MENYEDIHKAN! Inilah Kisah Tragis Orang Yang Menyumbang Emas 28 Kg Di Puncak Monas

 mengerti kah kamu bahwa nyatanya 38 kilogram emas yang dipajang di puncak tugu monumen nasional (monas) jakarta, 28 kilogram di antara lain merupakan sumbangan dari teuku markam, salah seseorang saudagar aceh yang sempat jadi orang terkaya indonesia? walaupun begitu, kesimpulannya hidupnya berakhir tragis sekali. menyedihkan.



orang - orang cuma ketahui kalau emas tersebut benar benar sumbangan saudagar aceh. tetapi tidak banyak yang ketahui, kalau teuku markamlah saudagar yang diartikan itu. itu baru segelintir karya teuku markam buat kepentingan negara ini. karya yang lain, dia juga turut melepaskan lahan senayan buat diperuntukan pusat olah raga terbanyak indonesia. tentu aja banyak bantuan - bantuan teuku markam yang lain yang pantas dicatat dalam memajukan perekonomian indonesia di era soekarno, sampai menempatkan markam dalam suatu legenda.

di era orba, karyanya yang terbilang monumental merupakan pembangunan infrastruktur di aceh dan juga jawa barat. jalur medan - banda aceh, bireuen - takengon, meulaboh, tapaktuan dan juga lain - lain merupakan karya lain dari teuku markam yang didanai oleh bank dunia. hingga saat ini juga, jalan - jalan itu senantiasa awet. teuku markam sempat mempunyai beberapa kapal, dok kapal di jakarta, makassar, medan, palembang. dia juga tercatat bagaikan eksportir kesatu mobil toyota hardtop dari jepang. usaha lain merupakan mengimpor plat baja, besi beton hingga senjata buat militer.

mengingat kedudukan yang begitu besar dalam percaturan bisnis dan juga perekonomian indonesia, teuku markam sempat disebut - sebut bagaikan anggota kabinet bayangan pemerintahan soekarno. kedudukan markam jadi runtuh bersamaan dengan berkuasanya pemerintahan soeharto. dia ditahan sepanjang 8 tahun dengan tuduhan ikut serta pki. harta kekayaannya diambil alih begitu aja oleh rezim orba. sempat berupaya bangkit sekeluar dari penjara, tetapi tidak pernah bertahan lama. tahun 1985 dia wafat dunia. kegiatan bisnisnya ditekan habis - habisan. pakar warisnya hidup terlunta - lunta hingga terdapat yang mengidap tekanan mental mental. sampai kekuasaan orba berakhir, nama baik teuku markam tidak sempat direhabilitir. anak - anaknya berupaya bertahan hidup dengan seluruh energi upaya dan juga menggunakan sisa koneksi - koneksi bisnis teuku markam. dan juga saat ini, pakar waris teuku markam tengah berjuang mengembalikan hak - hak orang tuanya.



siapakah teuku markam ? ?

teuku markam turunan uleebalang. lahir tahun 1925. bapaknya teuku marhaban. kampungnya seuneudon dan juga alue capli, panton labu aceh utara. semenjak kecil teuku markam sudah jadi yatim piatu. kala umur 9 tahun, teuku marhaban wafat dunia. sebaliknya ibunya telah lebih dahulu wafat. teuku markam setelah itu diurus kakaknya cut nyak putroe. pernah mengecap tarbiyah hingga kelas 4 sr (sekolah rakyat).

teuku markam berkembang kemudian jadi pemuda dan juga merambah tarbiyah harus militer di koeta radja (banda aceh saat ini) dan juga tamat dengan pangkat letnan satu. teuku markam bergabung dengan tentara rakyat indonesia (tri) dan juga turut pertempuran di tembung, sumatera utara bersama - sama dengan jendral bejo, kaharuddin nasution, bustanil arifin dan juga lain - lain. sepanjang bertugas di sumatera utara, teuku markam aktif di bermacam lapangan pertempuran. terlebih lagi dia turut mendamaikan clash antara pasukan simbolon dengan pasukan manaf lubis. bagaikan prajurit penghubung, teuku markam kemudian diutus oleh panglima jenderal bejo ke jakarta buat berjumpa pimpinan pemerintah. oleh pimpinan, teuku markam diutus lagi ke bandung buat jadi ajudan jenderal gatot soebroto. tugas itu diemban markam hingga gatot soebroto wafat dunia.

merupakan gatot soebroto pula yang mempercayakan teuku markam buat berjumpa dengan presiden soekarno. waktu itu, bung karno benar menginginkan terdapatnya pengusaha pribumi yang betul - betul sanggup menghendel permasalahan perekonomian indonesia. tahun 1957, kala teuku markam berpangkat kapten (nrp 12276) , berulang ke aceh dan juga mendirikan pt karkam. dia pernah bentrok dengan teuku hamzah (panglima kodam iskandar muda) karna " disiriki " oleh teman . dampaknya teuku markam ditahan dan juga baru keluar tahun 1958. pertentangan dengan teuku hamzah sukses didamaikan oleh sjamaun gaharu.

keluar dari tahanan, teuku markam berulang ke
jakarta dengan bawa pt karkam. industri itu dipercaya oleh pemerintah ri mengelola pampasan perang buat diperuntukan dana revolusi. berikutnya teuku markam betul - betul menggeluti dunia usaha dengan beberapa peninggalan berbentuk kapal dan juga sebagian dok kapal di palembang, medan, jakarta, makassar, surabaya. bisnis teuku markam terus menjadi luas karna dia pula terjun dalam ekspor - impor dengan beberapa negeri. antara lain mengimpor mobil toyota hardtop dari jepang, besi beton, plat baja dan juga terlebih lagi pernah mengimpor senjata atas persetujuan kementerian pertahanan dan juga keamanan (dephankam) dan juga presiden.

komitmen teuku markam merupakan menunjang perjuangan ri seluruhnya tercantum pembebasan irian barat dan pemberantasan buta huruf yang waktu itu digenjot habis - habisan oleh soekarno. hasil bisnis teuku markam konon pula turut jadi sumber apbn dan mengumpulkan beberapa 28 kilogram emas buat ditempatkan di puncak monumen nasional (monas). sebagaimana kita ketahui kalau proyek monas menggambarkan salah satu impian soekarno dalam tingkatkan harkat dan juga martabat bangsa. kedudukan teuku markam menyukseskan konferensi tingkatan besar (ktt) asia afrika tidak kecil berkat dorongan beberapa dana buat keperluan ktt itu.

teuku markam tercantum salah satu konglomerat indonesia yang diketahui dekat dengan pemerintahan soekarno dan juga beberapa pejabat lain serupa menteri pu ir sutami, politisi adam malik, soepardjo rustam, kaharuddin nasution, bustanil arifin, suhardiman, pengusaha probosutedjo dan juga lain - lain. pada era soekarno, nama teuku markam benar luar biasa terkenal. sampai - sampai teuku markam sempat dikatakan bagaikan kabinet bayangan soekarno.

sejarah setelah itu berputar. kedudukan dan juga sumbangan teuku markam dalam membangun perekonomian indonesia seolah jadi tiada maksudnya di mata pemerintahan orba. dia difitnah bagaikan pki dan juga dituding bagaikan koruptor dan juga soekarnoisme. tuduhan seperti itu yang setelah itu membawakan teuku markam ke penjara pada tahun 1966. dia dijebloskan ke dalam sel tanpa terdapat proses majelis hukum. pertama - tama dia dimasukkan tahanan budi utomo, kemudian dipindahkan ke guntur, berikutnya berpindah ke penjara salemba jln percetakan negeri. kemudian dipindah lagi ke tahanan cipinang, dan juga terakhir dipindahkan ke tahanan nirbaya, tahanan buat politisi di wilayah pondok gede jakarta timur. tahun 1972 dia jatuh sakit dan juga terpaksa dirawat di rspad gatot subroto sepanjang kurang lebih 2 tahun.



peralihan kekuasaan dari soekarno ke soeharto membikin hidup teuku markam jadi susah dan juga prihatin. dia baru leluasa tahun 1974. ini juga, kabarnya, berkat jasa - jasa baik dari beberapa sahabat setianya. teuku markam dilepaskan begitu aja tanpa terdapat konpensasi whatever dari pemerintahan orba. " benar betul, dikala itu teuku markam tidak hendak menuntut hak - haknya. tetapi waktu itu dia kan tertindas dan juga teraniaya, " kata teuku syauki markam, salah seseorang putra teuku markam.

soeharto selaku kepala presidium kabinet ampera, pada 14 agustus 1966 mengambil alih peninggalan teuku markam berbentuk perkantoran, tanah dan juga lain - lain yang setelah itu dikelola pt pp berdikari yang didirikan suhardiman buat dan juga atas nama pemerintahan ri. suhardiman, bustanil arifin, amran zamzami (2 orang terakhir ini merupakan tokoh aceh di jakarta) tercantum sahabat markam. tetapi tidak banyak membantu mengembalikan asset pt karkam. malah mereka turut mengelola aset - aset tersebut di dasar bendera pt pp berdikari. suhardiman merupakan orang kesatu yang mengetuai industri tersebut. di jajaran direktur tertera sukotriwarno, edhy tjahaja, dan juga amran zamzami. berikutnya pp berdikari dipandu letjen achmad tirtosudiro, drs ahman nurhani, dan juga bustanil arifin sh.

pada tahun 1974, soeharto keluarkan keppres n0 31 tahun 1974 yang isinya antara lain penegasan status harta kekayaan eks pt karkam/pt aslam/pt cahaya pagi yang diambil alih pemerintahan ri tahun 1966 berstatus " pinjaman " yang nilainya rp 411. 314. 924, 29 bagaikan penyertaan modal negeri di pt pp berdikari. kepres itu terbit persis pada tahun dibebaskannya teuku markam dari tahanan.

proyek bank dunia sekeluar dari penjara, tahun 1974, teuku markam mendirikan pt marjaya dan juga menggarap proyek - prorek bank dunia buat pembangunan infrastruktur di aceh dan juga jawa barat. tetapi tidak satupun dari proyek - proyek raksasa yang dikerjakan pt marjaya baik di aceh ataupun di jawa barat, ingin ditetapkan oleh pemerintahan soeharto. proyek pt marjaya di aceh antara lain pembangunan jalur bireuen - takengon, aceh barat, aceh selatan, medan - banda aceh, pt pim dan juga lain - lain.

teuku syauki menebak, rezim orba amat cemas apabila teuku markam berulang bangkit. buat seperti itu, kata teuku syauki, proyek - proyek markam " dikira " angin kemudian.

teuku markam wafat tahun 1985 akibat komplikasi bermacam penyakit di jakarta. hingga akhir hayatnya, pemerintah tidak sempat merehabilitasi namanya. terlebih lagi hingga saat ini.

bangsa kita benar susah sekali menghargai jasa orang yang telah berjasa membangun negara ini. mudah - mudahan, kita bagaikan generasi saat ini, ingin menghargai jasa orang - orang terdahulu yang membangun negara indonesia.






( sumber: https:// beneranberita. blogspot. com/2016/12/menyedihkan-inilah-kisah-tragis-orang. html )