BREAKING NEWS!!! Tambang Freeport Lumpuh Total, 33.000 Pekerja Dirumahkan

PT freeport indonesia telah menghentikan seluruh kegiatan penciptaan di tambang emas dan juga tembaga grasberg, papua buat membikin puluhan ribu pekerja terancam dirumahkan. terpaut perihal tersebut, asosiasi pekerja industri raksasa tambang asal amerika serikat (as) itu berencana menggelar demonstrasi menentang langkah pemerintah yang menghentikan ekspor konsentrat terhadap anak usaha freeport - mcmoran inc tersebut.

dikutip reuters, penghentian berkelanjutan tambang tembaga terbanyak kedua di dunia itu diyakini hendak membagikan kerugian besar, kala harga tembaga mendekati posisi paling tinggi dalam 21 bulan minggu ini. sedangkan itu sebelumnya freeport berkata penciptaan konsentratnya terancam turun sampai 40 persen bila pemerintah tidak kunjung membagikan izin ekspor konsentrat kepada mereka. sepanjang ini freeport mengirim penciptaan 40 persen konsentratnya ke smelter di gresik dan juga mengekspor 60 persen penciptaan bersumber pada ketentuan yang berlaku.
tetapi semenjak bertepatan pada 12 januari 2017, freeport tidak dapat lagi mengekspor konsentratnya. izin ekspor mineral bahan sebagian tipe, antara lain tembaga, bijih besi, dan juga pasir besi, yang dipunyai freeport setimpal pp no 1 tahun 2014 atas pergantian pp nomor 23 tahun 2010 tentang penerapan aktivitas usaha pertambangan mineral dan juga batubara, spontan tidak berlaku lagi. izin perpanjangan ekspor itu habis bersamaan pemerintah keluarkan pp no 1 tahun 2017 atas pergantian pp no 23 tahun 2010. dengan tidak terdapat izin ekspor, pt freeport indonesia cuma dapat keluarkan 40 persen ore yang diproduksinya ke smelter di gresik. sisanya, yang sepatutnya diekspor, terpaksa ditimbun di gudang. ditambah keadaan penyimpanan tambang grasberg disebutkan telah penuh.

karna itu, seluruh kegiatan di tambang grasberg menyudahi keseluruhan dikala ini sampai membikin serikat pekerja berencana melaksanakan keluhan. " seluruhnya betul - betul telah menyudahi sama sekali. dikala ini cuma terdapat aktivitas perawatan (yang berjalan) , " ungkap etua serikat pekerja freeport, virgo solossa serupa dikutip reuters. pemberhentian ini dikatakan pula membikin 33. 000 pekerja tambang grasberg, freeport diperkirakan telah dirumahkan. direncanakan pada jumat (17/2) para pekerja hendak menggelar demonstrasi di lahan tambang, menuntut pemerintah membikin " keputusan yang bijak " atas suasana di grasberg.

" bila mereka tidak hati - hati, perihal ini hendak berakibat kepada (operasional freeport) , baik buat pekerja bagaikan penerima khasiat langsung dan juga warga luas bagaikan penerima khasiat dari kedatangan freeport, " paparnya. serupa dikenal, pemerintah memohon freeport alihkan kontrak karya yang dipegang sampai 2021 jadi izin usaha pertambangan spesial (iupk). tetapi, freeport keberatan dengan sebab sistem iupk tidak berikan jaminan atas investasi jangka panjang, di mana freeport berupaya buat senantiasa mengoperasikan grasber sampai 2041. [beritaislam24h. id / okz]






( sumber : http:// www. beritaislam24h. id/2017/02/tambang-freeport-lumpuh-total-33000. html )