Nabi Muhammad Menangis Pilu Ketika Malaikat Jibril Menjelaskan Pintu Neraka ke-7

Kenapa saya memandang kau berbeda wajah (muka) ? ”

“ya muhammad rasulullah, saya tiba kepadamu di dikala allah menyuruh biar dikobarkan penyalaan api neraka, hingga tidak layak untuk orang yang mengenali kalau neraka jahannam itu benar, siksa kubur itu benar, dan juga siksa allah itu terbanyak buat bersuka - suka saat sebelum dia terasa nyaman daripadanya”.

kemudian rasullulah saw bersabda:

“ya jibril, jelaskan padaku watak jahannam”.

jawabnya: “ya. kala allah menjadikan jahanam, hingga dinyalakan sepanjang 1000 tahun sampai - sampai merah, setelah itu dilanjutkan 1000 tahun sampai - sampai putih, setelah itu 1000 tahun sampai - sampai gelap, kemudian jadi gelap hitam, tidak sempat padam nyala dan juga baranya.

demi allah, andaikan terbuka sebesar lubang duri tentu hendak mampu membakar seluruh penduduk dunia karna panasnya. demi allah, andaikan satu pakaian pakar neraka itu digantung di antara langit dan juga bumi tentu hendak mati penduduk bumi karna panas dan juga basinya.

demi allah, andaikan satu pergelangan dari rantai yang diucap dalam al - quran itu diletakkan di atas bukit, tentu hendak cair hingga ke dasar bumi yg ke - 7.

demi allah, andaikan seseorang di ujung barat tersiksa, tentu hendak dibakar orang - orang yang di ujung timur karna amat panasnya. jahannam itu amat dalam, perhiasannya besi dan juga minumannya air panas bercampur nanah, dan juga pakaiannya merupakan potongan - potongan api.

api neraka itu terdapat 7 pintu, jarak antar pintu sepanjang 70 tahun, dan juga masing - masing pintu panasnya 70 kali dari pintu yg lain”.

dikatakan dalam hadist qudsi:

“bagaimana kalian masih boleh melaksanakan maksiat sebaliknya kalian tidak mampu bertahan dengan panasnya terik matahariku. mengerti kah kalian kalau neraka jahanamku itu: memiliki 7 tingkatan.

tiap tingkatan memiliki 70. 000 wilayah. tiap wilayah memiliki 70. 000 kampung. tiap kampung memiliki 70. 000 rumah. tiap rumah memiliki 70. 000 dinding. tiap dinding memiliki 70. 000 kotak. tiap kotak memiliki 70. 000 batang pokok zaqqum.

di dasar tiap pokok zaqqum memiliki 70. 000 ekor ular. di dalam mulut tiap ular yang panjangnya 70 hasta memiliki lautan toksin yang gelap pekat. dan juga di dasar tiap pokok zaqqum ada 70. 000 rantai. tiap rantai diseret oleh 70. 000 malaikat”.

“api yang terdapat saat ini ini, yang dipakai bani adam buat membakar cumalah 1/70 dari api neraka jahannam” (hr. bukhari - muslim). “apabila neraka itu memandang mereka dari tempat yang jauh, mereka hendak mendengar kegeraman dan juga suara nyalanya”. (qs. al - furqan: 11).

“apabila mereka dilemparkan ke dalamnya, mereka mendengar suara neraka yang seram, lagi neraka itu menggelegak, hampir - hampir (neraka) itu terpecah lantaran marah”. (qs. al - mulk: 7).

air di jahannam merupakan hamim (air panas yang menggelegak) , anginnya merupakan samum (angin yang sangat panas) , lagi naungannya merupakan yahmum (naungan berbentuk potongan - potongan asap gelap yang amat panas) (qs. al - waqi’ah: 41 - 44).

rasulullah saw memohon jibril buat menarangkan satu per satu menimpa pintu - pintu neraka tersebut.

“pintu kesatu dinamakan hawiyah (makna harfiahnya: jurang) , yang diperuntukkan untuk kalangan munafik dan juga kafir. pintu ke - 2 dinamakan jahim, yang diperuntukkan untuk kalangan musyrikin; pintu ke - 3 dinamakan saqar, yang diperuntukkan untuk kalangan shobiin ataupun penyembah api; pintu ke - 4 dinamakan ladha, diperuntukkan untuk iblis dan juga para pengikutnya; pintu ke - 5 dinamakan huthomah (maksudnya: menghancurkan sampai berkeping - keping) , diperuntukkan untuk kalangan yahudi; pintu ke - 6 dinamakan sa’ir (makna harfiahnya: api yang menyala - nyala) , diperuntukkan untuk kalangan kafir.

rasulullah bertanya: “bagaimana dengan pintu ke - 7? ”

sejenak malaikat jibril serupa ragu buat mengantarkan siapa yang hendak menghuni pintu ketujuh. hendak namun rasulullah saw mendesaknya sampai - sampai kesimpulannya malaikat jibril berkata, “pintu ke 7 diperuntukkan untuk umatmu yang berdosa besar dan juga wafat saat sebelum mereka mengucapkan kata taubat”.

mendengar uraian yang mengagetkan itu, rasulullah saw juga langsung pingsan, jibril kemudian meletakkan kepala rasulullah saw di pangkuannya sampai - sampai siuman berulang dan juga seusai siuman dia bersabda: “ya jibril, begitu besar kerisauan dan juga amat sedihku, apakah terdapat seseorang dari umat ku yang hendak masuk ke dalam neraka? ” jawabnya: “ya, ialah orang yg berdosa besar dari umatmu. ”

nabi muhammad saw kemudian menangis, jibril juga turut menangis. setelah itu nabi langsung masuk ke dalam rumahnya dan juga tidak keluar kecuali buat sholat. sehabis peristiwa itu, dia tidak berdialog dengan siapapun sepanjang sebagian hari, dan juga kala sholat dia juga menangis dengan tangisan yang amat memilukan.

mudah - mudahan kita seluruh tercantum kalangan orang - orang yang senantiasa bertaubat kepada allah. aamiin allahumma aamiin. wallahu’alam.






( sumber: portalislami. net )