Awas Hati-Hati !! Sujud Seperti Ini Membatalkan Shalat, Bisa Sia-sia Shalat Kita !! Bantu Sebarkan info ini

Sujud menggambarkan salah satu gerakan harus yang wajib dicoba kala salat. inilah salah satu wujud ketaatan seseorang hamba, dengan jalur merendahkan diri - nya di hadapan allah swt.

tidak hanya jadi rukun salat, sujud pula mempunyai khasiat luar biasa bila dikaji dari segi kedokteran. posisi ini menimbulkan darah hendak kaya oksigen dan juga dapat mengalir optimal ke otak, sampai - sampai mempengaruhi terhadap energi pikir seorang.

serupa gerakan salat yang lain, bersujud pula mempunyai ketentuan tertentu. bila salah dalam gerakannya hingga hendak menimbulkan batal dan juga tidak legal nya salat seorang. lalu serupa apa sujud yang benar dan juga sujud yang membatalkan salat? berikut ulasannya.

ibnu abbas radhiyallahu ‘anhu sempat berkata: nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan buat melaksanakan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota tubuh. (hr. bukhari dan juga muslim).

tidak hanya riwayat tersebut, hadist riwayat bukhari dari ibnu abbas radhiyallahu ‘anhu, kalau nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pula bersabda:

“aku diperintahkan buat bersujud dengan bertumpu pada 7 anggota tubuh: dahi dan juga dia berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung dia, 2 telapak tangan, 2 lutut, dan juga ujung - ujung 2 kaki…” (hr. bukhari dan juga muslim).

dari penjelasan di atas ada 7 anggota badan yang ikut serta dikala seorang melakukan sujud. anggota badan tersebut antara lain, dahi dan juga mencakup hidung, 2 telapak tangan, lutut dan juga 2 ujung kaki.


baca pula : wahai para istri.. ajaklah suamimu berhubungan satu minggu 3 kali, bila kau mau karir suamimu sukses


sujud yang salah bisa jadi kerap dicoba seseorang muslim kala salat. perihal ini terjalin karna ketidaktahuan dan juga memerlukan pencerahan.

tidak dipungkiri kalau dalam salat terdapat orang - orang yang cuma meletakkan dahinya aja ke tanah ataupun lantai kala bersujud. trik tersebut salah karna nabi muhammad saw mengarahkan umatnya buat meletakkan dahi dan juga hidung kala sujud. perihal ini bersumber pada 2 hadist rasulullah saw berikut.

“nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meletakkan dahi dan juga hidungnya ke lantai…” (hr. abu daud, turmudzi dan juga dishahihkan angkatan laut (AL) albani dalam watak shalat, perihal. 141)

nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “tidak terdapat shalat untuk orang yang tidak meletakkan hidungnya ke tanah, sebagaimana ia meletakkan dahinya ke tanah. ” (hr. angkatan darat (AD) daruqutni dan juga at thabrani dan juga dishahihkan angkatan laut (AL) albani dalam watak shalat, perihal. 142).

an - nawawi berkata, “untuk anggota sujud 2 tangan, 2 lutut, dan juga 2 ujung kaki, apakah harus sujud dengan meletakkan kedua anggota tubuh yang berpasangan itu? terdapat 2 komentar imam ‘alaihis salam - syafii. komentar kesatu, tidak harus. tetapi sunah muakkad (yang ditekankan). komentar kedua, hukumya harus. dan juga ini komentar yang benar, dan juga yang dinilai kokoh oleh as - syafi’i rahimahullah. karna itu, bila terdapat salah satu anggota sujud yang tidak ditempelkan, shalatnya tidak legal. ” (al - majmu’, 4/208).

baca pula : masya allah.. . amalkan doa ini saat sebelum tidur, insyaallah hutang sebesar gunung juga hendak lunas


sedangkan itu dokter. sholeh al - fauzan menarangkan 2 rincian buat orang dalam bersujud. bila seorang tidak meletakkan 7 anggota badannya karna udzur yang menghalanginya, hingga tidak terdapat permasalahan menurutnya buat melaksanakan sujud dengan bertumpu pada anggota sujud yang dapat ia letakkan di tanah. sebaliknya anggota sujud yang tidak sanggup ia letakkan, jadi udzur menurutnya.

hendak namun ini tidak berlaku terhadap orang - orang yang masih sehat dan juga tanpa terdapat udzur yang diizinkan syariat, bila tidak meletakkan 7 anggota sujudnya, hingga shalatnya tidak legal. karna ia kurangi salah satu rukun shalat, ialah sujud di atas 7 anggota sujud.

kemudian gimana dengan perempuan yang mengenakan mukena sampai - sampai asesorisnya menutupi dahi? nyatanya perihal ini pula banyak kita jumpai dalam kehidupan tiap hari. sering - kali asesoris yang kelewatan dalam mukena yang terpasang di penggalan wajah, membatasi jidat melekat di alas shalat kala sujud. perihal ini mampu menimbulkan shalat perempuan tersebut tidak legal.

karenanya perempuan diharapkan berwaspada kala memilah mukena buat salat. karna dengan mukena yang menutupi dahi, hingga sujud tersebut tidak legal karna tidak langsung memegang tempat salat. bila sujud tidak legal, spontan salatnya pula tidak diterima.

imam taqiyuddin asy - syafi’i dalam kifayatul akhyar berikan uraian menimpa permasalahan tersebut, “ketika seorang bersujud dengan dahi dan juga hidung tidak melekat ke tanah (alas shalat) hingga tidak legal, ataupun bersujud diatas serban (yang merupkan penggalan dari busana) ataupun lengan pakaian yang lagi dia gunakan pula dikira tidak legal, karna kesemuanya itu melekat dengan tubuh. ”

dengan artian apa aja yang lagi digunakan seorang dalam shalat serupa mukena, serban, peci dan juga lain - lain yang membatasi dahi ataupun telapak tangan melekat ke alas shalat kala bersujud hingga tidak legal.

sedangkan dengan sajadah ataupun serban yang terencana dipakai bagaikan alas sujud, tidak kenapa dipergunakan, karna tidak tercantum dalam suatu yang digunakan yang tidak menjajaki gerakan dalam shalat bagaikan mukena.

mudah - mudahan bermanfaat…jangan kurang ingat bagikan informasi ini ya….







(sumber : infoyunik. com )