Fadhilah Berjalan Ke Masjid Pada Waktu Subuh Dan Isyak Sebarkan Pada Semua

Ini satu hadits yang membicarakan keutamaan berjalan ke masjid di kegelapan, paling utama dikala shalat shubuh dan juga isya.

hadits nomor. 1058 dari kitab riyadhus sholihin, bab keutamaan berjalan ke masjid

dari buraidah radhiyallahu anhu, dari nabi shallallahu alaihi wa sallam, dia bersabda,
berikanlah laporan gembira kepada orang - orang yang berjalan di dalam kegelapan mengarah masjid - masjid, kalau dia hendak memperoleh sinar sempurna pada hari kiamat. (hr. abu daud, nomor. 561; tirmidzi, nomor. 223. al - hafizh abu thahir berkata kalau hadits ini shahih)

kesimpulan mutiara hadits

1. orang beriman memperoleh laporan gembira tentang keadaannya yang bercahaya pada hari kiamat.
2. tiap hamba berposisi dalam kegelapan kecuali orang yang beriman.
3. hadits ini menampilkan keutamaan orang yang berjalan di kegelapan dan juga ini ditemui dalam shalat isya dan juga shalat shubuh yang dicoba berjamaah di masjid. mereka yang melindungi shalat tersebut, seperti itu yang hendak memperoleh sinar pada hari kiamat.
4. terdapat sebagian hikmah shalat berjamaah isya dan juga shubuh di masjid: (a) hendak gampang turun berkah dan juga rahmat, (b) dengan berjamaah dapat menaikkan ilmu dan juga paham trik beramal shalat yang benar dengan mencermati yang lain, (c) keikhlasan dan juga kekhusyuan sebagian jamaah hendak mempengaruhi pada jamaah yang lain, sampai - sampai membikin ibadah segala jamaah jadi diterima.

rujukan: bahjah an - nazhirin karya syaikh salim bin ied al - hilali, 2: 239 - 240; kunuz riyadh ash - shalihin, 13: 314 - 319.

sumber: rumaysho. com






(sumber: http:// figuramalaya. net/2017/02/03/fadhilat-berjalan-ke-masjid-pada-waktu-subuh-dan-isyak-sebarkan-pada-semua/ )