allah subhanahu wa ta’ala hendak mencukupkan perut mereka dengan santapan seperti santapan penunggu langit (malaikat). nabi muhammad ﷺ bersabda, “akan namun mereka membaca tasbih dan juga mensucikan allah, dan juga seperti itu santapan dan juga minuman kalangan beriman dikala itu, tasbih dan juga taqdis, ” (hr. abdul razzaq, ath - thayalisi, ahmad, ibnu asakir).




( sumber: http:// www. wawker. com/2016/12/3-tanda-alam-jika-dajjal-sudah-muncul. html )