Ini Nih Artikel Berguna Paling Di Cari Oleh Calon Ibu yang Belum Tahu Panduan Masa Kehamilan, Di Simak dan Share ya !!

Jadi calon bunda buat kesatu kalinya menggambarkan pengalaman yang unik. beberapa kekhawatiran sering dirasakan oleh seseorang calon bunda yang lagi menempuh masa kehamilan, antara lain:

terasa bersalah bila kamu tidak menjajaki seluruh anjuran ataupun nasihat seputar kehamilan yang dikasih teman .
terasa stress dengan santapan ataupun berat tubuh.
terasa gelisah dengan bermacam komentar di keluarga. (lazimnya bunda mertua )
kerap merisaukan bermacam keluhan kecil yang dirasakan. tercantum pada bermacam permasalahan raga, serupa sakit punggung, kurang tidur, atmosfer hati gampang berbeda.
terbawa dengan bermacam pendapat kurang baik yang membikin jengkel.
sangat mengkhawatirkan persalinan.
dan juga sebagainya..




buat menolong menanggulangi kekhawatiran itu, terdapat baiknya sista sekaligus (pula buat agan - agan buat mengerti kondisi istrinya nanti) mengenali fase - fase yang terjalin sepanjang kehamilan minggu demi minggu berikut ini. mudah - mudahan jadi salah satu modul edukatif dan juga mampu dipakai bagaikan dasar buat membikin keputusan - keputusan bila sesuatu dikala hadapi kehawatiran - kekhawatiran serupa diatas.

trimester merupakan periode waktu 3 bulan kalender. umur kehamilan dipecah jadi 3 trimester.


1. trimester pertama

umur kehamilan 1 minggu



terdapat minggu kesatu ini baru terjalin proses pembuatan antara mani dan juga sel telur.

keadaan bunda:
bunda belum banyak yang menyadari bahwa pribadinya berbadan dua meski sudah telat tiba bulan.
keadaan balita:
bakal anak sudah mempunyai bekal genetik 46 tipe kromosom. pada masa ini embrio memerlukan nutrisi berbentuk oksigen dari bunda.

umur kehamilan 2 minggu:



pembuahan sel telur terjalin pada akhir minggu kedua.

keadaan bunda:
lazimnya bunda mulai terasa kerap letih akibat pergantian hormon dan juga emosi mulai berfluktuasi ialah dapat marah ataupun bahagia secara seketika.
keadaan balita:
sel telur yang telah dibuahi hendak membelah 2 jadi 2 sel, sembari terus membelah, sel telur terus bergerak meninggalkan lubang falopi mengarah rahim.

umur kehamilan 3 minggu



pada umur kehamilan minggu ketiga, bunda bisa jadi belum siuman bila dia lagi memiliki.

keadaan bunda:
bunda hadapi morning sickness berbentuk mual ataupun muntah, pula pergantian selera makan dan juga berat tubuh.
keadaan balita:
sel telur yang membelah hendak jadi sesuatu kelompok yang berisi ratusan sel dan juga melekat pada bilik rahim. tidak hanya itu plasenta pula mulai tumbuh berupa bundar dan juga berperan mentransfer nutrisi dari bunda ke balita.

umur kehamilan 4 minggu



balita sudah berupa embrio. sampai - sampai apabila bunda melaksanakan test kehamilan, hasilnya positif.

keadaan bunda:
si calon bunda hadapi kenaikan penciptaan dari hormon progesteron dan juga buah dada mulai merasa lunak. tetapi belum nampak terdapatnya pembesaran pada perut.
keadaan balita:
bakal anak mulai membentuk struktur manusia. sel darah mulai mengambil wujud dan juga perputaran hendak diawali dan tercipta terdapatnya bundaran gelap buat mata. pada akhir dari bulan kesatu kehamilan ini balita sudah berdimensi dekat 6 - 7 milimeter (seukuran beras).

umur kehamilan 5 minggu



dimensi balita pada minggu ini masih serupa biji apel yang diucap bagaikan embrio.

keadaan bunda:
bunda belum sangat banyak hadapi pergantian yang terjalin dan juga lazimnya kehamilan baru mulai dikenal lewat pengecekan urine dengan test pack.
keadaan balita:
pada minggu kelima terjadinya 3 susunan ialah ectoderm, mesoderm dan juga endoderm. bersamaan bertambahnya bulan, hingga fitur muka bakal anak mulai tumbuh, mulai terdapat sedikit lipatan kulit buat kuping di sisi kepala.

umur kehamilan 6 minggu



dimensi embrio rata - rata sudah menggapai 2 - 4mm. pada minggu ini jantung balita mulai berdetak.

keadaan bunda:
dikala minggu keenam bunda mulai hadapi kerap buang air kecil akibat membesarnya uterus ataupun rahim dan juga sering - kali agak mengusik di malam hari.
keadaan balita:
timbul tunas mungil yang nantinya hendak tumbuh jadi lengan dan juga kaki dan mulai tercipta jari kaki dan juga tangan yang kecil. tabung saraf (otak, saraf tulang balik dan juga jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat) mulai tercipta dengan baik. sistem pencernaan dan juga pernafasan pula sudah mulai dibangun.

umur kehamilan 7 minggu


jantung sudah tercipta lengkap dibagi jadi dinding kanan dan juga dinding kiri. pucuk lengan membelah jadi penggalan bahu dan juga tangan yang mungil.

keadaan bunda:
merasa perih pada buah dada dan juga pembuluh darah mulai agak berbayang di buah dada.
keadaan balita:
saluran pencernaan dan juga perlengkapan indera mulai tumbuh, tulang mulai tercipta yang mengambil alih tulang rawan. gerakan embrio diawali walaupun bunda belum dapat merasakannya.

umur kehamilan 8 minggu



banyak pergantian yang terjalin pada balita. sebagian komponen pada organ badan serupa lengan, kaki, bahu, kuping dan mata sudah tercipta secara sempurna.

keadaan bunda:
sering - kali bunda hadapi wasir akibat meningkatnya hormon progesteron dalam sistem badan.
keadaan balita:
bakal anak mempunyai panjang dekat 2, 54 centimeter dan juga beratnya dekat 9 - 10 gr dan ujung hidung dan juga kelopak mata mulai tumbuh, begitu pula kuping. lengan terus menjadi membengkak dan juga mempunyai siku. saluran yang diucap brochi yang menghubungkan paru - paru dengan kerongkongan pula mulai bercabang. sepertiga dari badan balita sudah mulai tercipta yang terdiri dari kepala.

umur kehamilan 9 minggu



pada minggu ini panjang bakal anak dekat 22 - 30 milimeter dan juga beratnya dekat 4 gr.

keadaan bunda:
pergantian dalam badan bunda sudah mulai nampak, serupa buah dada yang mulai membengkak.
keadaan balita:
badan balita sudah kira - kira seluruhnya tercipta. dia sudah mulai bergerak dan juga mampu dideteksi dengan usg. sudah mempunyai lengan, tangan, kaki, mulut dan juga jari yang sudah dapat membuka dan juga menutup kepalan. kuku - kuku juga sudah mulai tumbuh dan juga kuping eksternal dari balita tercipta.

umur kehamilan 10 minggu



organ reproduksi balita sudah tumbuh, hendak namun tipe kelamin balita masih susah dibedakan bila dilihat di usg

keadaan bunda:
kenaikan nafsu makan yang diiringi dengan akumulasi berat tubuh dan juga perut yang agak sedikit membengkak.
keadaan balita:
organ berarti serupa hati, ginjal, usus, otak dan juga paru - paru yang telah tercipta dan juga berperan mulai berkolaborasi. perkembangan otak bertambah 250. 000 sel saraf baru tiap menit. dimensi kepala balita pula kira - kira separuh dari dimensi panjang segala tubuh.

umur kehamilan 11 minggu



banyak pertumbuhan pada minggu kesebelas dan juga mungkin resiko keguguran hendak menurun.

keadaan bunda:
pada minggu ini mual dan juga muntah hendak mulai menurun.
keadaan balita:
apabila diukur dari kepala sampai punggung, fetus dekat 4 - 6 centimeter. seluruh bagian - bagiannya baik rambut, kuku jari tangan dan juga kuku jari kaki mulai berkembang. bunda pula sudah dapat merasakan gerakan demi gerakan kaki dan juga tangan.

umur kehamilan 12 minggu



pada penghujung trimester kesatu panjang bakal anak sudah berdimensi dekat 7, 6 - 10 centimeter dan juga beratnya dekat 28 gr.

keadaan bunda:
kerasa mual dan juga lemas yang dirasakan bunda hendak berangsur lenyap. keluhan - keluhan bunda hendak menghilang dan juga selera makan bunda juga berulang normal
keadaan balita:
muka balita sudah lebih mirip rupa manusia. jari - jari tangan dan juga kaki sudah terpisah seluruhnya. pada masa ini sistem perputaran dan juga sistem kencing mulai bekerja dan juga hati sudah dapat menciptakan empedu.

baiklah buat umur trisemester kesatu sudah dipaparkan diatas, waduh nyatanya panjang pula ya.. buat umur kehamilan trimester kedua kita lanjut lagi yuuuk..

2. trimester kedua

umur kehamilan 13 minggu



merambah trimester kedua plasenta tumbuh sempurna buat sediakan oksigen, nutrisi dan juga pembuangan limbah balita.

keadaan bunda:
lelah dan juga mual yang sering terjalin pada bunda mulai mereda dan juga bunda terasa lebih bertenaga. timbulnya linea ataupun garis hitam memanjang di dekat perut mulai dari wilayah dekat kelamin hinga pusar karna meregangnya kulit. begitu pula pada penggalan leher yang mulai nampak bercorak gelap semu.
keadaan balita:
pada minggu ketigabelas jaringan dan juga organ yang sudah tercipta dalam badan balita berkembang pesat dan juga hadapi pematangan. jarinya yang unik telah teridentifikasi dengan baik. kelopak mata, alis, bulu mata dan juga kuku sudah tercipta. gigi dan juga tulang jadi lebih padat. balita sudah dapat menghirup jempol, menguap, meregang dan juga membikin muka di dalam isi. bila bunda menekan perut dengan lama - lama dan juga dia merasakannya, balita hendak menampilkan refleks dan juga bergerak seolah - olah serupa mencari puting susu. bila isi bunda wanita, dia saat ini memiliki kira - kira 2 juta telur dalam indung telurnya, namun pada dikala lahir jumlah ini hendak menurun jadi dekat satu juta.

umur kehamilan 14 minggu




sehabis 3 bulan pembuahan, perlengkapan kelamin balita sudah mampu dideteksi lewat usg apakah pria ataupun wanita. denyut jantung balita mulai berdetak kokoh kira - kira 2 kali lebih kilat dari si bunda.

keadaan bunda:
perut bunda sudah nampak membengkak dan juga buah dada pula terus menjadi membengkak dengan wilayah puting susu yang condong lebih hitam dan juga kolostrum sudah dihasilkan.
keadaan balita:
pada minggu ini tubuhnya membengkak lebih kilat dari kepala. kulitnya yang halus setipis kertas itu menutupi tubuhnya dengan lanugo (rambut yang amat halus lazimnya menghilang saat sebelum lahir). meski alis mata dan juga rambut halus di kepala sudah berkembang, tekstur dan juga rupanya dapat berbeda saat sebelum balita lahir.

umur kehamilan 15 minggu


balita sudah sanggup menggenggam tangannya dan juga mengisap bunda jari. hendak namun kelopak matanya masih tertutup.

keadaan bunda:
bunda merasakan serupa basah pada wilayah vaginanya. walaupun begitu, bunda terasa lebih riang dan juga bergairah dibanding dengan 3 bulan kesatu sehabis indikasi dini kehamilan sudah terlewati.
keadaan balita:
tulang dan juga sumsum di dalam sistem kerangka terus tumbuh. balita sudah mulai mencermati bunda, mencermati denyut jantung bunda, suara perut dan juga pula suara bunda. ukurannya bakal anak pada akhir minggu ini 15, 24 centimeter dan juga beratnya dekat 113 gr.

umur kehamilan 16 minggu


balita menggambarkan makhluk kecil yang bahagia bermain. balita bisa jadi telah menjumpai mainan pertamanya (tali pusat) yang hendak dengan bahagia ditarik - tarik dan juga dipegangnya.

keadaan bunda:
mulai hadapi sakit kepala akibat volume darah yang meningkat ataupun dapat pula akibat tekanan pikiran.
keadaan balita:
balita sudah mampu dikenal tipe kelaminnya. pada sesi ini balita telah tercipta seluruhnya dan juga memerlukan nutrisi lewat plasenta. tulang dan juga otot balita sudah tumbuh dan juga jadi kokoh. dalam proses pembuatan ini sistem peredaran darah merupakan yang kesatu tercipta dan juga berperan seluruhnya. terdapat pertumbuhan baru pada minggu ini, balita mulai sensitif terhadap sinar ataupun cahaya cerah. gerakan bakal anak pula terus menjadi aktif, mulai menghirup bunda jarinya, menguap, merenggangkan badannya, sudah sanggup menelan, berkemih dan juga cegukan.

umur kehamilan 17 minggu


dengan dorongan sonicaid, denyut jantung balita sudah dapat didengar. mencermati denyut jantung balita membikin kamu ketahui kalau balita kamu berkembang dengan baik.

keadaan bunda:
berat tubuh meningkat sampai menggapai 4, 5 kilogram. bersamaan rahim bunda yang terus berkembang, bunda bisa jadi merasakan denyutan kerasa perih yang diakibatkan peregangan ligamen dalam perut. hendak namun, pada sesi kehamilan ini emosi bunda mulai normal dibanding bulan - bulan sebelumnya.
keadaan balita:
tulan rawan lunak yang hendak jadi rangka badan balita mulai membeku. selubung mielin buat melindungi serabut saraf mulai tercipta. rambut mulai berkembang di kepala balita dan juga rambut - rambut halus meliputi bahu dan juga punggung. kulit balita tumbuh dan juga transparan, nampak merah karena pembuluh darah masih nampak jelas. sidik jari pada jari - jari tangan yang mungil sudah mulai tercipta.

umur kehamilan 18 minggu


balita sudah mampu mencermati suara dari luar badan bunda. dia pula hendak bergerak ataupun kaget apabila mendengar kebisingan ataupun suara keras. dalam minggu ini balita bergerak amat aktif dan juga bisa jadi bunda sudah mampu merasakan gerakan menendang, menekuk, mencapai, berguling, ataupun terlebih lagi mengisap bunda jarinya. bila balita kamu wanita, Miss V, rahim, dan juga saluran telurnya sudah tercipta. bila balita kamu pria, perlengkapan genitalnya sudah jelas dan juga dapat dikenali.

keadaan bunda:
nafsu makan terus menjadi bertambah bersamaan bertambahnya berat tubuh dan juga pergantian raga pada bunda. timbul keluhan serupa gampang letih, sakit punggung, pegal - pegal dan juga pinggang ataupun otot merasa linu.
keadaan balita:
pada minggu ini mata balita sudah tumbuh. dia sudah dapat memandang sinar yang masuk lewat bilik rahim bunda. dadanya kembang kempis seolah - olah bernafas. perihal ini bukan karna dia menghisap hawa, namun dia lagi menelan cairan amnion. balita mulai melaksanakan gerakan karna lagi menumbuhkan dan juga melatih ototnya yang sudah dapat berkontraksi dan juga relaks, balita sudah mampu menendang ataupun meninju. disamping itu, hormon estrogen dan juga progesteron terus menjadi bertambah.

umur kehamilan 19 minggu


panjang balita dekat 20, 5 centimeter dan juga beratnya dekat 240 gr. dia mulai menelan cairan amnion dan juga ginjalnya terus menciptakan air seni.

keadaan bunda:
guratan - guratan di perut terus menjadi nampak jelas, tetapi hendaknya tidak digaruk dan juga cukup diusap - usap aja. pada minggu ini bisa jadi kamu susah buat tidur nyenyak karena hadapi panas di dalam perut ataupun kendala pencernaan.
keadaan balita:
pekembangan sensoris sudah menggapai puncaknya pada minggu ini. sel - sel saraf buat tiap indera perasa, penghirup, rungu, penglihatan, dan juga peraba saat ini timbul di area - area spesial dalam otak. badan balita sudah diselimuti vernix caseosa, yang menggambarkan susunan parafin yang membalut balita dan juga melindungi kulitnya dari cedera.

umur kehamilan 20 minggu


setengah waktu kehamilan telah dilewati. saat ini panjangnya dekat 25, 4 centimeter dan juga beratnya dekat 260 gr.

keadaan bunda:
bunda hendak mengalami kalau badannya mekar dikala ini. bukan cuma perut aja yang tumbuh namun berkat meningkatnya kandungan melamin, puting susu bunda jadi terus menjadi hitam. bunda pula condong gampang terasa pusing dikala bangun dari duduk dan juga timbul kerasa sakit di penggalan dasar perut.
keadaan balita:
dibawah susunan vernix, kulit balita mulai membikin susunan dermis, epirdermis dan juga subcutaneous. melamin kulit juga mulai nampak jelas. kuku pada jari tangannya mulai berkembang. otot - ototnya terus menjadi kokoh seiring dengan proses penyempurnaan paru - paru dan juga sistem pernafasan. balita kamu bergerak dekat 200 kali satu hari, namun kamu cuma hendak merasakan sedikit dari seluruh gerakan ini.

umur kehamilan 21 minggu


panjang balita dekat 28 centimeter dan juga beratnya dekat 360 gr. bila kamu berdialog, membaca novel ataupun menyanyi buat balita kamu, ia tentu dapat mencermatinya. sebagian riset menampilkan kalau balita baru lahir hendak mengisap lebih kencang dikala menyusu apabila kamu membacakan novel yang kerap ia dengar dikala masih di dalam rahim
justify; " >
keadaan bunda:
penggalan lambung mulai merasa hangat karna rahim yang terus menjadi membengkak dan juga mulai menekan lambung. terdapatnya pergantian pada kulit dan juga rambut. meski banyak antara lain menggambarkan pergantian positif, dapat mencuat indikasi yang tidak di idamkan serupa jerawat dan bercak di pipi.
keadaan balita:
alis dan juga kelopak mata balita sudah tercipta sempurna dan juga kuku - kuku jarinya sudah menutupi ujung jari. usus balita sudah cukup tumbuh sampai - sampai dia sudah sanggup meresap ataupun menelan gula dari cairan kemudian dilanjutkan lewat sistem pencernaan mengarah usus besar.

umur kehamilan 22 minggu


indera yang dipakai balita buat belajar tumbuh tiap hari. mukanya terus menjadi mirip serupa dikala dilahirkan. antara kepala dan juga badan terus menjadi sepadan.

keadaan bunda:
kaki mulai hadapi pembengkakkan dan juga kram karna mulai terhambatnya peredaran darah. peningkatan berat tubuh yang hendak kamu alamiah bisa jadi membayang - bayangi benak dan juga kamu bisa jadi mengalami tantangan mengidam dan juga selera makan yang lebih baik.
keadaan balita:
badan balita mulai memproduksi sel darah putih yang berarti buat melawan penyakit dan juga peradangan. bibir balita jadi lebih jelas dan juga matanya sudah tercipta, meski masih kurang melamin dalam selaput pelanginya hingga sebagian minggu mendatang. pankreas, yang berarti buat penciptaan hormon, mulai tumbuh. isyarat dini tumbuhnya gigi mulai timbul di antara barisan gusinya.

umur kehamilan 23 minggu


tangan dan juga kaki balita telah tercipta dengan sempurna, jari - jari juga tercipta sempurna.

keadaan bunda:
bunda hadapi kenaikan penciptaan lendir Miss V akibat meningkatnya aliran darah ke penggalan badan. buang air lebih kerap dari lazimnya merupakan dampak samping lain yang tidak di idamkan dari kehamilan.
keadaan balita:
pada minggu ini panjang balita dekat 30 centimeter dan juga beratnya kira - kira 500 gr. pembuluh darah dalam paru - parunya mulai tumbuh buat mempersiapkan respirasi dan juga ia menelan cairan amnion secara tertib, meski wajarnya ia belum mulai bergerak hingga sehabis lahir. walaupun lemak terus menjadi bertumpuk di dalam badan balita, kulitnya masih kendur sampai - sampai terlihat keriput. ini karna penciptaan sel kulit lebih banyak dibanding lemak.

umur kehamilan 24 minggu


rungu balita sudah tercipta sempurna. balita hendak bergerak dengan suara musik dari luar.

keadaan bunda:
gusi jadi lebih sensitif, perihal ini diakibatkan oleh hormon kehamilan yang dapat membikin gusi membesar dan juga meradang, yang membikin gusi berdarah, spesialnya kala menyikat ataupun mensterilkan gigi. pada minggu ini sering - kali sebagian bunda hadapi kurang tidur ataupun tidur yang tidak nyenyak.
keadaan balita:
dikala ini balita sudah memiliki wujud badan yang sempurna, otaknya juga berkembang dengan amat baik. dia terus menjadi penuhi ruang dalam rahim si bunda. paru - paru balita mulai mengambil oksigen walaupun masih menerima oksigen dari plasenta. paru - paru mulai menciptakan surfaktan yang melindungi kantung hawa senantiasa mengembang. kulitnya tipis dan juga rapuh namun badannya berisi dan juga penuhi lebih banyak ruang dalam rahim. dia pula mulai menaruh susunan lemak coklat di dada, leher, dan juga selangkangan yang menolong balita mempertahankan panas badan.

umur kehamilan 25 minggu


balita mulai latihan bernafas. dia menghisap dan juga keluarkan air ketuban. bila air ketuban yang terisap sangat banyak, dia hendak cegukan.

keadaan bunda:
sering - kali bunda hadapi kontraksi, walaupun tidak sakit tetapi perut hendak merasa kaku.
keadaan balita:
rungu balita mulai maksimal sampai - sampai mampu menjawab rangsangan serupa suara, kerasa sakit dan juga sinar. tulang balita terus menjadi membeku dan juga jadi lebih kokoh. saluran darah di paru - paru terus menjadi tumbuh dan garis di dekat mulut balita sudah membentuk dan juga berperan dengan baik. saat ini indra penciuman balita sudah kian membaik karna pada minggu ini penggalan hidung balita sudah mulai berperan. dikala ini berat balita sudah menggapai 650 gr dengan besar tubuh 37 centimeter.

umur kehamilan 26 minggu


pada minggu ke - 26 balita sudah memiliki lemak dibawah kulit yang mampu menolong mengendalikan temperatur badannya pada dikala lahir.

keadaan bunda:
bunda mulai merasakan perih dan juga pegal di penggalan pinggang dan juga persendian tulang balik. napas jadi pendek dikala melaksanakan kegiatan yang agak berat.
keadaan balita:
dimensi balita, apabila diukur dari kepala sampai jari kaki menggapai 35, 6 - 38 centimeter dan juga beratnya dekat 760 gr. balita sudah dapat membuka dan juga mengedipkan matanya bersamaan dengan terjadinya retina pada mata balita. balita mulai aktif berbeda posisi yang dialami pula oleh bunda. kegiatan otak balita yang berhubungan dengan rungu dan juga penglihatan balita sudah berperan dengan baik.

umur kehamilan 27 minggu


balita nampak serupa menarik nafas, walaupun baru bernapas dalam air dan juga tidak di hawa, ini merupakan latihan yang bagus kala ia lahir.

keadaan bunda:
bunda mulai merasakan gerah dan juga gampang berkeringat karna beban yang di milikinya terus menjadi besar. lazimnya banyak pula perempuan berbadan dua jadi sedikit anemis karna pergantian wajar sepanjang kehamilan.
keadaan balita:
menjelang trimester ketiga, berat sang kecil menggapai 875 gr dan juga tingginya dekat 36, 6 - 38 centimeter. tetapi paru - paru, hati, dan juga sistem imunitas badan masih wajib dimatangkan. walaupun demikian, indra perasa balita sudah mulai tercipta. matanya membuka dan juga menutup. dikala dia terpelihara dari tidurnya pada interval yang tertib balita sudah pandai mengisap bunda jari. uniknya sebagian para pakar yakin kalau sang kecil tersayang mulai bermimpi manis menjelang minggu ke - 28.

kehamilan 28 minggu


pada masa ini balita menuntaskan pertumbuhan fisiknya. balita betul - betul mulai berkembang dan juga mengisi ruang yang kosong dalam rahim.

keadaan bunda:
naluri keibuan lazimnya sudah mulai berkembang. mayoritas dari perempuan berbadan dua hadapi peningkatan berat tubuh dekat 5 kilogram pada masa ini. sering - kali terjalin pembengkakan yang tidak cuma pada kaki namun pula di tangan.
keadaan balita:
pada akhir bulan ketujuh, lemak mulai meningkat dan juga ditaruh pada badan balita. dikala ini balita dapat mempunyai panjang dekat 38 centimeter dan juga berat dekat 1 - 1, 8 kilogram. balita saat ini dapat membuka matanya dan juga hendak memalingkan muka ke arah sumber sinar cerah yang terus menerus. susunan lemak terus menjadi tumbuh. rambut halus dan juga kuku jarinya terus berkembang. otak balita terus menjadi tumbuh dan juga meluas. kepala juga sudah menuju ke dasar. tetapi paru - parunya belum sempurna. kendati serupa itu, sang kecil mungkin besar mampu bertahan hidup dikala dia terlahir ke dunia.

3. trimester ketiga

umur kehamilan 29 minggu


posisi balita dikala ini mempersiapkan diri serupa posisi lahir dengan kepala menuju kebawah.

keadaan bunda:
bunda mulai merasakan mau buang air kecil, karna letak bakal anak yang mulai membengkak dan juga menekan kandung kencing. beban yang wajib dibawa bunda pula terus menjadi besar sampai - sampai buatnya gampang letih dan juga letih.
keadaan balita:
otak balita tumbuh pesat pada umur ini dan juga dia sudah mampu memandang dan mendengar. balita pula hendak lebih kerap menendang di dalam rahim bunda. bila balita kamu pria, buah zakarnya hendak bergerak dari tempatnya di dekat ginjal mengarah selangkangan. bila balita kamu wanita, klitorisnya relatif menonjol karna labia yang masih kecil belum dapat menutupinya. kelenjar adrenalin balita mulai menciptakan hormon serupa androgen dan juga estrogen yang hendak menstimulasi hormon prolaktin di dalam badan bunda sampai - sampai membikin kolostrum. sensitivitas dari balita terus menjadi jelas, kira - kira seluruh balita bereaksi terhadap suara, sinar, kerasa dan juga bau.

umur kehamilan 30 minggu


otak balita tumbuh amat kilat. karna dia terus menjadi besar, gerakannya terus menjadi merasa. kala dia menendang ataupun mendesak, kamu mampu memandang kaki ataupun tangannya bergerak di dasar kulit perut kamu.

keadaan bunda:
ligamen di seputar wilayah pelvix mulai meregang buat mempermudah proses kelahiran balita. keadaan ini acapkali menyebabkan sakit punggung.
keadaan balita:
paru - paru dan juga saluran pencernaan balita kira - kira matang. pada minggu ini, mata indah balita sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan juga ia sudah mulai belajar buat membuka dan juga menutup matanya. sang kecil juga sudah mulai memproduksi air mata. ia sudah dapat memandang apa yang lagi terjalin di dalam rahim, membedakan cerah dan juga hitam terlebih lagi mencari sumber sinar. bila kamu menyorotkan cahaya pada perut, balita kamu dapat memalingkan kepala buat menjajaki sinar ataupun terlebih lagi mencapai buat memegang kilau yang bergerak. sebagian periset berpikir kalau menguraikan perut kamu pada sinar hendak menstimulasi pertumbuhan visual. panjangnya dekat 40 centimeter dan juga hendak terus menaikkan berat tubuhnya hingga dia dilahirkan.

umur kehamilan 31 minggu


pertumbuhan raga balita sudah mulai melambat pada fase ini, namun balita kian berkembang besar dan juga berat tubuhnya hendak terus meningkat.

keadaan bunda:
tidur nyenyak jadi terus menjadi susah di trimester ketiga. terus menjadi membesarnya perut, hingga hendak merasa susah mencari posisi aman dan juga mempertahankannya, dan juga bunda merasakan tekanan pada kandung kencing.
keadaan balita:
plasenta masih membagikan nutrisi buat balita. aliran darah di plasenta membolehkan balita menciptakan air seni. dia kencing sebanyak 500 ml dalam satu hari. lengan, tungkai, dan juga badan balita terus terisi dan juga kesimpulannya ukurannya jadi sepadan dengan kepalanya. beratnya dekat 1, 5 - 2 kilogram dan juga panjangnya dekat 42 centimeter dari ujung kaki ke ujung kepala. dia sudah terlihat serupa balita baru lahir. gerakan balita berbeda, terus menjadi tidak sering dan juga tidak sangat aktif serupa dahulu karna dia kehilangan ruang kosong dalam rahim dan juga tidak dapat lagi berputar arah. namun saat ini dia dapat menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain. organ - organnya terus mematang. pertumbuhan otaknya terus menjadi pesat dengan menciptakan bermilyar sel.

umur kehamilan 32 minggu


balita berposisi dalam posisi kepala dibawah hingga lahir nanti.

keadaan bunda:
sebagian bunda terdapat yang hadapi wasir akibat terganggunya proses pencernaan.
keadaan balita:
meski paru - parunya belum hendak tumbuh sempurna hingga pas saat sebelum lahir, balita kamu menghisap cairan amnion buat melatih paru - paru dan juga berlatih bernapas. jari tangan dan juga kaki telah berkembang sempurna. untuk sebagian balita, rambut sudah penuhi penggalan kepala. begitu pula dengan bulu mata dan juga alis yang terus menjadi nampak jelas. lanugo yang menutupi badan balita mulai menghilang namun sebagian masih terdapat di bahu dan juga punggung dikala dilahirkan. kulit balita terus menjadi merah, kelopak mata pula telah terbuka dan juga sistem rungu tercipta secara sempurna. kuku dari jari tangan dan juga kaki mungil sang kecil sudah lengkap dan juga sempurna. semenjak bulan ini sistem saraf pusatnya pula jadi matang. bila balita kamu pria, buah zakarnya bisa jadi sudah masuk ke dalam skrotum. sering - kali, salah satu ataupun kedua buah zakar belum masuk ke letaknya hingga sehabis lahir, namun jangan takut. buah zakar yang belum turun kerap kali terkoreksi seorang diri saat sebelum ulang tahun kesatu.

umur kehamilan 33 minggu


perkembangan yang pesat terus sinambung. pada minggu ini berat balita dekat 2 - 2, 7 kilogram dan juga panjangnya dekat 45 centimeter. balita telah mempunyai wujud muka yang menyamai bapak dan juga ibunya.

keadaan bunda:
bunda hendak hadapi sakit punggung akibat terjalin peregangan otot. bunda hendak terus menjadi merasakan gerakan balita karna balita kira - kira seluruhnya mengisi ruang rahim. bunda pula terasa tidak aman akibat gerakannya yang aktif, paling utama kala kakinya di dasar tulang rusuk bunda.
keadaan balita:
dikala ini kira - kira seluruh balita sudah terletak dengan kepala di dasar dalam rahim, meski sang kecil bisa jadi terus berbeda posisi. tengkoraknya masih cukup lentur dan juga belum seluruhnya menyatu sampai - sampai memungkinkannya melewati jalur lahir yang relatif kecil. tetapi, pada dikala ini otak balita sudah mulai dapat berkoordinasi antara lain balita sudah mengisap jempolnya dan juga sudah dapat menelan. walaupun tulang di penggalan lain badannya membeku namun otot - otot balita belum betul - betul bersatu. kulitnya mulai halus, tidak lagi keriput, dan juga lebih berisi. sebagian besar pertumbuhan raga dasarnya saat ini telah tuntas.

umur kehamilan 34 minggu


3 puluh 4 minggu balita sudah berposisi di pintu rahim, dia sudah tercipta dengan sempurna. proposi badannya setimpal dengan yang diharapkan dikala lahir nanti. walaupun demikian, dia masih wajib mematangkan sebagian perihal dan juga menaikkan berat tubuh tubuh saat sebelum betul - betul siap dilahirkan.

keadaan bunda:
rahim bunda membeku dan juga berkontraksi bagaikan persiapan buat melahirkan. panggul bunda condong melebar dan juga bisa jadi merasa sakit, paling utama di penggalan balik. perut meregang sedemikian rupa sampai - sampai pusar bunda menonjol dan juga meningkatnya pigmentasi pada linea nigra buatnya terus menjadi jelas nampak. sebagian perempuan mempunyai kandungan hemoglobin rendah pada sesi kehamilan ini.
keadaan balita:
pada minggu ini organ - organnya kira - kira matang seluruhnya, kecuali paru - paru. paru - paru tumbuh sempurna, walaupun senantiasa membikin surfaktan dalam jumlah banyak. refleks koordinasi balita mulai sempurna sampai - sampai dia mampu berkedip, menutup mata, memutar kepala, menendang dan merespons suara, sinar dan juga sentuhan, walaupun dia tidak memerlukan keahlian ini sampai saatnya dilahirkan nanti. semenjak bulan ini susunan plasentanya mulai menipis. buat membikin estrogen, plasenta mengganti sejenis hormon mirip testosteron yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal balita. pada bulan ini, kelenjar tersebut sebesar kelenjar pada seseorang anak muda, dan juga tiap hari menciptakan hormon 10 kali lebih banyak daripada kelenjar adrenal orang berusia. kelenjar ini hendak mengerut dengan kilat sehabis lahir. berat balita hendak meningkat paling tidak 1 kilogram semenjak bulan kemudian. mayoritas terjalin akibat pertambahan jaringan otot dan juga lemak.

umur kehamilan 35 minggu


balita membengkak dan juga amat kecil dalam rahim sampai - sampai bunda bisa jadi terasa ia tidak banyak bergerak lagi. walaupun demikian, bunda dapat mengamati siku, kaki, ataupun kepalanya menonjol dari perut kala dia meregang dan juga menggeliat.

keadaan bunda:
banyak perempuan hadapi perih ataupun berdenyut pada pinggul, bokong, ataupun panggul sepanjang minggu - minggu terakhir kehamilan. bunda terus menjadi susah tidur karna hadapi kecemasan yang kadangkala tidak beralasan.
keadaan balita:
saat ini balita memiliki sejoli ginjal yang tumbuh sempurna. hatinya pula sudah dapat memproses sebagian produk buangan. rungu balita sudah berperan secara sempurna. lemak dari badan balita mulai memadat pada penggalan kaki dan juga tangannya yang berperan buat membeirkan kehangatan pada badannya. kepala balita sudah mulai merambah panggul. apabila balita kamu pria hingga di bulan ini testisnya telah tercipta sempurna.

umur kehamilan 36 minggu


mulai minggu ini balita sudah memiliki dimensi dan juga kematangan yang siap buat lahir.

keadaan bunda:
bunda mulai merasakan kenaikan tekanan di perut dasar dan juga merasakan balita lama - lama mulai turun. frekuensi buang air kecil hendak terus menjadi bertambah, karna balita terus menjadi menekan kandung kencing.
keadaan balita:
pada bulan ini balita hendak menemukan antibodi dari ibunya, serupa campak. kulitnya terus menjadi halus dan juga lemak juga hendak terus meningkat dibawah kulit balita tiap hari. ginjal dan juga paru - paru dari balita sudah bekerja dengan baik dan hatinya juga telah memproduksi kotoran. menjelang akhir minggu ini kehamilan kamu sudah cukup bulan, maksudnya balita dapat lahir kapan aja mulai dikala ini.

umur kehamilan 37 minggu


balita terus berlatih buat menggerakkan paru - parunya, karena balita hendak bernapas sehabis dilahirkan.

keadaan bunda:
kulit dibagian perut hendak terus menjadi gatal, tetapi hendaknya jangan digaruk dan juga cukup diusap dengan baby oil ataupun lotion.
keadaan balita:
balita hendak mengganti posisi buat mempersiapkan persalinan, ialah balita hendak turun ke panggul dan juga lazimnya kepala hendak menghadap ke arah jalur lahir. minggu ini, sebagian besar susunan bulu halus lanugo rontok dan juga vernix caseosa (susunan serupa keju yang menyelimuti badan balita dalam rahim dan juga melindungi kulitnya yang lagi tumbuh) mulai menghilang, meski sebagian masih senantiasa terdapat dikala lahir. balita hendak menelan keduanya, berbarengan dengan sekresi lain, dan juga seluruhnya senantiasa berposisi dalam ususnya hingga lahir. kombinasi bercorak kehitaman ini, yang diucap mekonium, hendak jadi buang air besar pertamanya.

umur kehamilan 38 minggu


refleks balita sudah terkoordinasi. balita sudah mampu membedakan antara cerah dan juga hitam.

keadaan bunda:
kontraksi hendak terus menjadi kerap dialami oleh bunda.
keadaan balita:
balita hendak terus berkembang dan juga tumbuh sampai nanti dilahirkan. pada usia 38 minggu ini balita memiliki berat tubuh dekat 3 sampai 3, 2 kg. saat ini balita sudah siap menyapa dunia. pada masa ini rata - rata balita masih terus meningkatkan simpanan lemaknya yang hendak membantunya mengendalikan temperatur tubuh sehabis lahir. seluruh sistem organ sang kecil sudah tercipta dan juga sempurna pada tempatnya, meski paru - paru balita merupakan yang terakhir menggapai kematangan.

umur kehamilan 39 minggu


minggu ini merupakan dikala menunggu kedatangan si balita.

keadaan bunda:
dalam minggu - minggu terakhir ini bisa jadi bunda terasa amat besar dan juga tidak aman.
keadaan balita:
rata - rata balita panjangnya dekat 51 centimeter dari kepala hingga kaki dan juga beratnya dekat 3, 5 kg dikala lahir, namun antara 2, 5 kilogram dan juga 4 kilogram menggambarkan batas yang sehat untuk balita baru lahir. cairan amnion yang lampaunya jernih saat ini bercorak pucat serupa susu akibat dari vernix caseosa.

umur kehamilan 40 minggu


proses pembuatan telah berakhir dan juga balita tengah menanti buat dilahirkan.

keadaan bunda:
dengan bentuk badan badan bunda yang besar pada minggu ini, bunda hendak mengimbangi beban ekstra di penggalan depan dengan mencondongkan badan ke balik. pusat gravitasi telah beralih, sampai - sampai bunda condong hendak membentur ataupun menjatuhkan benda - benda. bunda terus menjadi susah tidur nyenyak di malam hari, karna perut yang besar membikin terus menjadi tidak aman.
keadaan balita:
hari besar sudah kira - kira datang dan juga tidak lama lagi kamu dapat memeluk balita kamu. pada minggu terakhir kehamilan ini, rahim terus menjadi kecil menurutnya sampai - sampai badannya yang montok dan juga bundar itu cuma dapat meringkuk ketat. kulitnya terus menjadi halus dan juga lembut, dan juga bisa jadi masih ada verniks yang nantinya hendak mempermudah perjalanannya lewat jalur lahir. kuku - kukunya panjang dan juga bisa jadi telah menggores mukanya yang lucu. pada minggu terakhir ini, balita hendak terus menjadi banyak menciptakan hormon yang diucap kortison dari kelenjar adrenalnya. ini menolong mematangkan paru - parunya dan juga menyiapkannya buat hawa kesatu. menimpa organ reproduksi, testis mayoritas balita pria sudah turun. pada balita wanita, ovariumnya masih berposisi di pinggir panggul dan juga tidak menggapai posisi final sampai sehabis kelahiran.

bila informasi ini bermanfaat mohon di share yaaa..





( sumber: https:// dewi-19. blogspot. com/2017/02/ini-nih-artikel-berguna-paling-di-cari. html )